Pengaruh Digital Terhadap Pendidikan Anak dalam Tafsir Al-Munir di Yayasan Tahfidz Al-Huffadz

  • Bagaskara Utama Putra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syukri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Digital, Pendidikan Anak, Tafsir Al-Munir

Abstract

Pendidikan harus beradaptasi dengan lanskap digital yang berubah dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terkait dengan perluasan kesempatan pendidikan, khususnya di pendidikan anak usia dini. Pesatnya kemajuan teknologi digital ini memiliki implikasi yang signifikan bagi setiap aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Penelitian akan berlangsung di Yayasan Tahfidz Al Huffadz Kec. Bandar Kab. Simalungun dari tanggal 10–18 Januari 2023. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis metode korelasional. Jumlah subjek di Yayasan Tahfidz Al-Huffadz, yaitu tiga puluh orang, adalah ukuran sampel untuk penelitian ini. Tafsir Al-Munir di Yayasan Tahfidz Al-Huffadz menunjukkan hubungan yang kuat dan positif antara digital dan pendidikan anak, menurut hasil Pearson Correlation, yaitu 0,973% dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Selanjutnya, peneliti juga melakukan analisis menyeluruh terhadap perbedaan antara variable X dan variable Y. Hasilnya menunjukkan bahwa R2 (R Square) = 0,947. Kemudian, dengan menggunakan rumus koefesien determenasi KD = R2 x 100%, kami menemukan persentase pengaruh angket digital (X) dan pendidikan anak (Y) yang signifikan sebesar 94,7%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afandi, D. (2020). Hubungan Antara Minat Anak Mengikuti Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam dengan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini.

Danero, D., & Saeed, A. (2021). Fiqih Kiblat Dan Fatwa. JURNAL AL-WAJID Vol.2, 2(1), 267–284.

Dewi, N. L. G. N., Wimba, I. G. A., & Mashyuni, I. (2022). Pengaruh Etos Kerja Dan Human Relation Terhadap Kinerja Karyawan PT Albany Corona Lestari Mengwi Badung. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 2(3), 642–651.

Diana, L., Dian, P., Tiara, S. A., Talitakum, Cahyono Putri, A. R. N., & Agustina, S. (2022). Peranan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Umkm Crep’S Star. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 1–6. https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1239

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hayatunnufus, A. F., & Nasution, A. I. L. (2022). Analisis sumber daya manusia pada divisi program, informasi, dan hubungan masyarakat di Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(5), 697–703.

Kharisma Hasibuan, R., Agus, R., dan Perbankan Syariah, K., & Negeri Medan Rizahasibuan, P. (2021). Jurnal Bilal Bisnis Ekonomi Halal Perspektif Islam tentang Etos Kerja dan Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah. 2(2), 119–130. Diambil dari http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/index

Lutfiyah, L. (2017). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak: Studi Ayat 13-19 Surat Luqman. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 127. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1472

Oktarina, A. (2022). Pendidikan Anak di Era Digital dalam Kajian al-Qur’an (Studi Ilmiah Tafsir al-Munir). 1–170.

Patonengan, J. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Peningkatan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 6(2), 149–159. https://doi.org/10.33701/jipsk.v6i2.1797

Pransisca, M. A. (2019). Pengaruh Strategi Card Sort Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Gugus 1 Kecamatan Masbagik. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4). https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.1300

Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., Rahmatiani, L., & Nanda, L. (2023). Card Sort Method : improve elementary school students early reading skills. 28(1), 131–137.

Prilandewi, K. L. I. W. S. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 5(2), 171–180.

Rizaldi, J. M. (2017). Kualitas Komunikasi Keluarga Dan Tingkat Keakraban Pada Anak.

Sari, A. N., Menuk, C., & Handayani, S. (2022). Pengaruh Keterampilan , Etos Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Sawunggaling Karya Trans. Journal of Sustainability Business Research, 3(1), 112–121.

Sutrisno, A. (2021). Pentingnya pendidikan anak di usia dini. Jurnal UMJ, 1–4.

Syahputri, A. N. H., & Nurhadi. (2023). Pentingnya Pemahaman Tentang Digital Marketing Bagi Pemilik Usaha UMKM Dalam Menghadapi Era Industri Digital 4.0. MUFAKAT: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2(2), 1–23.

Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Wardhani, A. K., & Romas, A. N. (2022). Analysis of Digital Marketing Strategies in the Covid-19 Pandemic. EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 4(1), 29–53. https://doi.org/10.24071/exero.v4i1.5025

Zabidi, A. (2019). Esensi Pendidikan Keluarga (Studi Qs Luqman Ayat 13-19). Jurnal Primarlly, II(02), 1689–1699.

Zulkarnain, R. (2023). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm. Jurnal Manajemen dan Retail, 3(01), 78–85. https://doi.org/10.47080/jumerita.v3i01.2530

Published
28-05-2024
How to Cite
Utama Putra, B., & Syukri. (2024). Pengaruh Digital Terhadap Pendidikan Anak dalam Tafsir Al-Munir di Yayasan Tahfidz Al-Huffadz . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2549-2562. https://doi.org/10.58230/27454312.751