Persepsi Persepsi Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menggunakan Buku Teks Berbentuk Komik

  • Rora Rizky Wandiniu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Emeliya Sukma Dara Damanik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Buku Teks, Komik

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa PGMI dalam menggunakan Buku Teks berbentuk Komik . Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen One Grup Pretest-Posttest, melibatkan dua kelompok belajar: kelas kontrol dan kelas Eksperimen. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa kelas PGMI 5 Dan PGMI 6 UIN Sumatera Utara.. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan uku Teks berbentuk komik memberikan manfaat yang nyata dalam proses pembelajaran berlangsung. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam kinerja akademik, ditandai dengan rata-rata posttest yang meningkat secara signifikan dari 63,48 pada kelompok kontrol menjadi 81,52 pada kelompok eksperimen.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

BADRI MUNAWAR. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbatuan Aplikasi Comic Life 3 Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Usia Dini the Design of Developing Digital Materials With Rocks Applications Comic Life 3 At Early Childhood Learning Media Courses Badri Munaw. 4, 163–177.

Darwati. (2011). Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Kasus Di Sma Negeri Kabupaten Semarang. Paramita, 21(1), 75–89.

Febriani, M. (2016). Pemanfaatan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Penerapan Lesson Study Pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 203. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i2.4482

Heru Dwi Waluyanto. (2021). KOMIK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PEMBELAJARAN. Die Satzung Des Völkerbundes, 102–105. https://doi.org/10.1515/9783112372760-014

Maharani, N. A., & Fernandes, R. (2022). Urgensi Media E-Comic dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.24036/sikola.v4i1.198

Maryatun, M. (2020). Pemanfaatan Buku Teks Elektronik di Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 6(2), 77–88. https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i2.28317

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814

Nur Aini Saura Putri1, Oktaviani2, R. N., & Subekt, E. W. (2019). Bahasa Indonesia merupakan. 2(2), 8–15.

Pratiwi, W., & Kurniawan, R. Y. (2013). Penerapan Media Komik sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1–16.

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Sugiyonon. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: ALFABETA

Syamsurijal, Iwan, S., & Muhammad, Y. M. (2022). Efektivitas Media Elektronik Komik Digital untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 10529–10535.

Published
08-08-2024
How to Cite
Rora Rizky Wandiniu, & Emeliya Sukma Dara Damanik. (2024). Persepsi Persepsi Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menggunakan Buku Teks Berbentuk Komik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3313-3322. https://doi.org/10.58230/27454312.828