Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Tinggi dalam Merencanakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Fitri Rachmiati Sunarya Institut Agama Islam Al-Zaytun
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara
  • Sri Handayani Universitas Islam Nusantara
Keywords: Manajemen Kurikulum, Sistem Penilaian, Kurikulum MBKM

Abstract

Perubahan dalam kurikulum menjadi suatu keharusan. Pertumbuhan IPTEKS yang sangat cepat mengharuskan pendidikan untuk tidak terpaku pada kurikulum yang sudah ada dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui perencanaan manajemen kurrikulum dan sisitem penilaian perguruan tinggi dalam mengaplikasikan kurikulum MBKM Kurikulum Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia ini dirancang guna pelatihan bagi mahasiswa untuk mewujudkan dunia pendidikan tinggi tidak terpisah dan berjarak dengan dunia kerja yang riil yang ada di masyarakat. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif, dengan mengkaji fenomena melalui pengumpulan data non-numerik untuk memahami makna, pengalaman dan perspektif. Teknik pengumplan data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara Mendalam (Indepth Interview) dan dokumentasi. Sementara dalam menganalisa data, penelitian ini menggunakan teknis analisa data Milles dan Huberman dimana analisis data meliputi tiga tahapan kegiatan yang dilakukan secara simultan. Manajemen Kurikulum MBKM (MerdekaBelajar Kampus Merdeka) di Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia dengan paradigma integrasi nilai-nilai Ulul Albab, pendekatan pembelajaran Ulul Albab menggabungkan prinsip-prinsip Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan konsep Ulul Albab. Sistem penilaian dalam perencanaan kurikulum MKBM di Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia yaitu berbasis learning outcome berdasar pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) pada setiap program studi.

Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Sistem Penilaian, Kurikulum MBKM

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdurrazaq, M. N. K. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Ketua Program Studi di Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Ahyani, H., Waluyo, R., & Mahfud, M. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM DAN SISTEM PENILAIAN PADA BIDANG PENDIDIKAN DASAR (DIKDAS) ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. 1.

Asrof Fitri, A. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Astiana, M., Malinda, M., Nurbasari, A., & Margaretha*, M. (2022). Entrepreneurship Education Increases Entrepreneurial Intention Among Undergraduate Students. European Journal of Educational Research, 11(2), 995–1008. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.2.995

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Chrismastianto, I. A. W., Lasmawan, I. W., Suharta, I. G. P., & Kertih, I. W. (2023). Kajian Hakikat, Tujuan, dan Aliran Filsafat Pendidikan dalam Kurikulum MBKM. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(3).

Dirjen PT. (2020). Buku Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Fanirin, M. H. (2024, April 25). Wawancara dengan dosen terkait persepsi dosen terhadap kurikulum MBKM [Personal communication].

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48

Iswandi, I. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kennedy, D. (2018). Developing and implementing key performance indicators for outcome-based education. Educational Research for Policy and Practice, 17((2)), 161-175.

Mardani, D. (2024, April 22). Wawancara dengan Ketua Program Studi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Mintzberg, H. (1987). The Strategy Concept I: Five Ps for Strategy. California Management Review, 30((1)), 11–24.

Moleong, Lexy. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Mustopa, A., Jasim, J., Basri, H., & Barlian, U. C. (2021). ANALISIS STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 9(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3364

Nurdin, A. (2016). Ulul Albab dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA. (2021).

Permendikbud. (2016). Standar Penilaian Pendidikan.

Permendikbud. (2020). Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Prastowo, A. (2016). Memahami Metode-metode Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Putri, C. K. (2015). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA APLIKASI.

Raharjo, S. T., Humaedi, S., Wibhawa, B., & Apsari, N. C. (2019). MEMETAKAN TOKOH MASYARAKAT UNTUK KEGIATAN CSR PARTISIPATIF. Share : Social Work Journal, 9(1), 37. https://doi.org/10.24198/share.v9i1.20576

Rosmayati, S., & Maulana, A. (2020). MANAJEMEN KURIKULUM DAN SISTEM PENILAIAN PRODI BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG JAWA BARAT.

Safarudin, L. ode M., & Rusman. (2021). Model Implementasi Kurikulum Ornstein dan Hunkins: (Modernisme dan Postmodernisme). 18, 141–156.

Setiabudi, D. I. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Lembaga Penjaminan Mutu Internal Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Suhaeni. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5, 21–27.

Suhendraya, H. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM DAN SISTEM PENILAIAN KURIKULUM BERBASIS KKNI (Studi Pada Program Studi Agrobisnis Universitas Wiralodra Indramayu). 3(1).

Suryandari, M. (2024, April 24). Wawancara dengan dosen terkait metode dan sistem penilaian pembelajaran pada kurikulum MBKM [Personal communication].

Syamsuri, I. (2020). Paradigma Pembelajaran Ulul Albab dalam Konteks Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Tam, M. (2014). Outcomes-based approach to quality assessment and curriculum improvement in higher education. Quality Assurance in Education.

Tohardi, A. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial. Tanjungpura University Press.

UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA 1945. (n.d.).

Utami, D. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Ketua Program Studi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Yaelasari, M., & Yuni Astuti, V. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7), 584–591. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i7.1041

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Kencana.

Zuhroh, I. N., & Sahlan, M. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. 8(1).

Published
18-08-2024
How to Cite
Fitri Rachmiati Sunarya, Hanafiah, & Sri Handayani. (2024). Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Tinggi dalam Merencanakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3881-3894. https://doi.org/10.58230/27454312.901