Immersif Learning di PAUD Untuk Memperkenalkan Tempat Ibadah Agama Buddha di Pontianak Berbasis Virtual Reality

  • Diana Lia Andriyani Asmaliah Universitas Tanjungpura
  • Dian Miranda Universitas Tanjungpura
  • Siska Perdina Universitas Tanjungpura
  • Lukmanulhakim Universitas Tanjungpura
Keywords: Imersif Learning, PAUD, Tempat Ibadah Agama Buddha, Virtual Reality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggabungkan konsep pembelajaran imersif pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan pengenalan tempat ibadah umat Buddha di Pontianak menggunakan Virtual Reality. Metodologi pengembangan penelitian ini antara lain membuat Virtual Reality tempat ibadah agama Buddha di Pontianak yang interaktif dan detail serta mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman agama Buddha pada anak PAUD. Virtual Reality dikembangkan menggunakan teknologi multimedia termasuk gambar, audio, dan video 360 derajat untuk memberikan pengalaman mendalam bagi anak-anak. Temuan menunjukkan bahwa pemanfaatan Virtual Reality dalam konteks pembelajaran imersif di PAUD efektif meningkatkan pemahaman anak terhadap tempat ibadah agama Buddha di Pontianak. Anak-anak menunjukkan minat yang besar dan partisipasi aktif dalam menggunakan Virtual Reality , dan guru serta orang tua mengamati adanya peningkatan dalam pemahaman anak-anak tentang konsep-konsep Buddhis. Kajian ini menyoroti pentingnya memasukkan teknologi imersif ke dalam kurikulum PAUD untuk menanamkan nilai-nilai agama dan keberagaman budaya pada anak sejak dini. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah memberikan alternatif pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak PAUD sekaligus mengenalkan mereka pada keberagaman agama yang ada di masyarakatnya. 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afif Rois Yusro, Saida Ulfa, Dedi Kuswandi. (2022). Pengembangan Immersive Learning Berbasis Natural User Interface (NUI) Pada Materi Pembelajaran Tenis Meja. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Vol. 5, No. 3e-ISSN: 2615-8787. http://dx.doi.org/10.17977/um038v5i32022p274

Andriani, P. A. (2023). TRADISI MASYARAKAT BUDDHA SEBAGAI WISATA RELIGI. Jurnal Pariwisata PaRAMA: Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 4(1), 33-40. https://doi.org/10.36417/jpp.v4i1.604

Damayanti, Ovy dan Mudhofar. (2018). Makna Simbol Ornamen Pada Vihara Dewi Wales Asih. Jurnal Arsitektur Volume 10 Nomor 2: Cirebon. Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon. https://doi.org/10.59970/jas.v10i2.5

Fadillah, Muhammad. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini , Jakarta: Kencana

Fitri, Heleni.(2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5 – 6 Tahun di Tinjau dari Tingkatan Pendidikan Ibu di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Rumbai. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, 1 (2): 172-173. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1175

Fauzan Dianta, A., Devi, C., Sarinastiti, W., Akbar, Z. F., Teknologi, D., Kreatif, M., Elektronika, P., & Surabaya, N. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL REALITY MENGGUNAKAN VIDEO 360°. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi https://doi.org/10.31961/positif.v9i1.1560

Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 83. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215

Prajoko, Sigit dan Sukiman. (2017). Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti (Rev.ed). Jakarta: Pusat kurikulumdan pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Putri Hana Pebriana. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Rachman, A. N., Khairul Anshary, M. A., & Hakim, I. N. (2020). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) Pada Aplikasi 3D Bangunan Perusahaan. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(2), 204. https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.18672

Ramli AR, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menurut Konsep Teknologi Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sapriyah.(2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2, No.1, hal. 470 – 477.

Siahaan, M., Oktaviani, K., & Julia, J. (2021). Immersive Learning Experience pada Pembelajaran Daring dengan Penggunaan Virtual Reality. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas. https://dx.doi.org/10.54367/jtiust.v6i1.1052

Setiawati, N. (2016). Kolam Bening Sebagai Media Pembelajaran Sebab Akibat Benda Terapung Dan Tenggelam. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(1), 48–52. https://doi.org/10.17509/eh.v6i1.2860

Suryani, Nunuk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wagito, W. (2017) Vihara Theravada di Kota Singkawang. JMARS: Jurnal Mosaik Arsitektur, 5(1). https://dx.doi.org/10.26418/jmars.v5i1.20899

Yusro, A. R., Ulfa, S., & Kuswandi, D. (2022). Pengembangan Immersive Learning Berbasis Natural User Interface (NUI) Pada Materi Pembelajaran Tenis Meja. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 05(03), 274–283. https://doi.org/10.17977/um038v5i32022p274

Published
04-05-2024
How to Cite
Asmaliah, D. L. A., Dian Miranda, Siska Perdina, & Lukmanulhakim. (2024). Immersif Learning di PAUD Untuk Memperkenalkan Tempat Ibadah Agama Buddha di Pontianak Berbasis Virtual Reality. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1721-1736. https://doi.org/10.58230/27454312.705