Pengembangan LKPD Berbasis Game Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar

  • Ayu Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Aufa Aufa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: LKPD, Game, Berfikir Kritis

Abstract

Penelitian dan pengembangan LKPD berbasis game ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD di Yayasan Qothrun Nada. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Game Pada Materi Keadaan Cuaca yang digunakan dalam LKPD. Peneltian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Data penelitian dihimpun menggunakan angket validasi ahli desain, materi, soal, angket guru dan siswa. Serta hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD. Hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh 94,44 (kategori sangat valid), penilaian oleh ahli media di peroleh 93,33 (kategori sangat valid) sedangkan penilaian instrumen soal dieproleh 93,33 (kategori sangat valid). Penilaian oleh siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 99,15 (kategori sangat baik), penilaian oleh guru di peroleh rata-rata 93,33 (kategori sangat baik). Penggunaan produk LKPD hasil pengembangan dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar yang signifikan dari 37,27 menjadi 87,27 (selisih sebesar 50). Media pembelajaran cetak LKPD dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tidak terlepas dari penggunaan bahan ajar yang digunakan. LKPD berbasis game ini dapat membantu siswa agar lebih tertarik dengan pembelajaran sehingga dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alia Rohani, & Anas, N. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Menggunakan Aplikasi Comic Page Creator Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1287–1295. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3134

Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32. ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/2856%0D

Bayu, J. jayadinata, & DKK, A. K. (2022). Pengembangan LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Profesi Pendidikan, 1(2), 106–123. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11613

Darmadi. (2020). Asiknya Belajar Sambil Bermain. GuePedia.

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Sekolah Dasar Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Ibda, H. D. (2023). Media Game Digital SD/MI Berbasis Karakter. Mata Kata Inspirasi.

Mardianto, Sipahutar, M. G., Suhardi, & Nirwana. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran PAI. Jurnal ITTIHAD, V(1), 12–22.

Najib, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Seni Budaya dan Prakarya Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 26–40.

Prabandari, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Eksperimen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694–704. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26108

Rasyid, A., Lubis, R., Ananda, R., Dahlan, Z., Islam, U., Sumatera, N., & Medan, U. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Aload dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa MIS Darul Yunus. Jurnal Kependidikan, 13(1), 615–624.

Rasyidah, N., & Rambe, R. N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Jeumpa, 9(2), 739–747. https://doi.org/10.33059/jj.v9i2.6384

Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. 5(5), 4334–4339.

Sakara, E., Syahfitri, F., Azzahra, L. L., & Pane, M. (2023). Pendekatan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI pada Pembelajaran IPA di MIS. On Education, 05(03), 5826–5832.

Sapitri, Rapika, D., Syaukani, & Ananda, R. (2021). Pengembangan LKPD Matriks Berbasis HOTS untuk Siswa Kelas XI SMAN 2 Tanah Putih. Relevan:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 259–269.

Saringatun, M. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. Pradina Pustaka.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. ALFABETA.

Tanti, jumaisyaroh S. N. M. Y. (2022). Pengaruh Gi dan probkem posing terhadap kemampuan pemecahan masakah dan kemampuan berpikir kkritis siswa. 2, 678–682.

Wandini, R. R. (2019). Permainan Ular Tangga dan Kartu Pintar Pada Materi Bangun Datar. VIII(1).

Widianti, A. Y., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif Menggunakan Maze Chase-. 8(2), 617–626.

Published
31-05-2024
How to Cite
Ramadhani, A., & Aufa, A. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Game Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2691-2700. https://doi.org/10.58230/27454312.861