Studi Literatur : Pemanfaatan Buku Pop Up Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Motivasi Siswa

  • Ratih Nurillah Rosyadi Postgraduate State University Of Semarang
  • Moch Bayu Ibrahim S Postgraduate State University Of Semarang https://orcid.org/0009-0008-6911-0757
  • Sarwi Postgraduate State University Of Semarang
  • Sri Wardani Postgraduate State University Of Semarang
  • Mukh Doyin Postgraduate State University Of Semarang
Keywords: Literasi Sains, Motivasi Belajar, studi literatur, Buku Pop Up

Abstract

Pemanfaatan buku pop-up dalam pendidikan merupakan inovasi yang menjanjikan dalam meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar siswa di tingkat Sekolah Dasar. Studi literatur ini menyelidiki berbagai aspek pemanfaatan buku pop-up dalam konteks pendidikan sains, dengan fokus pada peningkatan pemahaman konsep ilmiah dan motivasi belajar siswa. Tinjauan literatur menyimpulkan bahwa buku pop-up efektif dalam memvisualisasikan konsep-konsep kompleks secara interaktif dan menarik, memperkuat pemahaman siswa. Selain itu, buku pop-up juga mampu memicu minat siswa dalam belajar dengan menyajikan materi secara menarik dan menghibur. Namun, untuk mencapai potensi penuh dari penggunaan buku pop-up, diperlukan pendekatan yang holistik, termasuk perhatian terhadap desain buku, integrasi dengan kurikulum, kebutuhan individu siswa, serta aspek lingkungan dan keinginan dalam produksi. Dengan pemahaman ini, buku pop-up memiliki potensi besar sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261-268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329

Astuti, I., & Raharja, E. P. (2022). Pop-Up Book untuk Mendorong Minat Belajar Peserta Didik Kelas V. Jurnal Genesis Indonesia, 1(01), 33-41. https://doi.org/10.56741/jgi.v1i01.18

Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638-6645.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336

Dini, E., Murdani, E., & Sumarli, S. (2024). Penerapan Model Circuit Learning Berbantuan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V MIS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3703-3718. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12772

Endarto, I. A., & Martadi, M. (2022). Analisis potensi implementasi metaverse pada media edukasi interaktif. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37-51. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Fajrianti, F., Ridzal, D. A., & Kaif, S. H. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa SDN 111 Buton melalui Penggunaan Media Pop Up Book. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3628-3632. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.760

Fauzi, R. F. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Media Pop Up Pada Siswa Kelas IV SDN Gamping Sleman Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 7(32), 3-118. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/13874

Fazira, SK, & Qohar, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika pop-up book pada topik polihedron. Dalam Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 1957(1) : 012005 https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2909

Ibrahim S, M. B., Nurlela, N., Wijaya, M. B., & Subali, B. (2022). Development of Water Pop-Up Book Media with a Scientific Approach: Efforts to Increase Elementary Students’ Scientific Literacy. Journal of Primary Education, 11(2), 190-202. https://doi.org/10.15294/jpe.v11i2.62130

Jayanti, L. S. S. W., & Wibawa, K. S. (2024). Menumbuhkan Minat Baca Melalui Pop Up Book. Uwais Inspirasi Indonesia.

Karumpa, A., Halimah, A., & Sulastri, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818-825. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2089

Khatimah, A. H., & Bahri, A. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Cerita Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN No 138 Inpres Mangulabbe Kabupaten Takalar. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 2(1), 114-119. https://doi.org/10.58738/jkp.v2i1.217

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran literasi sains melalui pemanfaatan lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183-191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191

Lestari, D. A., & Farhurohman, O. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas IV MIN 1 Serang. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(2), 155-166. https://doi.org/10.32678/primary.v12i2.3700

Mahadzir, Nor Nashirah, & Li Funn Phung. (2023). The use of augmented reality pop-up book to increase motivation in English language learning for national primary school. Journal of Research & Method in Education, 1(1), 26-38. http://dx.doi.org/10.9790/7388-0112638

Ningsih, S. D., Nugroho, A. S., & Subayani, N. W. (2022). Pengembangan POP UP Book Budaya Jawa Timur Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 149-155. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.105

Nurhanifah, N., Hamdiyati, Y., & Sanjaya, Y. (2020). Pengaruh demonstrasi penggunaan buku pop up sebagai media pembelajaran terhadap motivasi dan penguasaan konsep siswa pada materi sistem endokrin. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(2), 69-73. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i2.28483

Nurhidayah, AB, Nur'afifah, UU, & Dimas, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas I di SDN Wonokerto 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Global , 1 (4), 220-227. http://journal.civiliza.org/index.php/gej/article/view/245

Ramadhani, N., Ulya, W. J., Nustradamus, S. B., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 99-114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1931

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274

Sumayana, Y., Akbar, A., & Marlina, D. (2021). Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia: Bahasa Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2076-2081. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1504

Swandari, N., & Jemani, A. (2023). Mitra implementasi kurikulum merdeka pada madrasah dan problematikanya. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 102-120. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.439.102-120

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695-8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909

Yanto, N., Muliana, G. H., & Zubair, S. (2023). The Effect of Pop Up Book Media in Science Learning: A Literature Review. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 214-220. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1772

Yodding, N., Patlia, S., & Susanto, M. R. (2023). Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains Lingkungan Hidup Anak. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(2), 101-113. https://doi.org/10.59638/ihyaulum.v1i2.87

Published
10-08-2024
How to Cite
Ratih Nurillah Rosyadi, Moch Bayu Ibrahim S, Sarwi, Sri Wardani, & Mukh Doyin. (2024). Studi Literatur : Pemanfaatan Buku Pop Up Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Motivasi Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3365-3378. https://doi.org/10.58230/27454312.769