Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Palopo

  • Muhammad Muharram IAIN Palopo
  • Purnamawati Univeritas Negeri Makassar
  • Yasser Abdul Djawad Univeritas Negeri Makassar
  • Darmawang Univeritas Negeri Makassar
  • Anas Arfandi Univeritas Negeri Makassar
Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dan teknik supervisi yang digunakan dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri Kota Palopo serta menganalisis implikasi dari kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK Negeri Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif analitis dengan pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan demokratis, manajerial, dan kolaboratif yang diterapkan oleh kepala sekolah sangat efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Kegiatan supervisi/observasi juga memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kinerja guru. Implikasi dari kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri Kota Palopo menunjukkan perubahan signifikan dalam kinerja dan produktivitas guru, yang didukung oleh komunikasi yang terbuka, pembinaan, dan disiplin. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model kepemimpinan yang efektif, penguatan kegiatan supervisi, dan pengembangan profesionalisme guru sebagai langkah penting untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1735

Ariska, D., Asril, Z., & Aswirna, P. (2021). Pengembangan Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbantuan Aplikasi Lectora Inspire Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Journal Cerdas Mahasiswa, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/jcm.v3i1.3497

Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005

Handoko, M. D. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Persfektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Jurnal Dewantara, 9(01), Article 01.

Hasanah, M., Nasor, M., & Mansur, M. (2023). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri. UNISAN JURNAL, 2(2), Article 2.

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381

Jumarpati, J., & Dewi, S. R. K. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru pada UPT SMA Negeri Sekota Palopo. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5698

Kharismawati, D. E. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 4(1), Article 1.

Kobandaha, I. M., & Sidik, F. (2021). Harmonisasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam dan Kurikulum Pendidikan Nasional. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v9i1.2054

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3 ed.). SAGE Publications.

Muchlis, M., & P, H. R. P. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(1), 49–58. https://doi.org/10.31539/alignment.v5i1.3776

Muslim, A. Q., Suci, I. G. S., & Pratama, M. R. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan di Jepang, Finlandia, China dan Indonesia dalam Mendukung Sustainable Development Goals. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2827

Nurdiana, N., Nurdjan, S., & Saleh, M. (2023). Analisis Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24256/kelola.v8i2.3892

Pemerintah Pusat, I. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Pusat.

Pratama, A. J., Giatman, M., & Ernawati. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Literatur. Journal of Education Research, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.242

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran Guru Penggerak pada Merdeka Belajar untuk Memperbaiki Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3393

Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(3), Article 3.

Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40700

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah dalam Bidang Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 9(2), 369–377. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2500

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597

Silitonga, P. E. S. (2020). Peningkatan Kinerja SDM Melalui Motivasi, Kepemimpinan, Komitmen, dan Lingkungan Kerja. Penebar Media Pustaka.

Sodikun, S. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis untuk Peningkatan Kinerja Guru. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/jino.v5i1.7671

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510

Solihin, E., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Dampak Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Kepuasan Pekerjaan Guru dan Motivasi Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.34420

Sudirman, S. (2019). Pedagogi Kritis Sejarah, Perkembangan dan Pemikiran. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.47435/jpdk.v4i2.319

Sutisna, S. H., Rozak, A., & Saputra, W. R. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. 6(9), 6895–6902. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2718

Zulkarnaen, Z., Supriyati, Y., & Sudiarditha, I. K. R. (2020). Pengaruh budaya sekolah, gaya kepemimpinan transformasional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33867

Published
29-04-2024
How to Cite
Muharram, M., Purnamawati, Abdul Djawad, Y., Darmawang, & Arfandi, A. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1541-1550. https://doi.org/10.58230/27454312.744