Paradigma dan Isu dalam Pendidikan Seni: Strategi Untuk Pengembangan Pendekatan yang Relevan dan Berkelanjutan

  • Ken Steven Universitas Negeri Semarang
  • Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Fazli Taib Bin Saearani Universiti Pendidikan Sultan Idris
Keywords: Pendidikan Seni, Akhlak, Akses, Teknologi, Multikulturalisme, Kreativitas, Keberlanjutan, Evaluasi, Peran Guru

Abstract

Pendidikan seni memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan keterampilan siswa. Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis sembilan isu utama dalam pendidikan seni, yaitu akhlak, akses, perkembangan teknologi, multikulturalisme, kreativitas, nilai seni, keberlanjutan, evaluasi, dan peran guru. Setiap isu dianalisis dengan strategi yang relevan untuk mengatasi tantangan, termasuk integrasi nilai-nilai akhlak dalam kurikulum seni, program inklusi untuk mengatasi kesenjangan akses, dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran seni. Selain itu, artikel ini menekankan pentingnya kurikulum multikultural, pendekatan holistik dalam pengajaran seni, dan evaluasi berbasis proses kreatif. Peran guru sebagai fasilitator dan mentor diuraikan untuk mendukung pembelajaran seni yang inklusif dan kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dan analisis konten dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi-strategi yang tepat, pendidikan seni dapat menjadi lebih relevan dan berkelanjutan, memberikan pengalaman pendidikan yang bermakna bagi semua siswa. Artikel ini diharapkan dapat membantu pendidik seni mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dalam menyediakan pengalaman pendidikan seni yang berkelanjutan dan bermakna.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Bania, A., & Hazarika, S. B. (2022). Art education in Schools level: A Review of studies. Journal of Positive School Psychology, 6437-6443.

Cook, S. (2024). A Study of Art Education Strategies for Remote Learning During the Pandemic.

Egana-delSol, P. (2023). The impacts of a high-school art-based program on academic achievements, creativity, and creative behaviors. npj Science of Learning, 8(1), 39.

Gillis, A., & Krull, L. M. (2020). COVID-19 Remote Learning Transition in Spring 2020: Class Structures, Student Perceptions, and Inequality in College Courses. Teaching Sociology, 48(4), 283-299.

Groenendijk, T., Kárpáti, A., & Haanstra, F. (2020). Self‐Assessment in art education through a visual rubric. International Journal of Art & Design Education, 39(1), 153-175.

How to Become an Art Teacher: Step-by-Step Guide 2023. Teachers of Tomorrow. Retrieved from https://www.teachersoftomorrow.org/blog/insights/how-to-become-an-art-teacher/

Kauffmann, H. (2021). Diverse Approaches to Multicultural Art Education: Some Policy Considerations.

KHASANAH, I. N. (2019). Nilai-Nilai Akhlak dalam Kegiatan Seni Musik di SMK Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto)

Miao, J. (2023). Enhancing Student Well-being: Transformative Art Education and Evaluation. Journal of Education, Humanities and Social Sciences, 23, 622-628.

Miralay, F. (2024). Use of Artificial Intelligence and Augmented Reality Tools in Art Education Course. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(3), 44-50.

Musneckienė, E. (2020). Inclusive education in the arts: challenges, practices and experiences in Lithuania. Journal of the European teacher education network, 15, 18-29.

Omar, N. N. (2021). Art Education for Sustainable Development. In SHS Web of Conferences (Vol. 124, p. 10003). EDP Sciences.

Yang, L. (2024). The Predictive Roles of Arts Teachers’ Professional Quality and Creative Style Orientation on Their Professional Development. Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e2582-e2582.

Yusuf, M., & Rahmawati, L. (2022). Teacher Training for Ethical Education in Arts. Journal of Moral Education, 61(1), 78-89.

Rahman, F. (2021). Art Projects for Social Awareness: A Case Study. Journal of Community Art, 8(4), 102-114.

Supatmo, S. (2021, December). Meneguhkan Literasi Multikultural Melalui Pendidikan Seni: Perspektif dan Urgensi Pembelajaran Seni Budaya Abad 21 di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 4, No. 1, pp. 032-038).

Sweeny, R. W. (2023). Digital and Postdigital Media in Art Education. Studies in Art Education, 64(4), 401–405.

Published
18-08-2024
How to Cite
Steven, K., Hartono, & Muhammad Fazli Taib Bin Saearani. (2024). Paradigma dan Isu dalam Pendidikan Seni: Strategi Untuk Pengembangan Pendekatan yang Relevan dan Berkelanjutan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3833-3846. https://doi.org/10.58230/27454312.924