Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Kuasi Eksperimen Pada Materi Koperasi di Kelas X IPS di SMAN 30 Kabupaten Tangerang)

  • Wahyu Mustajab Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nani Sutarni Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Metode Pembelajaran, PBL, Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS di SMAN 30 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan melibatkan tiga kelas eksperimen yang masing-masing menerapkan metode PBL, Discovery Learning, dan Problem Solving. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PBL dan Problem Solving memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan metode ceramah yang lebih tradisional. Data dikumpulkan melalui tes berpikir kritis, angket siswa, dan wawancara guru. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode PBL dan Problem Solving memiliki kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Penelitian ini menyarankan penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ekonomi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arifin. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.

Budmen, K. O. (1967). “What do you think, teacher?” .... Critical thinking a partnership in learning. Peabody Journal of Education, 45(1), 2–5. https://doi.org/10.1080/01619566709537475

Clark, T. K., & Paulsen, T. H. (2016). Analyzing Student Teacher Critical Thinking through Blogs in an Electronic Community of Practice. 57(2), 75–92. https://doi.org/10.5032/jae.2016.02075

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.

Gholami, M., Moghadam, P. K., Mohammadipoor, F., Tarahi, M. J., Sak, M., Toulabi, T., & Pour, A. H. H. (2016). Comparing the effects of problem-based learning and the traditional lecture method on critical thinking skills and metacognitive awareness in nursing students in a critical care nursing course. Nurse Education Today, 45, 16–21. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.06.007

Kimia, J., Surabaya, U. N., Kritis, K. B., & Reaksi, L. (2015). SURABAYA ON REACTION RATES TOPIC BY IMPLEMENTATION OF INQUIRY. 1(1), 78–83.

Kwok, A. P., & Lau, A. (2015). An Exploratory Study on Using the Think-Pair-Share Cooperative Learning Strategy. 2, 22–28.

Nicholas, M. C., & Raider-roth, M. (2016). A Hopeful Pedagogy to Critical Thinking, 10(2).

Tinggi, S., Nasional, T., & Jambi, U. (2011). Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. 1(1), 14–24.

Tiwari, A., Lai, P., So, M., & Yuen, K. (2006). A comparison of the effects of problem-based learning and lecturing on the development of students’ critical thinking. Medical Education, 40(6), 547–554. https://doi.org/10.1111/j.1365-2929.2006.02481.x

Triki, A., Nicholls, S., Wegener, M., Bay, D., & Cook, G. L. (2012). Advances in Accounting Education: Teaching and Curriculum Innovations. Advances in Accounting Education, 13, 87–107. https://doi.org/10.1108/S1085-4622(2012)0000013009

Uluçınar, U., & Aypay, A. (2016). A Model of Decision-Making Based on Critical Thinking. TeEği̇ti̇m VBi̇li̇m, 41(185), 251–269. https://doi.org/10.15390/EB.2016.4639

Wang, X. (2016). Reasoning Critical Thinking : Is It Born or Made ? 6(6), 1323–1331. https://doi.org/10.17507/tpls.0606.25

Published
12-08-2024
How to Cite
Mustajab, W., & Sutarni, N. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Kuasi Eksperimen Pada Materi Koperasi di Kelas X IPS di SMAN 30 Kabupaten Tangerang). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3523-3538. https://doi.org/10.58230/27454312.799