Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran SKI Melalui Model Pembelajaran The Power Of Two

  • Hadijah Rani MTs Negeri Palopo
Keywords: Mata pelajaran SKI, Siswa, SKI, the power of two

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan bertujuan meningkatkan minat belajar siswadalam mata pelajaran SKI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Palopo pada tahap siklus I masih dalam ketegori rendah dengan skor rata-rata 50,45 dari skor ideal 100. Panguasaan siswa pada tahap siklus II sudah menunjukkan kategori sedang dengan skor rata-rata 75.85 dari skor ideal 100. Sehingga antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yakni sebesar 25.40. Hasil penelitian menujukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan pendekatan pembelajaran the Power of  Two mengalami peningkatan minat belajar siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditma.

Adiansyah, Romi. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran The Power Of Two (Kekuatan Berdua) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAN Kajuara Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, PROSIDING Seminar Nasional “Tellu Cappa” Makassar.

Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Budiharti dan Devi. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooeratif Tipe The Power of Two dalam Pemeblajaran Fisika. Jurnal materi dan Pembelajaran Fisika, 6 (1).

Darajat, Zakiah.1980. Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Eko Purnomo Jati. 1993. Kamus Lengkap. Surabaya: Karya Ilmu.

Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.

Hamalik, O. 2001. Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta : Insan Madani.

Hendayani, Mira. 2012. Pengaruh Penerapan Strategi the Power of Two Disertai LKS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 44 Sijunjung Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pelangi, 1 (5).

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129

Lie, Anita. 2000. Cooperative Learning. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

M, Siberman. 2006. Active Learning: 101 Setrategi Pembelajaran Aktif. (Terjemah Raisal Mutaqin. Bandung: Nusamedia.

Mafatih, Ahmad Bisyri Hadi. Makalah Setrategi Belajar dengan Cara Kooperatif (Bidang Study IPS). http://media.diknes.gi-id.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14

Ogundiwin, O.A., Asaaju, O.A., Adegoke, A.L., Oju, A.T. 2015. Effect of Group Investigative Laboratory Strategies on Students Achievement in Biology. Pyrex Journal of Research in Environmental Studies, 2 (4).

Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 693–702.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slunt, K. M., & Giancarlo, L. C. 2004. Student Centered Learning: A Comparison of Two Different Methods of Instruction. Journal of Chemical Education, 81 (7).

Sudjianto. 2012. Penerapan Metode The Power of Two untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar. Jurnal Cakrawala, 14(2).

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahamad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahid, Murni dkk. 2010. Ketrampilan dasar mengajar. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Published
01-02-2021
How to Cite
Rani, H. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran SKI Melalui Model Pembelajaran The Power Of Two . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(1), 35-44. https://doi.org/10.58230/27454312.78