Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 – 7 Tahun)

  • Fatmaridha Sabani IAIN Palopo
Keywords: Perkembangan, Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan merupakan pengaruh yang diberikan orang dewasa terhadap orang yang belum dewasa, dalam hal ini adalah pendidikan yang diberikan oleh guru terhadap anak dalam rangka membantu perkembangannya. Karakteristik perkembangan anak yang berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa perkembangan anak yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupannya. Oleh karena itu, pada masa ini  seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara optimal. Karakteristik perkembangan anak pada kelas satu, dua dan tiga SD biasanya pertumbuhan fisiknya telah mencapai kematangan, mereka telah mampu mengontrol tubuh dan keseimbangannya. Untuk perkembangan kecerdasannya anak usia kelas awal SD ditunjukkan dengan kemampuannya dalam melakukan seriasi, mengelompokkan obyek, berminat terhadap angka dan tulisan, meningkatnya perbendaharaan kata, senang berbicara, memahami sebab akibat dan berkembangnya pemahaman terhadap ruang dan waktu.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Danim, Sudarwan, dan H. Khairil, Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru, ( Bandung, Alfabeta, 2010)

Santrock, John W., Child Development Eleventh Edition, alih bahasa Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti dengan judul Perkembangan Anak, (Jakarta, Erlangga, 2002)

Slavin, Robert E., Educational Psycology : Theory and Practice, diterjemahkan oleh : Marianto Samosir dengan judul : Psikologi Pendidikan : Teori dan Praktik, (Jakarta, PT. Indeks, 2008)

Sunarto, H., dan B. Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta, Rineka Cipta, 1995)

Surya, Mohammad, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi, (Bandung, Alfabeta 2013)

Published
01-05-2019
How to Cite
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 – 7 Tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100. https://doi.org/10.58230/27454312.71