Peran Kelompok Kepentingan Dalam Pendidikan Nasional Indosesia: Tinjauan Kritis Terhadap Aspirasi Politik Pengurus Besar PGRI

  • Surya Bakti Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, Indonesia
  • Muhammad Sirozi UIN Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Sholihah Titin Sumanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Yusuf Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, Indonesia
Keywords: Pendidikan Nasional Indonesia, Aspirasi Politik

Abstract

Dalam penelitian ini menjelaskan mengenai peran kelompok kepentingan dalam pendidikan Nasional Indonesia.Tinjauan yang dilakukan dalam penelitian ini mengarah pada aspirasi politik pengurus besar PGRI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Adapun hasil dan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui jika Kebijakan politik PGRI terkait dengan pendidikan, seperti: Memberikan Masukan untuk Peta Jalan Pendidikan: Unifah Rosyidi hadir untuk memberikan masukan PGRI terkait dengan peta jalan pendidikan, menunjukkan keterlibatan aktif dalam memberikan kontribusi dan solusi terhadap isu-isu pendidikan di Indonesia.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amka, D. (2020). Buku Ajar Profesi Kependidikan (Menjawab Problematika Profesi dan Kinerja Guru). Nizamia Learning Center.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenada Media.

Bambang, S., & Sugianto. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. Grahadi.

Budiarto. (2009). Peranan PGRI Sebagai Kelompok Kepentingan (Interest Groups) Dalam Memperjuangkan Kesejahteraan Guru (Studi Kasus Pengurus PGRI Provinsi Jawa Tengah Masa Bakti 2004 s/d 2009. Universitas Diponegoro.

Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru Dari Pra-Jabatan, Induksi, Keprofesional Madani. Kencana.

Dimyati, A. (2019). Pengembangan Profesi Guru. CV. Gre Publishing.

Eddi Wibowo, D. (2004). Ilmu Politik Kontemporer. YPAPI.

Fitriani. (2016). Peranan PGRI Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikir, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 3(3).

Henawanto, A. (2014). Persepsi Guru Terhadap Persatuan Guru Republik Indonesia Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1).

Hurhadi, A. (2017). Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional (G. Pena (ed.)).

Indriyani, W., & Ariyani, R. M. (2012). Pengaruh Antara Peran Organisasi Profesi Keguruan (PGRI) Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru IPS Di Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka. Jurnal Ekonomi, 1(1).

Restoeningroem, R., & Sinuarat, J. Y. (2019). Sejarah Perjuangan Jati Diri PGRI. PT Pustaka Mandiri.

Said, K. (2019). Pengembangan Profesi Guru Pada Kurikulum 2013. PT. Indragini Dot Com.

Seotipjo, & Kosasi, R. (2011). Profesi Keguruan. PT. Rineka Cipta.

Syarbani, S. (2002). Sosiologi dan Politik. Ghalia Indonesia.

Published
29-07-2024
How to Cite
Bakti, S., Muhammad Sirozi, Sholihah Titin Sumanti, & Muhammad Yusuf. (2024). Peran Kelompok Kepentingan Dalam Pendidikan Nasional Indosesia: Tinjauan Kritis Terhadap Aspirasi Politik Pengurus Besar PGRI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2875-2844. https://doi.org/10.58230/27454312.936