Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah

  • Nelfia Nofitri Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Model  Active Learning Tipe Think Pair Share, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model active learning tipe  think pair share terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain pretest-Post-test  Control Group Design. Data penelitian  motivasi dikumpulkan dengan angket dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan pretest dan  tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji MANOVA, kemudian di analisis dengan bantuan Software SPSS.25. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model active learning tipe think pair share  terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MAN Lima Puluh Kota. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 < 0.05. Jika dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI juga terdapat pengaruh  penerapan model active learning tipe think pair share  dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 < 0.05. Kemudian untuk motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI juga terdapat pengaruh  penerapan model active learning tipe think pair share  dengan hasil Fhitung = 128.580 dengan Ftabel = 3.204 (Fhitung > Ftabel) dimana setiap analisis memiliki nilai signifikansi 0.000 yang berarti nilai signifikansinya kurang dari 0.05(0.000 <  0.05). Jadi dapat disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh penerapan  model active learning tipe think pair share  terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MAN Lima Puluh Kota”.

Kata kunci

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdul Majid, ed., Belajar Dan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (Bandung: PT. Remaja Grafindo Persada, 2012).

Ali Maksum and Umihani, “Active Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran,” Jurnal Genealogi PAI 4, no. 2 (2018): 169–80.

Alif Rila, Arifmiboy, Supratman Zakir., “Pembelajaran PAI Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di SMPN 2 Tilatang Kamang,” Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat 4 (2021): 23–35.

Andi Nurul Fatmah, Oslan Jumadi, and Muh. Junda, “Pengaruh Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa,” Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, no. 1 (2016): 59–64.

Arends, Model Pembelajaran TPS (Jakarta: Rineka Cipta, 2008).h.134

Arikun Imam Gunawan to, Suharsimi. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Firosalia Kristin, “Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Perkuliahan Dengan Menggunakan Pembelajaran Active Learning,” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2017): 405–13.

Ghulamul Mustofa, “Teori Contiguity Edwin Ray Guthrie (Teori Belajar Aliran Behavioristik Contiguous Conditioning Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah),” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2022): 49–66.

Hadjar, Dasar-Asar Pendidikan Kuntitatif Dalam Pendidikan (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996).

Hayuri, Septia Mulyana, Salsabila Miranda, “Wawancara Pribadi” (Padang Japang, Lima Puluh Kota, 06 Februari 2023)

John W. Creswell, Educational Recearch, 2012.h.310

Kristin, 2017 “Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Perkuliahan Dengan Menggunakan Pembelajaran Active Learning.”

Sindy Maria Munthe, Sotarduga Sihombing, and Lasma Siagian, “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Siantar Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2022/2023,” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi 2, no. 6 (2022): 118–27, .

Siti Nawarul Uyun, Muhamad Ali, and Badarudin Badarudin, “Pengaruh Model Active Learning Dan Kecerdasan Majemuk Logis-Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Abad 21,” Educatio 16, no. 1 (2021): 9–23.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 2nd ed. (Bandung: Alfabeta, 2022).h.126

Suharni Suharni, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6, no. 1 (2021): 172–84.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Suyono dan Hariyanto, ed., Belajar Dan Pembelajaran, Teori Dan Konsep Dasar (Bandung: PT. Remaja Grafindo Persada, 2011).

Winatha, Komang Redy, and I Made Dedy Setiawan. “Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10, no. 3 (2020)

Z Suryadi and W Aprison, “Perbedaan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ski Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Jigsaw Kelas VIII Di MTS Swasta …,” Jurnal … 5 (2023): 1799–1810.

Published
18-08-2024
How to Cite
Nelfia Nofitri, Iswantir, Zulfani Sesmiarni, & Supratman Zakir. (2024). Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3919-3938. https://doi.org/10.58230/27454312.834