Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik REBT Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Menghadapi Pembelajaran Daring

  • Ira Wirtati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdurrahman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fatkhur Rohman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Kecemasan Belajar Daring, Konseling Kelompok, Teknik REBT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat Kecemasan Siswa Sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT. 2) Tingkat Kecemasan Siswa Setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT. 3) Efektivitas layanan konseling kelompok teknik REBT untuk menurunkan kecemasan siswa menghadapi pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen Quasi Experimental Design menggunakan Nonequivalente control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa kelas XII TKJ2 SMKN 1 Batang Angkola yang dibagi atas 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t dengan Independent Sample T-test, untuk pengujian tingkat efektivitas layanan konseling kelompok teknik REBT menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat Kecemasan Siswa Sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT diperoleh rata-rata sebesar 57,71 pada kategori Tinggi. 2) Tingkat Kecemasan Siswa Setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik REBT diperoleh rata-rata sebesar 78.00 pada kategori sedang. 3) Layanan konseling kelompok teknik REBT efektif untuk menurunkan kecemasan siswa menghadapi pembelajaran daring hal ini dilihat dari Hasil Uji Independent Sample t Test menghasilkan nilai thitung>  ttabel yang mana (11.001> 2.0595). Jika dilihat dari nilai N-Gain 0.3 maka tingkat efektivitas dari layanan konseling kelompok teknik REBT berada pada kategori Sedang.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Apriyanto, T. D., & Asni. (2024). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 33 Bekasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1733–1742. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.4910

Arnita, F. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa [Universitas Negeri Padang]. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/angka-konsumsi-ikan-ri-naik-jadi-5648-kgkapita-pada-2022

Arora, P., Saxena, A., & Reddy, S. (2021). he Impact of Online Learning on Student Performance: A Comparative Study. Educational Technology Research and Development, 69(3), 789–805.

Chung, G., & Chan, C. (2020). Technical Difficulties and Students’ Perception of Online Learning During COVID-19. Journal of Educational Computing Research, 58(5), 913–928.

Cohen, Karmel, & Bennett. (2021). Impact of COVID-19 on Students’ Mental Health. 9(13), 245–259.

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Group Counseling. Cengage Learning.

Darajat, Z. (2008). Kesehatan Mental. Gunung Agung.

Dryden, W., & Neenan, M. (2015). Rational Emotive Behavior Therapy: A New Introduction. SAGE Publications.

Fakhriyah, Z. E., & Coralia, F. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Subjective Well-Being pada Remaja dengan Perceraian Orang Tua. Prosiding Psikologi, 7(1), 85–88. http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25850

Garrison, Anderson, & Archer. (2010). Theoretical Perspectives and Practical Approaches in Online Learning. Routledge.

Hasanah, N. A., & Pratiwi, T. I. (2024). Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik REBT untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Ponorogo. Jurnal BK Unesa.

Hasibuan, A. D. (2023). Metodologi Penelitian : Teori dan Praktik Riset Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Merdeka Kreasi Group.

Ilhami, N. N., & Hertinjung, W. S. (2022). Hubungan Resiliensi dengan Kesejahteraan Psikologis Remaja Selama Pandemi Covid-19 Di Surakarta. 9(September), 159–177.

Irawan, T. M. I. A., Hamzah, R. M., & Mulyati, S. (2024). Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying: Sebuah Kajian Sistematis. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 70. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14931

Jatira, Y., Karneli, Y., & Hariko, R. (2024). Rational Emotive Behavior Therapy to Reduce Student Addiction to Online Games. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(1), 138–145.

Kebritchi, Lipschuetz, & Santiague. (2017). Challenges and Barriers to Online Learning in the United States. Journal of Educational Technology Systems, 46(4), 523–548.

M., N., & Dea Ananda, S. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Menggunakan Teknik Simbolis dan Live Modeling dalam Meminimalisir Kecemasan Karir Mahasiswa Akhir. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 16(1), 40–51. https://doi.org/10.30863/didaktika.v16i1.2833

Nadila, E. Y., Taufik, & Syarif, S. (2021). Analisis Konseling Rational-Emotive Behavior Therapy dalam Pendidikan. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(September), 99–110.

Putri, N. K. R. A., Suarni, N. K., & Dharsana, I. K. (2022). Efektivitas Konseling REBT Pendekatan Teknik Self-Talk Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Akademik Siswa Kelas X SMAN “A” Denpasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 215. https://doi.org/10.29210/1202222633

Rachma, A. N., Sutijono, & Farid, D. A. M. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Menggunakan Teknik Cognitive Restructuring Melalui Aplikasi Google Meet Terhadap Kecemasan Belajar Siswa Secara Daring Saat Pandemi Covid-19 di UPT SMP Negeri 18 Gresik. 8(1), 1–11.

Rambe, A., & Syarqawi, A. (2023). Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Siswa Sma Negeri 4 Tebing Tinggi. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(2), 90–101. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i2.15118

Rauf, A. (2022). Effects of Online Learning on Student Anxiety and Performance. Education and Information Technologies, 27(4), 5419–5436.

Sembiring, P., & Rahmi, E. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Terhadap Kecemasan Berpendapat Siswa Kelas Vii-5 Smp Negeri 3 Tanjungbalai T.a 2016/2017. Psikologi Konseling, 8(2), 48–60. https://doi.org/10.24114/konseling.v11i2.9641

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukasih, A., Yusra, A., Sulastri, A., Salsa, B., Ayu, N., & . P. (2022). Systematic Literature Review (SLR) Effectiveness of Group Counseling in Overcoming Academic Procrastination. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 56–66. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12955%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/12955/9935

Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2017). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 197–206. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.560

Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Gabungan. UNP Press.

Zheng, Horney, & Liu. (2022). Student Anxiety and Performance in Online Learning Environments. International Journal of Educational Research, 116, 102–115.

Published
14-08-2024
How to Cite
Ira Wirtati, Abdurrahman, & Fatkhur Rohman. (2024). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik REBT Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Menghadapi Pembelajaran Daring. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3585-3592. https://doi.org/10.58230/27454312.884