Efektivitas Implementasi Moving Class Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Bukittinggi

  • Sabar Aulia Rahman Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Nurlizawati Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Bunga Dinda Permata Pendidikan Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Gusmira Wita Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Moving Class, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Kegiatan Moving Class Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Program moving class di SMA Negeri 4 Bukittinggi sudah berjalan selama 14 tahun sebelum adanya peraturan Kemendikbud, namun belum mencapai hasil yang optimal. Hal ini penting untuk dibahas lebih lanjut karena moving class merupakan program wajib bagi sekolah.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behavioristik oleh Torndike.  Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 12 orang dengan kriteria informan yaitu siswa kelas XI Fase F dan guru yang mengajar mata pelajaran pilihan.  Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui empat tahap analisis yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa SMA Negeri 4 Bukittinggi menerapkan Moving Class pada Kurikulum Merdeka, yang mana tantangan utama meliputi kondisi fisik kelas yang kurang terawat dan perpindahan kelas yang melelahkan, terutama saat cuaca buruk. Bagi guru, penilaian formatif dan sumatif memungkinkan butuh penyesuaian, akan tetapi memerlukan konsistensi serta manajemen kelas yang baik. Meskipun memberikan fleksibilitas dalam pemilihan mata pelajaran, implementasi terkendala oleh ketersediaan sarana dan prasarana antara lain yaitu koneksi internet dan perangkat seperti proyektor, yang berdampak pada efektivitas pembelajaran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdussamad, Z. 2021. Buku Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Patta Rapanna. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Arsyad, M. 2021. Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. 1st edn, Teori Belajar dan Peran Guru pada Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. 1st edn. Edited by Saiyidah Mahtari. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Aryawan, I.W. 2023. ‘MOVING CLASS LEARNING SYSTEM AS A STRATEGY TO CREATE EFFECTIVE CLASSROOM MANAGEMENT’, in Proceedings of The International Conference on Multi-Disciplines Approaches for The Sustainable Development, pp. 564–571.

Bernard Raho. 2021. Teori Sosiologi Modern, book di cetak oleh. Moya Zam Zam Bantul Yogyakarta. Yogyakarta.

Bogaert, L. et al. 2024. ‘Recalling and Anticipating Positive Events to Improve the Positive Affect and Mental Health of Adolescents: A Cluster Randomized Controlled Trial in Secondary Schools’, Behaviour Research and Therapy, p. 104543. doi:10.1016/j.brat.2024.104543.

Donna, J.D. & Roehrig, G.H. 2024. ‘Moving from surviving to thriving: a taxonomy of beginning science teacher challenges’, Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 6(1), p. 9. doi:10.1186/s43031-024-00100-0.

Ekatushabe, M. et al. 2021. ‘Relations between perceived teacher’s autonomy support, cognitive appraisals and boredom in physics learning among lower secondary school students’, International Journal of STEM Education, 8(1), p. 8. doi:10.1186/s40594-021-00272-5.

Ghozali, S. 2019. ‘Penerapan Pembelajaran Klinik Melalui Model Moving Class’, 15(September), pp. 158–172.

Hadian, T. et al. 2022. ‘IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 1 KOTA SUKABUMI’, Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), p. 1659. doi:10.33578/jpfkip.v11i6.9307.

Hanun, F. 2020. ‘Madrasah Dengan Sistem Belajar Moving Class’, Dialog, 42(1), pp. 81–92. doi:10.47655/dialog.v42i1.323.

Hasnadi & Nurmalina. 2022. ‘Sistem Pembelajaran Moving Class Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik’, Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), pp. 12–19. doi:10.32505/ikhtibar.v9i1.633.

Ji, L. 2024. ‘Childhood emotional abuse and depression among Chinese adolescent sample: A mediating and moderating dual role model of rumination and resilience’, Child Abuse & Neglect, 149(August 2023), p. 106607. doi:10.1016/j.chiabu.2023.106607.

Juwita, R. et al. 2020. ‘Meta Analisis: Perkembangan Teori Struktural Fungsional dalam Sosiologi Pendidikan’, Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1), pp. 1–8. doi:10.24036/perspektif.v3i1.

Keung, C. & Cheung, A. 2023. ‘A family-school-community partnership supporting play-based learning: A social capital perspective’, Teaching and Teacher Education, 135(March 2022), p. 104314. doi:10.1016/j.tate.2023.104314.

Khanshan, S.K. & Yousefi, M.H. 2020. ‘The relationship between self-efficacy and instructional practice of in-service soft disciplines, hard disciplines and EFL teachers’, Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education, 5(1), p. 1. doi:10.1186/s40862-020-0080-8.

Kristiani, H. et al. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. 1st edn. Edited by Nina Purnamasari et al. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Krokos, O. et al. 2024. ‘Improving mental health by improving the mental health literacy? Study protocol for a randomised controlled evaluation of an e-mental health application as a preventive intervention for adolescents and young adults’, Internet Interventions, 36(February), p. 100733. doi:10.1016/j.invent.2024.100733.

Medford, J.A. & Brown, T. 2022. ‘Newly appointed principals’ challenges in learning and adjusting to school culture’, Heliyon, 8(9), p. e10542. doi:10.1016/j.heliyon.2022.e10542.

Pebriyandi & Sari Mardian. 2024. ‘Penggunaan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Puisi di Sekolah Menengah Atas’, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), pp. 909–918. doi:10.58230/27454312.532.

Peycheva, A.A., Guevara, A.F. & Jordans, M.J.D. 2023. ‘Systematic review of strategies for improving attendance in health and mental health interventions for children and adolescents in LMICs: Implications for mental health interventions’, SSM - Mental Health, 4(August), p. 100284. doi:10.1016/j.ssmmh.2023.100284.

Putrielis, E. 2018. ‘Keterkaitan Penggunaan Moving Class Dengan Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Belajar Ekonomi Siswa Man 2 Model Pekanbaru’, PEKBIS, 9(2), pp. 125–139.

Ran, H. et al. 2023. ‘Creating Digital Sci-Fi Narratives through Multimodal Composing to Promote Adolescent Students’ STEM Education’, Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 5(1), p. 7. doi:10.1186/s43031-023-00072-7.

Rusman, R. 2018. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. 7th edn. Depok: Rajawali Pers.

Sagita ,Mawaddah, Mawaddah, Fitri, S. & Juanda. 2023. ‘Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), pp. 8–13.

Schmitz, M.-L. et al. 2023. ‘Transformational leadership for technology integration in schools: Empowering teachers to use technology in a more demanding way’, Computers & Education, 204(July), p. 104880. doi:10.1016/j.compedu.2023.104880.

Setiyaningsih, S. & Wiryanto, W. 2022. ‘Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), pp. 3041–3052. doi:10.58258/jime.v8i4.4095.

Sintara, S.T. & Pramusinto, H. 2015. ‘Pengaruh Penerapan Sistem Moving Class Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Siswa Kelas Xi Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015’, Economic Education Analysis Journal, 7(3), pp. 1083–1099.

Ulybina, O. 2022. ‘Explaining the Cross-National Pattern of Policy Shift toward Childcare Deinstitutionalization’, International Journal of Sociology, 52(2), pp. 128–155. doi:10.1080/00207659.2022.2031488.

Umar, Ockta, Y. & Mardesia, P. 2023. ‘A Correlational Study: Pedagogical and professional competence of physical education teachers in relation to the implementation of the Merdeka curriculum’, Journal of Physical Education and Sport, 23(12), pp. 3325–3331. doi:10.7752/jpes.2023.12380.

Wahyuni, M. & Ariyani, N. 2021. Teori belajar dan implikasinya dalam pembelajaran. Sleman: Bintang Pustaka Madani.

Wangi, B. et al. 2023. ‘Budaya Menjalani Rutinitas Struktural dalam Dunia Pendidikan Berdasarkan Sudut Pandang Sosiologis dan Manajemen Pendidikan’, JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), pp. 432–439. doi:10.58258/jupe.v8i2.5273.

Xie, G. & Zhang, Y. 2020. ‘School of golden touch? A study of school effectiveness in improving student academic performance’, The Journal of Chinese Sociology, 7(1), p. 7. doi:10.1186/s40711-020-00118-7.

Yulhakim, F., Wiguna, S. & Usmaidar. 2023. ‘Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Moving Class Di Kelas’, JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(2). doi:https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i2.903.

Published
27-07-2024
How to Cite
Sabar Aulia Rahman, Nurlizawati, Permata, B. D., & Gusmira Wita. (2024). Efektivitas Implementasi Moving Class Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2801-2814. https://doi.org/10.58230/27454312.770