Konsep Pendidikan Islam

Ragam Metode PAI dalam Meraih Prestasi

  • Arifuddin Arifuddin IAIN Palopo
  • Abdul Rahim Karim IAIN Palopo
Keywords: Konsep Pendidikan Islam, Ragam Metode PAI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ragam metode Pendidikan Agama Islam dalam meraih prestasi belajar karena kehadiran pendidikan untuk mengembangkan potensi manusia, mengubah dan mengembangkan potensinya kearah yang lebih baik.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustakan (libarary research), yaitu kegiatan penelitian dengan menelaah buku referensi dan jurnal-jurnal yang relefan dengan topik pembahasan. Penelitian ini memotret ragam metode dalam pendidikan Agama Islam dalam meraih prestasi belajar. Penelitian menguraikan secara deskriptif konsep metode dan prestasi PAI, landasan implementasi metode PAI, ragam metode PAI, dan kontribusi metode PAI dalam meraih prestasi belajar. Hasil penelitian adalah Metode pembelajaran PAI sangat diperlukan agar dalam proses pembelajaran memudahkan siswa dalam menyimak dan memahami materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Berbagai landasan dalam mengimplementasikan metode PAI, yaitu; landasan agama, landasan biologis, landasan psikologis, landasan sosiologis. Ragam metode dalam meraih prestasi belajar yaitu; metode  ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas, metode demonstrasi, metode eksperimen, metode amsal, metode targhib dan tarhib, metode pengulangan, dan metode keteladanan. Pretasi yang diharapkan dalam pendidikan Agama Islam tidak hanya memperoleh nilai IPK yang tinggi dan ijasah, tetapi sampai sampai pada level mencetak generasi yang produktif dan berkontribusi pada kemajuan peradaban. Pada hakikatnya semua orang mendambakan genarasi yang tidak hanya memiliki kemampuan intelektual, namun juga memiliki akhlak yang mulia yang senantiasa mengedepankan misi kebaikan dan menafikkan semua bentuk kemungkaran

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah, M. L. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Qissatu al-Qur’ani untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa Kelas IV SD Cirebon Islamic School (CIS) Full Day. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1).

Andi Arif Pamessangi. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 2(1).

Andi Arif Pamessangi. (2020). Optimalisasi Potensi Kecerdasan Anak Sejak Dini dalam Belajar Bahasa Arab. Tunas Cendekia, 3(2).

Arifuddin. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. Al-Qayyimah, 1(1).

Arifuddin. (2019). Konsep Pendidikan Profetik (Melacak Visi Kenabian dalam Pendidikan). Mudarrisuna, 9(2).

Arifuddin. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan; Kontribusi Lembaga Informal Terhadap Pembinaan Karakter Anak. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1).

Armai, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metedeologi Pendidikan Islam. Ciputat Press.

Arsyad, J. (2017). Metode Perumpamaan dalam Praktik Mengajar Rasulullah. Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(1).

Fikri, M. (2011). Konsep Pendidikan Islam. Ilmiah Islam Futura, XI(1).

Firman, Arifin Ahmad, A. (2021). Teaching Materials Development of Indonesian Language Based on Islamic Text in Islamic Universities. Universal Journal of Educational Research, 9(1).

Ghade, F. (2014). Implementasi Metode Takrar dalam Pembelajaran Menghapal Al-Quran. Ilmiah Didaktika, XIV(2).

Harap, A. S. (2018). Metode Pendidikan Islam dalam Presfektif Filsafat Pendidikan Islam. Hikmah, 15(1).

Hidayat, N. (2015). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam. Ta’llum, 03(02).

Karim, A. R. (2020). Reafirmasi Pendidikan Agama Islam Melalui Sistem Boarding School di Sekolah Umum. Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1).

Langgulung, H. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. Bulan Bintang.

Maesaroh, S. (2013). Peran Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Kependidikan, 1(1).

Mansor, A. al. (1997). Jalan Kebahagiaan yang Diridhai (1st ed.). Raja Grafindo Persad.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (VIII). PT Remaja Rosda Karya.

Patonah, R. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pemberian Tugas Renitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Akutansi. Ilmiah Edukasi, 4(4).

Qowim, A. N. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. Pendidikan Islam, 3(1).

Rada, S. dan. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Alfabeta.

Ristekdikti, D. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Dirjen Ristekdikti.

Sukardi, I. (2013). Model-Model Pembelajaran Modern. Tunas Gemilang Press.

Tafsir, A. (2004). Metodologi Pengajaran Agama Islam. PT Remaja Rosda Karya.

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbiyah, 21(2).

Usman, B. (2002). Metode Pembelajaran Agama Islam. Ciputat Pres.

Zam, F. Z. (2017). Metode Pendidikan Islam Presfektif Hadis Rasulullah Saw. Sabilarrasyad, 2(2).

Published
01-02-2021
How to Cite
Arifuddin, A., & Karim, A. R. (2021). Konsep Pendidikan Islam : Ragam Metode PAI dalam Meraih Prestasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(1), 13-22. https://doi.org/10.58230/27454312.76