Konsep Al-Qur’an tentang Manajemen Pendidikan Islam Multikultural

  • Ramli L. UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Yusuf UIN Alauddin Makassar
  • Mardan UIN Alauddin Makassar
Keywords: Al-Qur’an, Manajemen Pendidikan, Multikultural

Abstract

Pendidikan multikultural mengakui dan menilai pentingnya keragaman budaya, agama, dan etnis dalam membentuk identitas dan pengalaman sosial individu serta kelompok. yang memiliki relevansi dengan ajaran Al-Qur'an yang menekankan penghargaan terhadap perbedaan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membahas manajemen pendidikan multikultural dan konsep Al-Qur'an tentang pendidikan multikultural dalam QS Al-Hujurat ayat 9-13, Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan Teknik Pengumpulan Data melalui penelusuran literatur secara sistematis dari berbagai sumber tertulis, termasuk Al-Qur'an, tafsir, hadits, buku-buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang terkait dengan konsep pendidikan Islam multikultural dalam Al-Qur'an. Teknik Analisis Data menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan analisis deskriptif untuk mengeksplorasi dan menafsirkan konsep-konsep yang terkandung dalam Al-Qur'an terkait dengan pendidikan Islam multikultural. Penelitian ini mengungkapkan bahwa Al-Qur'an menawarkan prinsip-prinsip yang mendukung penerapan pendidikan Islam multikultural, seperti penghargaan terhadap keragaman, keadilan, toleransi, dan persaudaraan universal. Dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip ini dalam manajemen dan praktik pendidikan Islam, lembaga pendidikan dapat membangun pemahaman dan penghargaan terhadap keragaman budaya, serta mengembangkan sikap inklusif dan harmonis dalam masyarakat yang majemuk.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdillah, R. (2017). ANALISIS TEORI DEHUMANISASI PENDIDIKAN PAULO FREIRE. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v2i1.4247

Arabiyyah;, M. L. (2015). Al-Mu’jam al Wasith (Kamus Al-Wasith). Perpus Intersional Al-Shorouk. //digilib.staimuttaqien.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D2695

Arifin, M. (2009). Kapita Selekta Pendidikan Islam (Cet. 5). Bumi Aksara.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III (I). Kencana Media Grup.

Basri, H. (2012). Kapita selekta pendidikan. Pustaka Setia. https://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=9564&keywords=

Farikah, F. (2019). Developing the Students’ Character through Literacy Activities in A Child-Friendly School Model. Dinamika Ilmu, 19(2), 187–196. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v19i2.1540

Faruq Tri Fauzi. (2013). Manajemen Organisasi Pondok Pesantren. Edukasi, 01(01), 75–91.

Indonesia, T. R. K. B. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 725.

Kunci, K., Kebijakan, :, Terluar, P.-P., Negara, K., Ri, K., Provinsi, D., & Utara, M. (2019). KEBIJAKAN PENATAAN PULAU-PULAU TERLUAR DI PROVINSI MALUKU UTARA DALAM RANGKA MEMPERTAHANKAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. Ganesha Law Review, 1(2), 106–175. https://doi.org/10.23887/GLR.V1I2.58

Mahfud, M. C. (2006). Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Pustaka Pelajar.

Maksum, A. (n.d.). Plural dan Multikulturalisne Paradigma Baru Pendidikan Agama Islamdi Indonesia. Aditya Media.

Munawwir, A. W. (2022). Kamus Al Munawwir; Arab Indonesia Terlengkap, (25th ed.). Pustaka Progressif,.

Naim, N., & Sauqi, A. (2010). Pendidikan multikultural konsep dan aplikasi. Ar ruzz media.

Neu, J. (1971). Plato’s Analogy of State and Individual: “The Republic” and the Organic Theory of the State. Philosophy, 46(177), 238–254. https://www.jstor.org/stable/3749923

Tajrid, A., & Walisongo, W. W. (2012). KEBENARAN HEGEMONIK AGAMA. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 193–210. https://doi.org/10.21580/WS.20.1.190

Webster, N. (1974). Webster’s Super New School and Office Dictionary. William Collins + World Publishing Co., Inc. //opac.pip-semarang.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3847&keywords=

Yaqin, M. A. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Pilar Media.

YusufIsmail. (2020). Lingkungan hidup menurut Alqur’an.

Zakiyuddin, B. (2005). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga. https://www.researchgate.net/publication/310461818_Pendidikan_Agama_Berwawasan_Multikultural

Published
19-04-2024
How to Cite
Ramli L., Muhammad Yusuf, & Mardan. (2024). Konsep Al-Qur’an tentang Manajemen Pendidikan Islam Multikultural. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1445-1456. https://doi.org/10.58230/27454312.706