Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains di Sekolah Menengah Pertama

  • Muhammad Irsahwandi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mardianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nirwana Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Modul, Perangkat, Pembelajaran Model Integrasi PAI dan Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan modul perangkat pembelajaran integrasi PAI dan sains, kepraktisan modul alat pembelajaran yang mengintegrasikan PAI dan Sains serta efektifitas modul perangkat pembelajaran integrasi PAI dan Sains dalam Meningkatkan hasil belajar siswa, dengan menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) pendekatan ADDIE. Subjek yang digunakan merupakan siswa kelas VII SMP Swasta Islam An-Nizam Medan sementara objek penelitiannya adalah kemampuan dalam mengembangkan modul perangkat pembelajaran integrasi PAI dan Sains. Tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi adalah bentuk instrument yang digunakan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kelayakan modul dievaluasi melalui validasi ahli materi dan ahli perangkat. Persentase validasi ahli materi mencapai 52,5%, termasuk dalam kategori cukup valid, sedangkan validasi ahli perangkat mencapai 72,5%, termasuk dalam kategori valid. Skor rata-rata keseluruhan validasi adalah 62,5%, dengan kategori valid. Adapun kepraktisan modul diuji melalui uji terbatas dan uji lapangan. Persentase kepraktisan dari uji terbatas adalah 78,33%, termasuk dalam kategori praktis. Sedangkan dari uji lapangan, persentasenya adalah 89,02%, termasuk dalam kategori sangat praktis. Skor rata-rata keseluruhan kepraktisan adalah 83,67%, dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk efektivitas modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa diukur dengan normalized gain (N-Gain) sebesar 0,52, yang termasuk dalam kategori efektif. Dengan demikian, didapatkan kesimpulan bahwa pengembangan modul perangkat pembelajaran integrasi PAI dan Sains efektif dalam memperbaiki pencapaian prestasi belajar siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akmalia, R. (2023). Integration of Religious Moderation in Science Subjects in Class VI SDS Plus Anbata. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 81–90. Retrieved from https://www.j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/645

Amin, M. (2020). Hakikat dan Model Integrasi Sains dan Islam serta Relevansinya pada Rekonstruksi Pendidikan Islam. IndraTech, 1(2), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.56005/jit.v1i2.39

Barbour, I. G. (2005). Menemukan Tuhan dalam Sains Kontemporer dan Agama. Bandung: Mizan Pustaka.

Barbour, I. G. (2022). Juru bicara Tuhan Antara Sains dan Agama. Bandung: Pustaka Mizan.

Faruk, A. (2016). Model Integrasi Pendidikan Agama Islam Dengan Ilmu Pengetahuan Umum Dalam Proses Pembelajaran Di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. (Universitas Islam Indonesia). Universitas Islam Indonesia. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/33013

Fauzan, F. (2017). Integrasi Islam Adan Sains Dalam Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru MI Berbasis KKNI. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1).

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., … Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Media Pembelajaran.

Hidayah, U. (2023). ISLAMISASI INTEGRASI INTERKONEKSI ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA ISLAM: MODEL KEILMUAN DI PERGURUAN TINGGI ISLAM. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 306–320. https://doi.org/https://doi.org/10.46773/muaddib.v5i2.897

Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179–194. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194

Miftahuddin. (2018). Model-Model Integrasi Ilmu Pengetahuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Peribadi, M. A., & La Patuju, L. O. (2021). Epistemologi Pergerakan Intelektual Dari Masa Ke Masa: Sebuah Ulasan Komparatif. Penerbit Adab.

Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 97–117. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.59

Rafiq, M. N. (2017). Integrasi ilmu agama dan sain dalam praksis pendidikan. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 127–148. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/falasifa.v8i1.43

Ramli, M. (2014). Integrasi pendidikan agama Islam ke dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Mulawarman Banjarmasin. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 12(21), 111–132.

Rusdiana, A. (2014). Integrasi pendidikan agama islam dengan sains dan teknologi. Istek, 8(2), 123–143. Retrieved from https://etheses.uinsgd.ac.id/10230/1/012-Integrasi Pendidikan Istek 2014.pdf

Salehudin, A. (2017). Pelaksanaan KKN Berparadigma Integrasi-Interkoneksi dalam Menopang Transformasi Masyarakat (Sebuah Rintisan Pendekatan Participatory Action Research). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(2), 63–72. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i2.1167

Sari, R. M., & Amin, M. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 245–252.

Savitri, I., Munawwarah, T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Hanifah, F., & Akmalia, R. (2022). Analisis Peran Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam di MIS Nurul Fadhilah. Widya Balina, 7(2), 583–589. https://doi.org/https://doi.org/10.53958/wb.v7i2.297

Sintia, D., Putu, N. L., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, (5), 1.

Siregar, A. P. (2022). Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Mata Pelajaran Umum di SMP Swasta Madani Marindal I. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 13–24. Retrieved from https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS/article/view/2

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran ipa terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi” berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Zaki, A., Al-Qadri, M., & Akmalia, R. (2022). Pengelolaan Kelas yang Aktif dan Menyenangkan Berbasis Karakter di Ponpes Darussaadah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 141–148. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/56

Zubaedi. (2012). Isu-Isu Baru Dalam Diskursus Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: pustaka belajar.

Published
07-08-2024
How to Cite
Muhammad Irsahwandi, Mardianto, & Nirwana Anas. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains di Sekolah Menengah Pertama . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3303-3312. https://doi.org/10.58230/27454312.815