Proses Berpikir Tahap Aksi dan Tahap Proses dalam Membangun Pemahaman Integral Mahasiswa Calon Guru

  • Evy Lalan Langi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Hersiyati Palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja
Keywords: APOS, integral, gender

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan pemahaman konsep integral mahasiswa calon guru melalui aksi dan proses ditinjau dari perbedaan gender. Subjek penelitian terdiri dari satu orang mahasiswa perempuan dan satu orang mahasiswa laki-laki. Data dikumpulkan melalui lembar tugas dan wawancara. Tahap aksi subjek perempuan ditunjukkan dengan penyelesaian integral tentu secara terurut sesuai rumus. Ketika menentukan luas daerah, subjek perempuan langsung menggunakan rumus integral dengan fungsi dan batas yang ada dalam masalah tanpa memperhatikan bentuk dan letak daerah yang dibentuk oleh kurva. Aksi subjek laki-laki ketika menentukan integral tentu adalah menghitung integral menggunakan rumus yang sesuai. Ketika menentukan luas daerah di bawah kurva, subjek laki-laki terlebih dahulu menggambarkan bentuk kurva yang dimaksud dan memperhatikan posisi daerah terhadap sumbu . Pada tahap proses, subjek perempuan mengenali terlebih dahulu bentuk integral yang diberikan dan selanjutnya menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya. Ketika menjelaskan cara menghitung luas daerah di bawah kurva, subjek perempuan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yakni menggunakan integral tentu dengan batas atas dan batas bawah yang ditentukan dalam soal tanpa memperhatikan posisi daerah. Sedangkan tahap proses subjek laki-laki ditunjukkan dengan menjelaskan cara menghitung luas daerah dengan diawali menggambar daerah yang dibatasi oleh kurva yang diberikan, memperhatikan posisi daerah terhadap sumbu , menentukan bentuk integral dengan batas-batas yang bersesuian dengan posisi daerah, dan selanjutnya menjelaskan langkah-langkah menghitung luas daerah menggunakan integral tentu.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arnon, I., Cottrill, J., & Dubinsky, E. (2014). APOS theory: A ramework for research and curriculum development in mathematics education. New York: Springer Science & Business Media

Bayraktar, F., Tutak, T., & İlhan, A. (n.d.). (2019). Elektronik eğitim bilimleri dergisi electronic journal of education sciences apos teorisine yönelik çalişmalarin bir analizi an analysis of the studies on the apos theory. www.ejedus.org

de Almeida, M. E. B., Queiruga-Dios, A., & Cáceres, M. J. (2021). Differential and integral calculus in first-year engineering students: A diagnosis to understand the failure. Mathematics, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.3390/math9010061

Firdaus, A. M., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2020). Number pattern generalization process by provincial mathematics olympiad winner students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 991–1003. https://doi.org/10.17478/jegys.704984

Firdaus, A. M., Murtafiah, W., Lukitasari, M., Lestari, N. D. S., Ernawati, T., & Widodo, S. A. (2023). Generalization of Patterns Drawing of High-Performance Students Based on Action, Process, Object, and Schema Theory. European Journal of Educational Research, 12(1), 421–433. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.421

Rodliyah, I., Juniati, D., & Khabibah, S. (2022). Analysis of the Level of Understanding of the Concept of the Isoline Method of Linear Program Material Based on APOS Theory in terms of Learning Interest. Jurnal Gantang, 7(2), 137–147. https://doi.org/10.31629/jg.v7i2.5250

Langi, E. L., Juniati, & Abadi. (2021). Understanding definite integral concepts of prospective teachers through actions and processes based on gender difference. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1747/1/012026

Langi’, E. L., & Juniati, D. (2023). Students as Prospective Teachers’ Understanding of Integral Based on the APOS Theory in Terms of Gender Difference. In Journal of Higher Education Theory and Practice (Vol. 23, Issue 4).

Langi, E. L., Palayukan, H., & Palengka, I. (2022). Proses Berpikir Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Integral Berdasarkan Teori APOS. Seminar Nasional 2 Pendidikan Matematika UKI Toraja, 1–7.

Lestari, N. D. S., Juniati, D., & Suwarsono, S. (2018). Gender differences in prospective teachers’ mathematical literacy: Problem solving of occupational context on shipping company. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012074

Maharaj, A. (2014). An APOS analysis of natural science students’ understanding of integration. REDIMAT - Journal of Research in Mathematics Education, 3(1), 54–73. https://doi.org/10.4471/redimat.2014.40

Martínez-Planell, R., & Cruz Delgado, A. (2016). The unit circle approach to the construction of the sine and cosine functions and their inverses: An application of APOS theory. Journal of Mathematical Behavior, 43, 111–133. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2016.06.002

Martínez-Planell, R., & Trigueros, M. (2019). Using cycles of research in APOS: The case of functions of two variables. Journal of Mathematical Behavior. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2019.01.003

Misu, L., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2018). Profile of Metacognition of Mathematics and Mathematics Education Students in Understanding the Concept of Integral Calculus. Journal of Physics: Conference Series, 974(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/974/1/012022

Muhassanah, N., & Lukman, H. S. (2020). Analysis of mathematics student understanding: Calculus concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012069

Oktaç, A. (2019). Mental constructions in linear algebra. ZDM, 51(7), 1043–1054.

Parraguez, M., & Oktaç, A. (2010). Construction of the vector space concept from the viewpoint of APOS theory. Linear Algebra and Its Applications, 432(8), 2112–2124. https://doi.org/10.1016/j.laa.2009.06.034

Priss, U. (2018). Combining and Contrasting Formal Concept Analysis and APOS Theory. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10872 LNAI, 96–104. https://doi.org/10.1007/978-3-319-91379-7_8

Puloo, M. M. L., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2018). Visualization Profile of Junior High School Students in Solving Geometry Problems Viewed from Gender Differences. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012063

Salleh, T. S., & Zakaria, E. (2016). The Effects of Maple Integrated Strategy on Engineering Technology Students’ Understanding of Integral Calculus. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 15, Issue 3).

Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2017). The analysis of probability task completion; Taxonomy of probabilistic thinking-based across gender in elementary school students. AIP Conference Proceedings, 1868. https://doi.org/10.1063/1.4995131

Wulandari, F., & Rakhmawati, R. (2019). Desimal: Jurnal Matematika Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. 2(3), 203–209. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Yudianto, E., Suwarsono, S., & Juniati, D. (2017). The Anticipation: How to Solve Problem in Integral? Journal of Physics: Conference Series, 824(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/824/1/012055

Published
08-05-2024
How to Cite
Lalan Langi, E., & Palayukan, H. (2024). Proses Berpikir Tahap Aksi dan Tahap Proses dalam Membangun Pemahaman Integral Mahasiswa Calon Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1925-1934. https://doi.org/10.58230/27454312.717