Pengembangan Alat Evaluasi Quizizz Untuk Mengungkap Personal Branding Mahasiswa Tata Kecantikan Menuju Dunia Kerja

  • Trisnani Widowati Universitas Negeri Semarang
  • Musdalifah Universitas Negeri Semarang
  • Eny Widya Universitas Negeri Semarang
  • Erna Setyowati Universitas Negeri Semarang
  • Novia Restu Windayani Universitas Negeri Semarang
  • Indah Eges Wahyuni Universitas Negeri Semarang
  • Anadia Krisna Putri Universitas Negeri Semarang
  • F Sekar Hayu Dewani Universitas Negeri Semarang
Keywords: alat evaluasi, aplikasi quizizz, personal branding

Abstract

Berdasar pengamatan belum seluruh mahasiswa melakukan keaktifan diluar kampus, masih banyak yang kegiatannya hanya mengikuti perkuliahan. Terkait dengan hal tersebut maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui kesiapan dan kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan seluruh potensi dirinya secara kognitif, afektif, dan psikomotorik yang  menekankan pada kemampuan untuk berpikir kritis,kreatif dan inovatif,  keterampilan komunikasi dan kolaborasi, keterampilan memecahkan masalah  yang mampu menghubungkan ilmunya dengan dunia nyata, serta menguasai teknologi informasi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa tata kecantikan/rias memahami kemampuan, potensinya serta upaya yang dilakukan untuk membangun personal branding dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja yang kompetitif sebagai penyedia jasa kecantikan atau sebagai calon guru SMK. Hasil penelitian pengembangan alat evaluasi berbasis aplikasi Quizizz untuk mengungkap personal branding mahasiswa Program Studi Tata Kecantikan  dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja diperoleh nilai  rata-rata 88,06%, termasuk dalam kategori tinggi  berdasar indikator  authenticity, relevan dan konsisten . Tingkat keefektivan alat evaluasi berbasis Aplikasi Quizizz diperoleh berdasar tanggapan terhadap penggunaan aplikasi yang diperoleh rata-rata 86,5% termasuk dalam kategori tinggi berdasar indikator penyajian, desain isi, kemudahan dan kelayakan Quizizz.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Gonzalez, A. (2007). Cosmetology. Global Media.

Hamidah, M. H., & Wulandari, S. S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi “Quizizz.” Jurnal Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 105–124.

Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self-Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 206–219.

Huei, L. S., Yunus, M. M., & Hashim, H. (2021). Strategy to improve english vocabulary achievement during COVID-19 epidemic. Does quizizz help? Journal of Education and E-Learning Research, 8(2), 135–142. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.82.135.142

Huong, N. T. (2022). Using Quizizz application to enhance students’ motivation and engagement in online learning in response to Covid pandemic. Journal of Science and Technology - HaUI, 58(6), 96–102. https://doi.org/10.57001/huih5804.77

Jin, P., Antonio, W., & Son, S. (2020). Social Media as a Personal Branding Tool: A Qualitative Study of Student-Athletes’ Perceptions and Behaviors. Journal of Athlete Development and Experience, 2(1).

Junior, J. B. B. (2020). Assessment For Learning With Mobile Apps: Exploring The Potential Of Quizizz In The Educational Context. International Journal of Development Research, 10(01), 33366–33371.

Kadiyono, A. L. (2020). Pelatihan Personal Branding Bagi Persiapan Pengembangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir. International Journal of Community Service Learning, 4(4).

Karaca-Atik, A., Meeuwisse, M., Gorgievski, M., & Smeets, G. (2023). Uncovering important 21st-century skills for sustainable career development of social sciences graduates: A systematic review. Educational Research Review, 39(August 2022). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2023.100528

Khedher, M. (2019). Conceptualizing and researching personal branding effects on the employability. Journal of Brand Management, 26(2), 99–109. https://doi.org/10.1057/s41262-018-0117-1

Kurnia, L. D., Haryati, S., & Linda, R. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Menggunakan Quizizz Pada Materi Termokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Lauder, H., & Mayhew, K. (2020). Higher education and the labour market: an introduction. Oxford Review of Education, 46(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03054985.2019.1699714

Minor-Cooley, D., & Parks-Yancy, R. (2020). The Power of the Brand: Personal Branding and Its Effect on Job Seeking Attributes. Journal of Internet Commerce.

Peters, T. (1997). The Brand Called You. In fastcompany.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Zabojnik, R. (2018). Personal Branding and Marketing Strategis. European Journal of Science and Theology, 14(6), 159–169.

Published
18-08-2024
How to Cite
Widowati, T., Musdalifah, Eny Widya, Erna Setyowati, Novia Restu Windayani, Indah Eges Wahyuni, Anadia Krisna Putri, & F Sekar Hayu Dewani. (2024). Pengembangan Alat Evaluasi Quizizz Untuk Mengungkap Personal Branding Mahasiswa Tata Kecantikan Menuju Dunia Kerja. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3821-3832. https://doi.org/10.58230/27454312.927