Pengaruh Pemberian Reward Non Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

  • Mazwa Kholisah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Khavisa Pranata Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Motivasi belajar, Reward, Non verbal

Abstract

Salah satu kendala utama dalam dunia pendidikan adalah minimnya motivasi belajar siswa, terutama pada pelajaran matematika. Penyebab utama dari fenomena ini adalah metode ajar yang monoton dan kurang bervariasi yang diberikan oleh guru. Serta persepsi siswa bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Kurangnya variasi metode ajar dapat menyebabkan kebosanan siswa dan menurunnya motivasi belajar. Selain itu guru kurang inovatif dan efektif dalam metode ajar juga berkontribusi terhadap situasi ini. Penelitian ini mencoba menelaah pengaruh pemberian reward non verbal terhadap siswa pada bidang studi matematika kelas V SDN Cakung Barat 07 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei. Populasi pada penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Cakung Barat 07 Pagi yang berjumlah 64 siswa. Sebanyak 32 siswa dan siswi dipilih sebagai sampel dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi sederhana diketahui nilai signifikansi sebesar 0,001 (0,001 < 0,05); Nilai ini menunjukkan bahwa reward non verbal mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap semangat siswa dalam belajar matematika.. Dalam penelitian ini, reward non verbal ditemukan telah meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran matematika presengase sebesar 30,5%, sedangkan persentase sisanya sebesar 69,85% bergantung pada variabel lain. Dari hasil tersebut dapat diputuskan bahwa pemberian reward non verbal kepada siswa merupakan hal yang penting dan tidak boleh disepelekan karena merupakan salah satu faktor pendorong motivasi belajar siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anggraini, F. D. P., Aprianti, A., Setyawati, V. A. V., & Hartanto, A. A. (2022). Pembelajaran Statistika Menggunakan Software SPSS untuk Uji Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6491–6504. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3206

Aljena, Sarita Cyntia, Kadek Dewi Wahyuni Andani, Kartini. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Judiknas Borneo). 1(2). 127-137.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134

Asmawati, Maisah. (2021). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Muatan PPKN Kelas IV SDN Pemepek Kecamatan Pinggarata Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Penelitian,1(7). 1289-1296.

Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723

Idzhar, A. (2020). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221-228.

Lenaini, A. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075

Lestari, N. F., & Muslihat, A. (2023). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Kerja (Studi Kasus Karyawan di Cikarang). Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/10.31294/jp.v21i2

Melinda, I. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV A SDN Merak I pada Mata Pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408

Mulyadinata, I. P. L., Ardana, I. M., & Candiasa, I. M. (2023). Model Children Learning in Science Berbasis Masalah Kontekstual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.60596

Nur Arsyah, R., Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2024). Pemberian Reward Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 09 No. 2 Juni 2024. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13246

Nurrohmatulloh, A. F., & Mulyawati, I. (2022a). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (5), 8441–8449. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3838

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Qorina Maulida, Anggini, N., & Rahayu Soraya. (2020). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IVA. Ahsanta Jurnal Pendidikan, 6.

Rahayu, N., & Sari, R. (2022). Deskripsi Minat Peserta Didik Dalam Belajar Matematika Melalui Permainan. https://doi.org/10.32505/azkiya.v8i1.6511

Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Menagajar. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Sibulo, D., Tanjung, F. L., Selan, E. M., & Saingo, Y. A. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru PAK dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 218–232. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.56730

Sudirman, Kasmawati, & Jauhar. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 198 Cinnenung Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4.

Sumiati, S., & Ardiyanto, A. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Pada Tema 1 Siswa Kelas V SDN 2 Gedebeg Kabupaten Blora. http://journal.upgris.ac.id/index.php/cm

Sunarti, S. (2021). Metode Mengajar Kreatif Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jurnal Perspektif, 13(2), 129–137. https://doi.org/10.53746/perspektif.v13i2.16

Sugiyono (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta

Suoth, L., Mutji, E. J., & Manutede, Y. Z. (2022). Dampak Pemberian Reward dan Reinforcement Negatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 579–586. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.52284

Ulfa Memanti, I., Nuzulia Armariena, D., Faipri Selegi, S., & Keguruan Dan, F. (2022). Efektivitas Pemberian Reward Point Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 5 Palembang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 465. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.642

Published
12-08-2024
How to Cite
Mazwa Kholisah, & Khavisa Pranata. (2024). Pengaruh Pemberian Reward Non Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3441-3452. https://doi.org/10.58230/27454312.871