Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Struktur Cerita Rakyat pada Siswa Sekolah Dasar

  • Izzatunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rina Devianty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: bahan ajar, komik, struktur cerita, cerita rakyat, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran dalam bentuk komik yang mengangkat cerita rakyat Pulau Simardan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur cerita rakyat. Masalah utama yang diidentifikasi adalah rendahnya efektivitas bahan ajar konvensional dalam meningkatkan pemahaman siswa serta kurangnya bahan ajar yang menarik dan kontekstual. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang meliputi tiga tahap yaitu mendefinisikan, merancang, dan mengembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan, dan dilanjutkan dengan uji coba lapangan pada siswa kelas IV MIT Al-Barokah Tanjungbalai. Temuan penelitian menegaskan bahwa bahan ajar ini sangat layak dan relevan untuk diimplementasikan dalam proses pembelaran. Validasi ahli materi mendapatkan nilai persentase 89%, menunjukkan keakuratan informasi dan relevansi dengan kurikulum. Validasi ahli media mendapatkan nilai persentase 80%, menunjukkan kelayakan desain visual dengan beberapa saran peningkatan. Validasi praktisi pendidikan (guru) mendapatkan nilai persentase 98%, menunjukkan kesesuaian dan efektivitas tinggi dalam pembelajaran sehari-hari. Respon siswa mendapatkan nilai persentase 91%, menunjukkan bahwa bahan ajar komik ini menarik, menyenangkan, dan membantu mereka memahami struktur cerita rakyat dengan lebih mudah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis komik cerita rakyat Pulau Simardan terbukti efektif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu bahan ajar ini juga dapat menjadi acuan pengembangan produk kedepannya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Adnyaswari, K. M., Margunayasa, I. G., & Rati, N. W. (2022). Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Berbasis Android pada Topik Perpindahan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 197–207. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.47208

Alia Rohani, & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134

Anggara, A. Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Berbasis Komik Untuk Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Rejang Lebong. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 2(2), 210–222.

Arifin, H. (n.d.). Simardan Anak Durhaka. Perpustakaan Umum Kota Tanjungbalai.

Arimbi, E. P. A., & Sukartiningsih, W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Apresiasi Sastra Melalui Dongeng Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD. Jpgsd, 9(10), 3492–3503.

Asip, M., Lestari, T. L., Maisura, Julianti, Apreasta, L., Setyaningsih, D., K., E. R., Devianty, R., Juliana, Mutia, I., & Sitanggang, R. P. (2022). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Media Sains Indonesia.

Asyikin, N., & Sapri. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di MIS Mutiara Sei Mencirim. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 657–665. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2382

Damanik, N. N., Rasyidah, & Rambe, R. N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Jeumpa, 9(2), 739–747. https://doi.org/10.33059/jj.v9i2.6384

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101

Hasanah, F., Purnamasari, R., & Lathifaf, S. S. (2023). Pengembangan Bahab Ajar Komik Berbasis Webtoon Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang Kelas III. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 1273–1281.

Hendrawan, M. R., Nasution, W. N., & Lubis, M. S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Android di Kelas IX. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(5), 596–604.

Mardianto, Anas, N., Baniah, S., & Sadat, M. A. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Pandemi Covid-19. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i1.56

Mufarikha, & Darihastining, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Mateandrau), 1(2), 30–53. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i2.106

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa.

Nasution, A. G. J. (2020). Metodologi Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif.

Risqi, W., & Siregar, N. (2023). Media Papan Pintar Materi Perkalian dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63497

Salimi, I., Muktadir, A., & Susanta, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Cerita Rakyat Menggunakan Aplikasi Canva dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. 2(2), 419–429.

Siskawati, Y., & Ramadan, Z. H. (2022). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1745

Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Wandini, R. R., Maghfhirah, S., & Hasibuan, A. T. (2021). Analisis Desain Pembelajaran Pkn Di Sd/Mi Kelas Tinggi. Jurnal Magistra, 12(1), 59. https://doi.org/10.31942/mgs.v12i1.4377

Published
30-07-2024
How to Cite
Izzatunnisa, & Rina Devianty. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Struktur Cerita Rakyat pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2985-2966. https://doi.org/10.58230/27454312.904