Pengembangan Buku Cerita Berbasis Cerita Rakyat Kutacane untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik

  • Yulita Mailida Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sakholid Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Buku Cerita, Cerita Rakyat, Kutacane, Kemampuan Membaca

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan buku cerita berbasis cerita rakyat Kutacane dalam meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman peserta didik di Sekolah Dasar. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini ialah apakah buku cerita berbasis cerita rakyat Kutacane valid, layak dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Reserch & Development) dengan menggunakan model 4-D; yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling random dengan kelas 5 sebagai kelas kontrol dan kelas 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 18 siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa setelah dilakukan evaluasi secara cermat oleh ketiga reviewer, maka buku cerita “Orang Alas” yang berdasarkan mitologi Kutacane bertekad menjadi sumber pendidikan yang tepat. Pembelajaran siswa kelas 5 SD Negeri 1 Rantodior diakhiri dengan sebuah buku cerita berjudul “Orang Alas” yang diangkat dari mitologi masyarakat Kutacane. Setelah dilakukan evaluasi, modifikasi, dan validasi oleh banyak praktisi dan ahli, produk ini dinyatakan layak dan valid untuk digunakan dalam pemerolehan bahasa Indonesia khususnya oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Rantodior.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akmalia, R. (2023). Integration of Religious Moderation in Science Subjects in Class VI SDS Plus Anbata. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 81–90. Retrieved from https://www.j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/645

Ali, M., & Asrial. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 136/I Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i1.19406

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). PERAN GURU DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3).

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan komik akidah akhlak untuk meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817

Hawa, S. (2014). Teori Belajar Bruner.

Khakim, A. L., & Krismayani, I. (2019). Pengaruh Pemberian Tugas Resume Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di Perpustakaan SMP Muhammadiyah 9 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(1), 135–144.

Mardliyah, A. A. (2019). Budaya Literasi Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis di Era Industri Revolusi 4.0. Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM, 171–176.

Mayer, E. R. (2009). Multimedia learning (prinsip-prinsip dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Prastowo, A. (2018). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pemberdayaan Pikiran Bawah Sadar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 54–64.

Puspita, A. M. I. (2019). Peran Budaya Literasi Pada Peningkatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 105–113. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.2032

Rahmawati, I. S., Sutrisna, D., & Nisya, R. K. (2023). Nilai-nilai Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Lutung Kasarung. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4397

Siahaan, A., Akmalia, R., Syafriani, Y., Ramadhani, S., Ahmad, A. K., & Sihombing, H. R. S. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 2 Binjai. ANWARUL, 2(6), 436–446. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i6.696

Siahaan, A., Syukri, M., & Akmalia, R. (2022). Educational Supervision In The Implementation Of Graduate Quality-Based Management In The Era Of The Covid-19 Pandemic. Journal of Positive School Psychology, 6(6), 1204–1212. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/14248/

Sudjana, N. (2014). Penilaian dan Hasil Proses Belajar Mengajar, cet. XVIII. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46–61. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.462

Published
08-08-2024
How to Cite
Yulita Mailida, & Sakholid Nasution. (2024). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Cerita Rakyat Kutacane untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3331-3342. https://doi.org/10.58230/27454312.820