Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar dan Komunikasi Anak Tuna Wicara di Sekolah Dasar

  • Lia Novanda Fitri Lia Novanda Fitri Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muhammad Abduh Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: tuna wicara, metode pembelajaran, komunikasi

Abstract

Tuna Wicara merupakan individu yang memiliki keterbatasan bicara atau kesulitan berbicara yang tidak dapat menggunakan bahasa lisan atau alat komunikasi verbal secara normal. Dalam proses pembalajaran yang di lakukan oleh sekolah diperlukan bagaimana metode pembelajaran dan pola komunikasi yang di gunakan untuk mengatasi kesulitan belajar anak berkebutuhan khusus tuna wicara khususnya di sekolah dasar reguler non inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana metode yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah belajar  dan kesulitan komunikasi terhadap anak berkebutuhan khusus tuna wicara. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan subjek penelitian diambil dari kepala sekolah, guru kelas, siswa kelas II SD N 04 Tawangmangu. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa guru melakukan beberapa upaya untuk mengatasi mengatasi kesulitan belajar dan komunikasi pada anak berkebutuhan khusus tuna wicara di sekolah dasar reguler. Diantaranya yaitu melakukan pembelajaran berdeferensiasi, melakukan pendekatan intensif, memberikan tambahan materi, menggunakan metode khusus seperti berbisik dan membuat lembar kerja khusus

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah Ali. (2022). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Eksperimental : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 20–27. Https://Doi.Org/10.58645/Eksperimental.V10i2.219

Abdullah, & Nandiyah. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 25(86), 1–10.

Agustin, I. (2019). : Jurnal Pendidikan Dasar Volume Iii, Nomor 2, November 2019 E-Issn: 2614-4417. Iii(November), 72–80.

Ahsin, M., Ristiyani, R., & Lusianti, D. (2019). Making Speech Therapy Aids For Children With Special Needs. Https://Doi.Org/10.4108/Eai.20-8-2019.2288162

Akhmad, F., Ediansyah, P., Fitriah, J., Farameida, E., & Purwanto, J. (2021). Karakteristik Dan Model Bimbingan Atau Pendidikan Islam Bagi Abk Tuna Wicara. Masaliq, 1(3), 156–163. Https://Doi.Org/10.58578/Masaliq.V1i3.59

Al Irsyadi, F. Y., Susanti, L. D., & Kurniawan, Y. I. (2021). Game Edukasi Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 2 Di Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 1(1), 43–54. Https://Doi.Org/10.54082/Jiki.7

Andhini, N. F. (2017). Metodologi, Subjek, Dan Objek Penelitian. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Anisak, D., Fitri, N., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 5, 2135–2140.

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. Https://Doi.Org/10.24198/Jppm.V2i2.13530

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223. Https://Doi.Org/10.21831/Jpe.V2i2.2721

Fauzan, H. N., Francisca, L., Asrini, V. I., Fitria, I., Firdaus, A. A., & Dahlan, U. A. (2021). Sejarah Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Menuju Inklusi. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 496–505. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Pensa

Grahito, W. A. (2016). Korelasi Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Ilmu Alamiah Dasar Mahasiswa Prodi Pgsd. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 122–126. Https://Journals.Ums.Ac.Id/Index.Php/Ppd/Article/View/2768/3511

Inayah, N., Cahyaningtyas, A. P., & Kusumadewi, R. F. (2021). Interactive Pictorial Story As Learning Media For Third Grade Students. 35–47. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V8i1.12299

Karenina, M., Marlina, L., Saputra, D. A. A., & Andriani, O. (2024). Menganalisis Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Penyandangtunawicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, Vol. 2 No.(2), 100–108.

Khamdi, N. (2022). Sarung Tangan Cerdas Sebagai Translator Bahasa Isyarat Untuk Tuna Wicara. Jurnal Elektro Dan Mesin Terapan, 8(Vol. 8 No. 2 (2022)), 113–122. Https://Doi.Org/10.35143/Elementer.V8i2.5485

Lestari, N. H., Novianti, D., Zen, F., & Husna, D. (2024). Model Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Wicara Di Slbn 1 Kulon Progo. 3(1).

Listia, W. N. (2015). Anak Sebagai Makhluk Sosial. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 1(1), 14–23. Https://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Jhp/Article/View/9278

Martika, T. (2024). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresivitas Siswa Dengan Hambatan Emosi Dan Perilaku Di Surakarta. Speed Journal : Journal Of Special Education, 7(2), 80–85. Https://Doi.Org/10.31537/Speed.V7i2.1609

Marzoan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.

Maya Nuraini Faiza, D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Mirasandi, P., Salim, A., Akhyar, M., & Widyastono, H. (2019). Adaptasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kota Surakarta. 6(1), 26–27.

Pasek Suyadnya, I. W., Wijaya Adi Candra, I. P., Agus Nugraha Ginarsa, N., & Suartika, I. M. (2018). Alat Bantu Komunikasi Terintegrasi Bagi Penyandang Tuna Wicara Berbasis Sensor Gerak Dan Openwrt. Jurnal Spektrum, 5(2), 176. Https://Doi.Org/10.24843/Spektrum.2018.V05.I02.P22

Pranoto, B., & Muallifah. (2022). The Role Of The Inclusion Class Teacher In Guidance And Counseling For Child With Special Needed (Case Study At Islamic Sdi Aisyah, Jatinom Blitar). Jares (Journal Of Academic Research And Sciences), 7(2), 26–31. Https://Doi.Org/10.35457/Jares.V7i2.2412

Pudjastawa, A. W., Kusweni, R., Bastian, H., & Malang, S. (2023). Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Anak Tuna Rungu-Wicara. 11(2), 128–145. Https://Doi.Org/10.15294/Piwulang.V11i2.68442

Puspitaningtyas, A. R. (2020). Interaksi Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdn 4 Kilensari. Education Journal : Journal Educational Research And Development, 4(2), 163–170. Https://Doi.Org/10.31537/Ej.V4i2.350

Putri, T. A., Rahmawati, U., & Rosihan, A. (2021). Keluarga Dan Lingkungannya ( Studi Pada Anak Penyandang Tunawicara Di Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Batang ) Communication Patterns Of Children With Disabilities With Their Families And Their Environment ( Study On Children With Disabilities In Lunggaian. 02, 36–46.

Sihotang, E.V., Nainggolan, I.S., Herlina, E. . (2023). Motivasi Tenaga Pendidik Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 1(2), 111–119.

Sulistyo Nugroho, W., & Minsih. (2021). Pemetaan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusi Melalui Program Identifikasi Dan Asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 111–117. Https://Doi.Org/10.51494/Jpdf.V2i1.414

Terza Travelancya D.P. (2022). Analisis Kebutuhan Dan Perilaku Abk Tunawicara Dalam Pembelajaran Matematika Di Sdlb Pgri Wonoasih Probolinggo. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 142–150. Https://Doi.Org/10.55210/Al-Fikru.V3i1.801

Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi : Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14–32.

Wijaya, A., Studi, P., Pemerintahan, I., Ilmu, F., Dan, S., & Riau, U. I. (2019). Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau Universitas Islam Riau. Peranan Dinas Kesehatan Indragiri Hilir Dalam Pengawasan Depot Air Minum Di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, 1–122. Https://Repository.Uir.Ac.Id/11305/1/167310148.Pdf

Yuni. (2017). Analisis Peran Religiusitas Dalam Peningkatan Akuntabilitas Dan Transparansi Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Pada Rumah Zakat Jakarta Timur). Stie Indonesia Jakarta, 2014, 1–9.

Published
18-08-2024
How to Cite
Lia Novanda Fitri, L. N. F., & Muhammad Abduh. (2024). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar dan Komunikasi Anak Tuna Wicara di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3847-3860. https://doi.org/10.58230/27454312.912