Pengaruh Media Kotak Sifat Cahaya (Kosica) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Nisa Amelia Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nirwana Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Berpikir Kritis, Media Kotak Sifat Cahaya

Abstract

Berpikir kritis merupakan suatu proses berpikir yang dilakukan secara sadar dan melibatkan aspek keterampilan dan sikap tertentu oleh setiap individu dalam menyelesaikan permasalahan dengan penalaran logis Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kotak sifat cahaya (kosica) terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian.. Penelitian ini menggunakan One-Group Pre-Test Post-Test Design sebagai desain Pra-eksperimental. Teknik pengumpulan data yaitu tes berpikir kritis. Sampel dalam peneletian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas IV A adalah kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas IV B yang menjadi kelas control yang tidak diberi perlakuan. Hasil dari tes sebelum dan sesudah menunjukkan peningkatan pada setiap indikator berpikir kritis yang diselidiki. Selain itu, penggunaan media kotak sifat cahaya (kosica) secara signifikan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD, sehingga menghasilkan peningkatan yang signifikan dari kurang baik menjadi sangat baik. Para siswa juga meningkatkan nilai rata-rata post-test mereka dari 54,81 menjadi 82,90. Penggunaan media kotak sifat cahaya (kosica) meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, berdasarkan uji-t sampel berpasangan. Kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat secara signifikan setelah diberikan perlakuan yaitu media kotak sifat cahaya (kosica). Kesimpulannya, media kotak sifat cahaya (kosica) meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD secara signifikan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afdillah, Anas, N., & Ulfa, S. W. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3.

Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, 9(1), 37–47. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/428

Aufa,wapiatul,asri,putri, intan. (2023). Analisis Pengembangan Media dan Bahan Ajar IPA pada Peserta Didk di Kelas 1C SD Plus Anbata Aufa1,. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11288

Chien, C.-L. (2019). No Title. Enhancing Retirement Success Rates in the United States. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-33620-2_3

Dinah, N., Aufa, Suci, P. T., Damayanti, E., Bilqish, A., & Heriadi, H. (2023). Identifikasi Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Kelas 4 di SDS Mardliatul Islamiyah Dinah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1830–1835. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11223

Ennis, R. H. (2016). Critical thinking: Its nature, measurement, and improvement. National Inst. Of Education, 11(1), 217–232.

Fadhilah, E., Subari, I., & Kirana, A. R. (2022). Penggunaan Media Kotak Sifat Cahaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Gedong Air. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Guru Sekolah Dasar, 1(2), 473–484. https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/pgsd/article/view/570/448

Faradhita. (2022). Media Kotak Cahaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Danhasil Belajar Ipa Pada Tatap Muka Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan, 276–289.

Fitriani*, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040

Hamidah, S., Nurhafiva, Reizahran, R., & Fadhil, A. (2023). Analisis Berpikir Kritis Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Kelas Xi. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 205–205. http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Khairunnisa, Aufa, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Demonstrasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4006–4010. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11647

Lubis, H. Z., & Ardilla, N. (2023). Model Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Babarsari. Jurnal Raudhah, 11(2), 171. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i2.2803

Luthfi Fathoni, A., Ulandari, N., Oki Dermawan, M., Asmi Lubis, Z., Islam Negeri Sumatera Utara, U., William Iskandar Ps, J. V, Estate, M., Percut Sei Tuan, K., Deli Serdang, K., & Utara, S. (2023). Proses Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA melalui Media Pembelajaran dan Metode Eksperimen di SD IT Miftahul Jannah Bandar Selamat, Kec. Medan Tembung. Journal on Education, 05(04), 11294–11300.

Mulyaningsih, N., Asbari, M., & Rahmawati, R. S. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 58–61.

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589

Prasetya, S. R., & Muhroji, M. (2022). Penggunaan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosifacay) dalam Penguasaan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4848–4854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2959

Pujiastuti, W. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS ( Ilmu Pengetahuan Alam da Sosial ) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKARDOJA MENGENAI PERUBAHAN WUJUD. 1(2), 56–65.

Rambe, riris nurkholidah, & Putri, riska tiara. (2023). Crossword Puzzle Learning Media to Improve Mastery of Indonesian Vocabulary in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(4), 762–768.

Rambe, A. H., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Sumatera, N. (2021). Diktat Edukatif Andina Halimsyah Rambe.docx. Journal Article, 1–10.

Rambe, R. N. (2019). Sumatera Utara Sumatera Utara. Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M).

Rusda Elsabrina, U., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., Nusantara, U., & Kediri, P. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Seminar Nasional Dalam Jaringan Konseling Kearifan Nusantara Ke-3, 502–513. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/3128

Sa’adah, M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pemanfaatan multimedia interaktif pada materi hidrokarbon untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.29680

Simanjuntak, B. A., & Sosrodiharjo, S. (2014). Metode Penelitian Sosial (Revisi). Yayasan Pustaka Obor Indonesia. https://books.google.com/books/about/Metode_Penelitian_Sosial_edisi_revisi.html?hl=id&id=F3BsDAAAQBAJ

Siti Nurhalizah, S. (2023). A n a z h i m. ANALYSIS OF STUDENTS’ WRITING ABILITY THROUGH DIARY WRITING HABITS AT MIN 11 MEDAN CITY, 5(2), 1041–1060. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3709

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantittatif, Kualitatif dan R&D (21st ed.). Alfabeta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20670

Syarqawi, A., & Pd, M. (2019). Diktat Bimbingan Dan Konseling.

Wandini, R., R., Sari, P., Z., Rini, N., I., Apriani, S., & Rahmadani, A. (2022). Menerapkan Proses Keterampilan dalam Pembelajaran IPA di MI/SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2021–2027. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5009%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/5009/3456

Yusnaldi, E., Wibowo, S. P., Azzahra, S., Sitorus, P. A., Hutasuhut, N. A., & Nadya, L. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32160–32166.

Published
31-05-2024
How to Cite
Purba, N. A., & Anas, N. (2024). Pengaruh Media Kotak Sifat Cahaya (Kosica) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2717-2728. https://doi.org/10.58230/27454312.856