Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 2 Sumedang

  • Isma Nurlaeliah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Angger Saloko Universitas Islam Nusantara, Indonesia
Keywords: Pola asuh orang tua 1, kecerdasan emosional 2, peserta didik 3

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan gambaran tentang sikap dan perilaku orang tua dalam berinteraksi dengan anak selama mengadakan kegiatan pengasuhan untuk membentuk perilaku anak yang baik. kecerdasan emosional memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan di sekolah maupun dalam berkomunikasi di lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tau pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional di SMAN 2 Sumedang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumupulan data nya menggunakan angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SMAN 2 Sumedang dan sampel penelitiannya adalah kelas X dan XI berjumlah 115 siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,200. Berdasarkan uji linearitas diperoleh nilai sig 0,000. Dan Berdasarkan uji regresi terdapat nilai sig 0,17. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak Di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol 7,. No 1.
Anatasya, e., & Dewi, d. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, Vol.9, No.2.
Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dr, Imam Machli, M.Pd. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif. yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .
Guna , M., & Dkk. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pria Etnis Sumba Di Salatiga. Jurnal Psikologi Konseling, Vol 14., No 1.
Hidayah, R., & Dkk. (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di TK Senaputra Kota Malang. Jurnal Keperawatan, Vol 4., No 2.
Kompas. (2000). Keluarga Kunci Sukses Anak. Retrieved from Jakarta.
Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa. Universitas Batanghari Jambi, Vol. 17., No. 1.
Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Permissive, dan Authoritative. (2006). Jurnal Psikologi, Vol 4., No 2.
Prastyawati, T., & Dkk. (2021). Pengaruh Pola Asuh Otoriter, Autoritatif, Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian & Pendidikan IPS (JPPI), Vol 1., No 60.
Prof. Dr.A. Muri Yusuf, M.Pd. (2017). Metode Penelitian . Jakarta: Kencana.
Rosida, V. (2016). Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Tematika Siswa SMP . Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 19., No 2.
Safari, M., & Ari, H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMP Inshafuddin Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), Vol 4., No 6.
Sahara, A., & Dkk. (2023). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. An-Nur Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, Vol. 9., No. 1.
Siswoyo, D., & Dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsono, G. G., & Agus Naryoso. (n.d.). Komunikasi keluarga untuk memotivasi tanggung jawab anak belajar di masa pandemi. Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas diponegoro.
Tamonsang Matheous. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keccerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Malang. Indonesia Journal Of Business And Management, Vol 1., No 3.
Published
22-08-2024
How to Cite
Nurlaeliah, I., & Saloko, A. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 2 Sumedang. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3939-3946. https://doi.org/10.58230/27454312.872