Kompetensi Guru: Kaitannya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Se-Kota Bandung

  • Fazar Nuriansyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nani Sutarni Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi professional, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya nilai rata-rata PAS mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri di kota bandung menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah  mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar, mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian terhadap hasil belajar, mengetahui pengaruh kompetensi sosial terhadap hasil belajar, dan mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanatori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi guru secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar. Secara parsial kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian berpengaruh terhadap hasil belajar, kompetensi sosial dan kompetensi professional tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan mengidentifikasi kompetensi guru yang memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, yaitu kompetensi pedagogik dan kepribadian. Sehingga dapan menjadi acuan bagi pengambil kebijakan dalam merancang program pengembangan profesional guru yang lebih efektif dan berbasis pada kebutuhan nyata di lapangan. Disarankan agar pelatihan guru lebih difokuskan pada pengembangan kompetensi pedagogik dan kepribadian, karena kedua aspek tersebut terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mungkin memediasi hubungan antara kompetensi sosial dan profesional guru dengan hasil belajar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amara NWANKWO, C. (2021). Teachers’ Competence, Motivation as Correlates of Senior Secondary School Students’ Academic Achievement in Economic in Imo State. Journal of Educational Research on Children, Parents & Teacher, 2(1), 158–168.

Azis, M., Ode Hasiara, L., & Abduh, A. (2020). Relationship between Lecturers’ Competences and Student Academic Achievement in Indonesian Public Universities. Talent Development & Excellence, 12(1), 1825–1832. http://www.iratde.com

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo Firdaus Daud. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2).

Dwi Arista, I. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 302–309.

Fauth, B., Decristan, J., Decker, A. T., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., & Kunter, M. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education: The mediating role of teaching quality. Teaching and Teacher Education, 86. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882

Febriana, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Feralys, N. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Smp Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syah Kuala, 3(1), 46–67.

Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science (IJES), 4(2), 1–12. www.theijes.com

Kuncoro Jati, A., & Sukaswanto. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas XI di SMKN 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(2).

Kurnia Rohmah, K., & Marimin. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial Guru, Terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Purwodadi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 28–41.

Larasati, V., & Gafur, A. (2018). Hubungan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru PPKn dengan prestasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 45–51. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17282

Matra, E., Iswandhiari, W., & Nahwiyah, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Gunung Toar Kecamatan Gunung Toar. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 1(1).

Muhibbin, S. (2008). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.

Mukhtar, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Jurnal Idaarah, IV(1).

Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Edisi : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 77–95. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Podungge, R., Rahayu, M., Setiawan, M., & Sudiro, A. (2020). Teacher Competence and Student Academic Achievement. In Advances in Economics, Business and Management Research (Vol. 144).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). http://repo.iain-

Rahmadani Putri, R., Ahda, Y., & Rahmawati. (2018). Analisis Aspek Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Instrumen Penilaian Materi Protista untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Biodik, 4(1), 8–17.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.

Salsa Devi, S., & Arief Rafsanjani, M. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(3). https://doi.org/10.26740/jupe.v9n3.p90

Selvia Agusti, I., & Ayu Sabrina, W. (2017). Pengaruh Kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA. Niagawan, 6(1).

Shoimin, A. (2014). Guru Berkarakter untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Gava Media.

Sudargini, Y., & Purwanto, A. (2020). The Effect Of Teachers Pedagogic Competency On The Learning Outcomes Of Students. Journal Of Industrial Engineering & Management Research ( JIEMAR), 1(4), 2722–8878. https://doi.org/10.7777/jiemar

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumitro & dkk. (2002). Pengantar Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316

Ummi Salamah, T., & Nurhuda. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2).

Ventini, M., Hartati, & Sukardjo, M. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Sikap Terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Jakarta Timur. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2).

Widar Hapsari, D., & Partono Prasetio, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang. E-Proceeding of Management, 4(1).

Widarsih, R., & Jaidi Faraz, N. (2016). Evaluasi Kinerja Guru IPS SMP Berdasarkan Standar Kompetensi Guru di Kabupaten Kebumen. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 177–187. http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi

Yulia, Salamah, U., & Hadiyanto, N. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 5(1), 31–39. www.jurnal.pps.uniga.ac.id

Published
23-08-2024
How to Cite
Fazar Nuriansyah, & Nani Sutarni. (2024). Kompetensi Guru: Kaitannya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Se-Kota Bandung . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3947-3956. https://doi.org/10.58230/27454312.826