Implementasi Model Learning Cycle dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Rizki Amalia Nur Universitas Muslim Maros
  • Pertiwi Indah Lestari Universitas Muslim Maros
  • Nurhidayah Universitas Muslim Maros
  • Rika Riyanti Universitas Muslim Maros
  • Ernawati Universitas Muslim Maros
Keywords: Model learning cycle, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pembelajaran biologi yang mempelajari tentang makhluk hidup mempunyai daya tarik tersendiri yang menarik minat dan perhatian peserta didik saat belajar. Namun banyak siswa yang menganggap biologi adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk berperan aktif dalam mengelola pembelajaran di kelas, mengubah persepsi siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model learning cycle dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian dengan menggunakan model Learning cycle ini dilakukan sebanyak 2 Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II dimana setip siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei di MTsS Darul Istiqamah Tahun Ajaran 2023/2024. Sample dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII yang terdiri dari 19 Siswa. Dalam penelitian PTK dengan menggunakan model Learning Cycle ini dilakukan beberapa Tahapan yakni Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menerapkan Model Learning Cycle terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 47,37% ke siklus II sebanyak 100%. Pada siklus I dalam implementasi model Learning Cycle dimana siswa belum mampu menerapkan konsep yang akan dipelajari dan masih kurang peduli dengan materi yang diberikan oleh Guru yang menyebabkan siswa kurang memperhatikan penjelasan dari Guru. Pada Siklus II Guru juga sudah  menguasai kelas dan menyampaikan materi dengan baik sehingga hasil belajar siswa pada siklus II semuanya Tuntas.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Juhji. 2015. Model Pembelaran learning Cycle 5e dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Primary Vol. 07 No. 02

Djabba, R., & Ilmi, N. (2022). Penerapan Model Learning Cycle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 227 Bera Kabupaten Soppeng. JPPSD:Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(4). https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i2.32581

Koroh, T. R., Lehan, A. A. D., & Giri, J. A. (2022). Model Learning Cycle Dalam Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya. Haumeni Journal of Education, 2(1). https://doi.org/10.35508/haumeni.v2i1.7332

Mulyasari, W., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Penerapan Model Learning cycle (Siklus Belajar) untuk Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4).

Niha, A. N., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 UMBU RATU NGGAY. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2). https://doi.org/10.29100/.v5i2.4127

Nur, R. A. (2018). PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VII SMPN 8 BULUKUMBA. Jurnal Biotek, 6(1). https://doi.org/10.24252/jb.v6i1.4946

Saputri, A. D., Medriati, R., & Rohadi, N. (2019). Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Usaha dan Energi di Kelas X MIA 3 MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1). https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.7-12

Setiawan, B., Alpusari, M., & Syahrilfuddin. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVc SD Negeri 169 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan.

Zulchaidar, I. (2017). Penerapan model learning cycle 5E untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2).

Published
12-08-2024
How to Cite
Amalia Nur, R., Pertiwi Indah Lestari, Nurhidayah, Rika Riyanti, & Ernawati. (2024). Implementasi Model Learning Cycle dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3565-3572. https://doi.org/10.58230/27454312.933