Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran SKI Melalui Model Pembelajaran The Power Of Two
Abstract
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan bertujuan meningkatkan minat belajar siswadalam mata pelajaran SKI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Palopo pada tahap siklus I masih dalam ketegori rendah dengan skor rata-rata 50,45 dari skor ideal 100. Panguasaan siswa pada tahap siklus II sudah menunjukkan kategori sedang dengan skor rata-rata 75.85 dari skor ideal 100. Sehingga antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yakni sebesar 25.40. Hasil penelitian menujukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan pendekatan pembelajaran the Power of Two mengalami peningkatan minat belajar siswa.
Metrics
References
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditma.
Adiansyah, Romi. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran The Power Of Two (Kekuatan Berdua) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAN Kajuara Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, PROSIDING Seminar Nasional “Tellu Cappa” Makassar.
Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Budiharti dan Devi. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooeratif Tipe The Power of Two dalam Pemeblajaran Fisika. Jurnal materi dan Pembelajaran Fisika, 6 (1).
Darajat, Zakiah.1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.
Eko Purnomo Jati. 1993. Kamus Lengkap. Surabaya: Karya Ilmu.
Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.
Hamalik, O. 2001. Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta : Insan Madani.
Hendayani, Mira. 2012. Pengaruh Penerapan Strategi the Power of Two Disertai LKS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 44 Sijunjung Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pelangi, 1 (5).
Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129
Lie, Anita. 2000. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
M, Siberman. 2006. Active Learning: 101 Setrategi Pembelajaran Aktif. (Terjemah Raisal Mutaqin. Bandung: Nusamedia.
Mafatih, Ahmad Bisyri Hadi. Makalah Setrategi Belajar dengan Cara Kooperatif (Bidang Study IPS). http://media.diknes.gi-id.
Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14
Ogundiwin, O.A., Asaaju, O.A., Adegoke, A.L., Oju, A.T. 2015. Effect of Group Investigative Laboratory Strategies on Students Achievement in Biology. Pyrex Journal of Research in Environmental Studies, 2 (4).
Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 693–702.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slunt, K. M., & Giancarlo, L. C. 2004. Student Centered Learning: A Comparison of Two Different Methods of Instruction. Journal of Chemical Education, 81 (7).
Sudjianto. 2012. Penerapan Metode The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar. Jurnal Cakrawala, 14(2).
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahamad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahid, Murni dkk. 2010. Ketrampilan dasar mengajar. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.