Kajian Struktural Legenda Malin Kundang dan Peranannya dalam Materi Cerita Fantasi Bahasa Indonesia

  • Henni Julia Citra Sitorus Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumiyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Halimah Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Cerita Fantasi, Kajian Struktural, Legenda Malin Kundang

Abstract

Penelitian ini menganalisis struktur legenda Malin Kundang dan peranannya dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fantasi di tingkat VII SMP. Legenda Malin Kundang, yang kaya dengan nilai moral dan budaya, sering digunakan sebagai materi ajar untuk mengembangkan keterampilan peserta didik sekaligus melestarikan budaya lokal. Namun, legenda ini juga mengandung unsur kekerasan yang perlu dikelola dengan bijak dalam konteks pendidikan. Melalui kajian struktural, penelitian ini mengidentifikasi komponen kunci narasi seperti tema, alur, karakter. latar, judul, gaya/tone, simbolisme dan ironi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan legenda Malin Kundang sebagai materi cerita fantasi dapat membantu peserta didik mengembangkan imajinasi, memahami nilai-nilai moral, dan meningkatkan kesadaran kritis peserta didik terhadap isi dan pesan dalam legenda Malin Kundang. Dengan bimbingan yang tepat dari pengajar, struktur legenda Malin Kundang dapat menjadi inspirasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita fantasi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Drani, A., Adisaputera, A., & Wuriyani, E. P. (2021). Effectiveness of Using Folklore Text-Based Learning Media Literacy in Class X Students of MAN Tg. Pura. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 377–391. https://doi.org/10.33258/birle.v4i1.1625

Fitriana, Y., & Riau, B. B. (2018). SISTEM KEKERABATAN MATRILINEAL DALAM MITOS “MALIN KUNDANG.” In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 15, Issue 1).

Junifran, J., & Rosliani, R. (2020). The Development of Sociocultural Malay-Based on Folklore Teaching Materials for Class X at SMA N 1 Percut Sei Tuan Deli Serdang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1670–1685. https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1303

Mulyati, Y., Aulia, N. L., & Sundusiah, S. (2021). Transformation of “Ande-Ande Lumut” Folklore into Comic as BIPA Teaching Material.

Rahmawati, & Kusmiatun, Ari. (2020). Local Literature Development Through Fable/Legend in Junior High School. 10.2991/assehr.k.200804.018.

Rahman, Yudha, and Mohammad Muktialie. "Pengaruh Aktivitas Pariwisata Pantai Taplau Kota Padang terhadap Ekonomi, Sosial Masyarakat, dan Lingkungan." Teknik Perencanaan Wilayah Kota, vol. 3, no. 4, Nov. 2014, pp. 979-990.

Rinardi, R. (2019). Developing A Storybook as Supplementary Material for Junior High Schools Students Based on Kalimantan Legends. In International Journal of Learning and Instruction (Vol. 1, Issue 1).

Rijoly, H. M. (n.d.). Pattimura Excellence Journal of Language and Culture (PEJLaC) URL: https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pejlac/index How Ambonese Read: Challenges and Opportunities to Preserve Maluku Folklore and Culture. https://doi.org/10.30598/PEJLac.v2i1.pp91-100

Rizky Permatahati, S., Indana Zulfa, S., & Ahwal Zakiyyah, A. (2022). Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Nilai Moral dalam Cerita Rakyat Malin Kundang. 1, 253–260. https://ejournal.papanda.org/index.php/edukasiana/

Setiani, U., Sukirno, S., Riyanton, M., & Kariadi, M. (2021). Using Character Education Forms and Values of Folklores in Brebes Regency as the Old Literature Learning Materials. Jurnal Lingua Idea, 12(1), 40-50. doi:10.20884/1.jli.2021.12.1.3949

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sukiman. 2021. Pengembangan Modul Mengonversi Teks Cerita Rakyat Menjadi Teks Fantasi Untuk Peserta didik. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah: 2 (1), 80.

Sumiyadi. 2022. Educational Value Deviation In The Movie Adaptation Of Malin Kundang Legend. Journal of Southwest Jiaotong University: 57(3), 70

Sumiyati., Meilani W., Siagian I. (2021). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI DI KELAS VII B SMPN 276 JAKARTA. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). 2 (12).

Sutherland, Zena, Monson, Dianne L., Arbuthno, May Hill. 1981. Children & Book. Illinois: Scott Foresman and Company.

Turtle, Lisa (2005). Writing Fantasy & Science Fiction: Writing Handbooks Second Edition. London: A & C Black.

Wahyuni, L. (n.d.). MOTIF CERITA RAKYAT MALIN KUNDANG SEBAGAI SARANA PENJAGA INTEGRITAS SOSIAL MASYARAKAT ASEAN.

Wardani, N.E (2019). The Folklore Comics Media for Learning Indonesian as a Foreign Language. 253 (Aes 2018), 429-432. 10.2991/aes-18.2019.98

Published
26-08-2024
How to Cite
Sitorus, H. J. C., Sumiyadi, & Halimah. (2024). Kajian Struktural Legenda Malin Kundang dan Peranannya dalam Materi Cerita Fantasi Bahasa Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3991-4000. https://doi.org/10.58230/27454312.865