Pola Pengasuhan Melalui Penerapan “Iffah” dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Pada Santri Pondok Putri Markaz Al Kautsar Grabag Magelang

  • Dwi Listiani Institut Islam Mamba’ul ’Ulum Surakarta,
  • Sukari Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
Keywords: Pola Pengasuhan, ‘Iffah, Akhlakul Karimah, Pondok Pesantren, Santri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai bentuk penerapan pola pengasuhan melalui penerapan “iffah” di Pondok Putri Markaz Al Kautsar Magelang, serta mengidentifikasi Karakteristik santri yang menjadi subjek penelitian. Menganalisis Pengaruh pola pengasuhan melalui penerapan “iffah” terhadap dimensi akhlakul karimah santri, seperti kejujuran, kesopanan, dan tanggung jawab serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat efektivitas pola pengasuhan tersebut. “Iffah”, yang berarti menjaga kesucian diri dan kehormatan, merupakan nilai penting dalam Islam yang dapat membentuk karakter dan akhlak individu. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa pola pengasuhan melalui penerapan “Iffah” berpengaruh positif terhadap peningkatan akhlakul karimah santri, terutama dalam aspek kejujuran, kesopanan, dan tanggung jawab. Peningkatan ini dapat terlihat dari meningkatnya frekuensi santri dalam beribadah tepat waktu, membantu sesama, dan mentaati peraturan pondok. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pola pengasuhan ini meliputi komitmen pengasuh, lingkungan yang kondusif, serta dukungan dari pengelola pondok. Namun, terdapat juga beberapa kendala, seperti keterbatasan sumber daya dan perbedaan latar belakang santri yang mempengaruhi kecepatan adaptasi terhadap pola pengasuhan yang diterapkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pola pengasuhan dengan “Iffah” efektif dalam meningkatkan akhlakul karimah santri di Pondok Putri Markaz Al Kautsar Magelang. Disarankan agar pondok pesantren lainnya dapat mengadopsi dan mengadaptasi pola pengasuhan ini, serta untuk penelitian lebih lanjut mengkaji pengaruh jangka panjang dari pola pengasuhan ini terhadap pembentukan karakter santri.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Al-Qur’an Kementrian Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya. Jakarta: CV. Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2015.

Ainiyah.(2013).Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179

Amelia. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/almarsus/article/view/6415

Amin. (2021). Implementasi Pembentukan Karakter Multikultural Santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kota Probolinggo. https://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/841

Anna, Ruri, Herman, Antonius, & Muhammadong. (2024). Strategi Pendidikan Karakter: Membentuk Etika dan Nilai pada Generasi Muda.

Anshori. (2019). Strategi kyai dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter santri melalui organisasi santri pesantren condong (OSPC) di Pondok Pesantren Riyadlul ’Ulum Wadda’wah. http://etheses.uin-malang.ac.id/14426/

Arfan. (2022). Menelusuri Jejak Pemikiran Konsep Akhlak Al-Ghazali Dan Ibn Miskawayh Dalam Aspek Emosi. https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/5093

Asep. (2018). Peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter santri. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/2113

Barkah. (2022). Peran konselor bimbingan konseling dalam pembinaan perilaku keberagamaan untuk meningkatkan akhlak siswa di SMA Al Ma’some Kabupaten Sumedang. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/article/view/443

Ery, & Maulidya. (2017). Implementasi Islamic parenting dalam membentuk karakter anak usia dini di RA At-Taqwa Kota Cirebon. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/awlady/article/view/1464

Falah. (2018). Membangun karakter kemandirian wirausaha santri melalui sistem pendidikan pondok pesantren. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/853

Firmansyah. (n.d.). LAYANAN BIMBINGAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN BERBASIS AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN DARUL HIDAYAH . http://repository.radenintan.ac.id/5061/

Hamzah. (2023). Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5867

Herlina, Ibrahim, Aldi, M., & Dini. (2023). Mengoptimalkan Peran Pondok Pesantren Dalam Pendidikan Islam. https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jkpu/article/view/237

Istiqamah. (2022). manajemen pendidikan islam berbasis entrepreneurship dalam mengembangkan kemandirian santri di pondok pesantren Babussalam Gondang Lombok.https://etheses.uinmataram.ac.id/2996/1/Siti%20Sri%20Istiqamah%20200403010.pdf

IRPAN. (2023). Sinergi orang tua dan guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik mts taupiq walhidayah kota pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/72611/

Jarbi. (2021). Tanggungjawab Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak. https://core.ac.uk/download/pdf/492912318.pdf

A., & Jawa. (2022). Pendidikan Karakter Anak Pasca Pandemi (Peningkatan Kualitas Edukasi Anak-Anak dalam Lingkungan Keluarga di Kecamatan Winong Kabupaten Pati, Jawa .https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1141

Kholish. (2021). Etika dan Moral dalam Pandangan Hadits Nabi Saw. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2982581&val=26761&title=Etika%20dan%20Moral%20dalam%20Pandangan%20Hadits%20Nabi%20Saw

Latif. (2015). Pemikiran Imam Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak. http://etheses.uin-malang.ac.id/6109/

M., & Uswatun. (2018). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Amzah. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=eN5WEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Salah+satu+prinsip+utama+dalam+pola+pengasuhan+Islami+adalah+keselarasan+antara+pembinaan+spiritual+dan+fisik+anak+&ots=0Da-EA0oQd&sig=vs71Cfw5wRDPdCnl5r633Rj3-Q4

Maryam. (2023). Strategi Pembinaan Akhlak Peserta Didik Dalam Psikologi Islam. https://competitive.pdfaii.org/index.php/i/article/view/45

Mahfud, C. (2017). Pengaruh Lingkungan Pendidikan terhadap Pembentukan Karakter. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Mas'ud, Abdurrahman. (2002). Intelektual Pesantren: Perhelatan Agama dan Tradisi. Yogyakarta: LKiS.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Muhammad, Hasan, & Fahmi. (2024). Strategi Komunikasi Pondok Pesantren dalam Pembinaan Karakter Santri: Studi Kasus Pondok Pesantren Miftahul-Huda Bogor. https://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/dawatuna/article/view/741

Nasution. (2024). Aktualisasi sikap wara terhadap kegiatan berekonomi. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/5563

Putra. (2009). Pondok Pesantren dan Tantangan Globalisasi. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/file/31850

Rahayu. (2022). Konsep Pendidikan Akhlak Bagi Guru Dan Murid Perspektif Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin. http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1539

Raudatul, Nurul, & Emawati. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Santri Di Era Teknologi (Studi Pondok Pesantren Putri Nurul Hakim Kediri Lombok Barat. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/view/2666

Safitri. (2021). Penanaman nilai-nilai akhlakul karimah siswa di sekolah menegah pertama negeri 22 kota bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5361/

Sarah, Ahmad, M., Dandi, & Deasy. (2024). Perkembangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Melalui Program Observasi Sekolah. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1548

Somad. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter anak. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/882

Triyana. (2021). Pola pembinaan akhlak dalam perspektif al-qur’an surah luqman ayat 12-19 menurut tafsir al-misbah. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3445

Umayah, Hasbullah, & Juhji. (2021). Pola asuh islami: Antara transformasi nilai-nilai theologis dan internalisasi karakter mahmudah. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/geneologi/article/view/5340

Wahyudi. (2020). Strategi Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Muda Di Era Disrupsi. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1999

Wahyu. (2023). Tahdzibul Akhlak Menurut Ibnu Maskawih Dan Urgensinya Dalam Dunia Pendidikan. https://jurnal.staiyogyakarta.ac.id/index.php/edu/article/view/13

Wahyuni. (2021). Pendidikan karakter: membentuk pribadi positif dan unggul di sekolah. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1967/

Wan. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Pemikiran Syekh Muhammad Syakir Al-Iskandari Dalam Kitab Washoya Al-Abaa’Lil Abnaa’. https://journal.awatarapublisher.com/index.php/manifesto/article/view/52

Werdiningsih. (2020). Penerapan Konsep Mubadalah Dalam Pola Pengasuhan Anak. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/ijougs/article/view/2062

Wilda. (2018). Pendidikan Karakter Di Pesantren. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/view/325

Yuliani. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/1641

Zarkasyi, K.H. Imam. (1985). Buku Pedoman Pendidikan Pondok Modern Gontor. Ponorogo: Gontor Press.

Published
14-08-2024
How to Cite
Listiani, D., & Sukari. (2024). Pola Pengasuhan Melalui Penerapan “Iffah” dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Pada Santri Pondok Putri Markaz Al Kautsar Grabag Magelang . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3593-3600. https://doi.org/10.58230/27454312.906