Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Perilaku Teladan Siswa

  • Agung Sihotang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Zailani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Selamat Pohan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Taksonomi Bloom, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Teladan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Perilaku Teladan Siswa di SMAN 16 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, yang mana dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah a) Redukasi Data, b) Penyajian data data (Data Display), c) Penarikan kesimpulan. Setelah itu, peneliti melalukan keabsahan data atau kebenaran hasil suatu penelitian dengan teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Secara umum, guru berhasil menerapkan Taksonomi Bloom dengan efektif untuk membentuk perilaku positif pada siswa. Hal ini terlihat baik dalam pembelajaran langsung maupun online, di mana guru fokus pada pengembangan aspek kognitif seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan evaluasi. Mereka juga memperhatikan aspek afektif seperti penerimaan, partisipasi, dan pembentukan pola hidup, serta aspek psikomotor seperti gerakan kompleks dan gerakan bias. Dengan pembelajaran yang berkualitas, proses belajar akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Kehadiran guru-guru profesional di SMAN 16 Medan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan materi yang diterima oleh siswa, serta memastikan bahwa siswa mendapatkan pembelajaran dari para guru yang kompeten. Guru, kepala sekolah, dan karyawan sekolah merupakan bagian dari sumber daya manusia yang menjadi input dalam sistem pendidikan. Jika input ini berkualitas, maka mutu pembelajaran juga akan meningkat. Mutu sekolah, pada akhirnya, akan ditentukan oleh proses pembelajaran yang terjadi di dalamnyaTop of Form. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah diama peneliti tidak bisa memastikan apakah starategi yang dilakukan oleh guru PAI dan program-program dari pihak kepala sekolah dan metode Taksonomi Bloom yang akan bisa efektif dalam jangka panjang dan menghasilkan peserta didik patuh akan nilai-nilai agaman islam dalam jangka panjang.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akhyar, Y., & Marliana Fitri, E. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMP. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1), 123–129. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.472

Arafah, A., & Pohan, S. (2023). Peran Guru Agama dalam Pengembangan Kreativitas Siswa di Anuban Muslim Songkhla School. Journal on Education, 5(3), 6263–6276. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1399

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf

Basri, S., & Nurochmah, A. (2021). Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Sekolah Dasar Implementation of Continuous Professional Development for Elementary School Teachers. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(3), 464–474. https://doi.org/10.35965/eco.v21i3.1245

Bloom, B. S. (2020). Taxonomy of Educaional Objectives: Handbook I, Cognitive Domain. David McKay.

Daradjat, Z. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Harahap, M., & Siregar, L. M. (2018). Mengembangkan Sumber dan Media Pembelajaran. Educational, January, 2–3. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19282.86721

Harfiani, R., Setiawan, H. R., Mavianti, & Zailani. (2021). Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Special Issue), 10(1), 50–72. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1665

Hawa, S., Putra, R. S., & Rd, A. H. (2021). Personalisasi Dan Platform Pengajaran Digital (Blended Learning , Online Learning , Adaptive Learning). Media Informasi Pendidikan Islam, 20(1), 84–91. https://doi.org/10.29300/atmipi.v20.i1.4153

Hilda, L. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Tauhid Pada Mata Pelajaran Sains Di Sdit Bunayya Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 1(2), 17. https://doi.org/10.24952/tazkir.v1i2.359

Kadir, K., & Mi’raj, M. (2010). Kinerja Guru dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah di MTsN 2 Pamulang. In EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.32729/edukasi.v8i1.111

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.

Mahrus. (2021). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 81–100. https://doi.org/10.37286/ojs.v7i1.93

Mu’arif. (2020). Wacana Pendidikan Kritis. Yogyakarta: IRCiSoD.

Pohan, S. (2018). Pelatihan Fardhu Kifayah dan Pelatihan Khatib Jumat Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 2580–3069. https://doi.org/https://doi.org/10.35891/sa.v10i1.1765

Pohan, S., & Fazira Sudarmanyah, A. (2021). Urgensi Penyaluran Bakat Anak-Remaja dalam Menghafal Al-Quran di Desa Jati Kesuma. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 151–164. https://doi.org/10.56114/maslahah.v2i3.176

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Ruswati, I. (2018). Faktor Eksternal Dan Faktor Internal Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Smk Yayasan Pendidikan Islam Darussalam Cerme Gresik. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 38. https://doi.org/10.30587/jre.v1i2.415

Sagala, R. (2019). Pendidikan Spiritual Keagamaan (Dalam Teori dan Praktik). SUKA-Press.

Shaleh, A. R. (2019). Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Supriatna, A., Musyadad, V. F., Syach, A., & Widiawati, D. (2021). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Pemikiran Syekh Ahmad Surkati. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4719–4730. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1534

Suriasumantri, J. S. (2019). Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.

Wandini, R. R., Damanik, E. S., & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Komik Berseri Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Iv Di Min Kota Medan. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 13–29. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13084

Wijayanti, A. (2015). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kesadaran keagamaan pada siswa di SMAN 1 Pandaan Kabupaten Pasuruan. http://etheses.uin-malang.ac.id/5123/

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272

Zailani. (2017). ETIKA BELAJAR DAN MENGAJAR. Intiqad Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 147–161. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2473

Zailani, I. A. (2022). Contribution of Sheikh Abdul Wahab Rokan To The Internalization Of Moral Education in Besilam, Langkat Regency. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 597. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2472

Published
10-08-2024
How to Cite
Agung Sihotang, Zailani, & Selamat Pohan. (2024). Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Perilaku Teladan Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3353-3364. https://doi.org/10.58230/27454312.897