Peran Komite Sekolah Dalam Pembiayaan Pendidikan di SDIT Al Manan Boyolali

  • Riyanik Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Universitas PGRI Semarang
Keywords: Badan Pertimbangan, Badan Pendukung, Badan Pengontrol, Pembiayaan Pendidikan

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis deskriptif fenomenologis dengan pendekatan kualitatif, yang mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian difokuskan pada peran komite sekolah dalam pembiayaan pendidikan di SDIT Al Manan Boyolali, dengan subfokus peran sebagai badan pertimbangan (advisory agency), badan pendukung (supporting agency), dan badan pengontrol (controlling agency). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komite sekolah dalam memberikan pertimbangan sudah berjalan baik, terbukti dari penyusunan RKS dan RKAS, usulan prioritas pembiayaan program unggulan, serta saran terkait kekurangan pembiayaan. Peran sebagai badan pendukung juga berjalan baik, ditunjukkan melalui dukungan dalam penyusunan dan pelaksanaan RKAS, perencanaan penggalangan dana, memberikan ide mencari sumber dana lain, dukungan finansial, serta partisipasi dalam pembangunan Rumah Qur’an maupun kegiatan keagamaan lainnya. Selain itu, peran sebagai badan pengontrol terbukti efektif dalam mengawasi perencanaan dan pelaksanaan anggaran pembangunan Rumah Qur’an serta memantau hasil penggalangan dana. Kesimpulannya, komite sekolah di SDIT Al Manan berperan baik dalam memberikan pertimbangan kebijakan, dukungan dalam bentuk pikiran, finansial, dan tenaga, serta sebagai badan pengontrol bagi sekolah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdillah, F. (2020). “Manajemen Organisasi Pendidikan kejujuran” Jember. Cerdas Ulet Kreatif Publiser.

Arpandi, I. (2019). Kepala Sekolah Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Yogjakarta: Samudra Biru.

Dacholfany, I. Sutanto, I. Suanaryana, A.M.G.I. (2020). “Analisis Preranan Komite Sekoalh dalam Meningkatakn Mutu Layanan Pendidikan di SMA Negeri 1 Seputih Surabaya Lampung Tengah”. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Pendidikan LPPM UM Metro (online), Vol.5 N0.1. (file:///C:/Users/hp/Downloads/1332-2699-1-SM.pdf) diakses 19 Maret 2024.

Gunawan, A. (2024). ”Strategi Kepemimpinan Kepala SEkolah dan dan Komite Sekolah”. Indramayu. Adem Sari.

Ghozie, J, dan Mulya, N. (2019). “Money Smart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orang Tua Baru”. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Halim, A. (2018). Mengelola Bantuan Operasional Sekolah dengan Baik. Surabaya: Jakad Media.

Neolaka. (2017). “Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup”. Depok. Kharisma Putra Utama.

Papilaya, J. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Pasaman Barat: Azka Pustaka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Sianturi, R. Sutisna, A. Dahlia, A.dkk. (2024). “Perencanaan dan pengganggaran Pembiayaan Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Teknik”. Tasik Malaya. Edu Publisher.

Siswanto, E. (2018). “Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan” Surabaya. Pustaka Media Guru.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 pasal 56 tentang dewan pendidikan dan komite sekolah

Winoto, & Suhadi. (2021). Komite Sekolah/Madrasah dan Manajemen Mutu Pendidikan. Yogjakarta: Bildung.

Published
28-07-2024
How to Cite
Riyanik, Endang Wuryandini, & Nurkolis. (2024). Peran Komite Sekolah Dalam Pembiayaan Pendidikan di SDIT Al Manan Boyolali. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2823-2834. https://doi.org/10.58230/27454312.840