Pengaruh Mindfulness terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Uung Gondo Saputro Univeritas Negeri Malang
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang
  • Imam Agus Basuki Universitas Negeri Malang
  • Shirly Rizki Kusumaningrum Universitas Negeri Malang
Keywords: mindfulness, membaca pemahaman kreatif, sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh latihan mindfulness terhadap peningkatan kemampuan membaca pemhaman kreatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan yang berbeda. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kota Malang dan dua kelas dipilih secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian yaitu Kelas sebagai kelas eksperimen dengan melakukan praktik mindfulness dan saatu kelas menjadi kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian membaca pemahaman berupa tes pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian: analisis deskriptif terlihat rata-rata nilai membaca pemahaman kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata kelas kontrol, demikian pula dengan sebaran data hasil membaca pemahaman kreatif. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca kreatif siswa pada kelas yang mempraktikan mindfulness dengan kemampuan membaca kreatif siswa pada kelas yang konvensional. Disamping itu juga terdapat perbedaan nilai rata-rata yaitu kelas eksperimen (82,5) dan kelas Kontrol (73,8). Praktik mindfulness memberikan pengaruh terhadap membaca pemahaman kreatif.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Arifin, Muh. L., Khotimah, L. H., & Mahmudin. (2023). Analisis Pemahaman Literal Siswa Perspektif Gender. Jurnal Papeda, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3305

Bakosh, L. S., Snow, R. M., Tobias, J. M., Houlihan, J. L., & Barbosa-Leiker, C. (2016). Maximizing Mindful Learning: Mindful Awareness Intervention Improves Elementary School Students’ Quarterly Grades. Mindfulness, 7(1), 59–67. https://doi.org/10.1007/s12671-015-0387-6

Basuki, I. A. (2011). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional Dan Tes Lokal. Bahasa Dan Seni, 39(2), 202–212.

Chusna, P. A., & Al-Muslihun, S. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan karakter Anak.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. PT. Raja Grafindo Persada.

Davis, D. M., & Hayes, J. A. (2011). What Are the Benefits of Mindfulness? A Practice Review of Psychotherapy-Related Research. In Psychotherapy (Vol. 48, Issue 2, pp. 198–208). https://doi.org/10.1037/a0022062

Davis, D. M., & Hayes, J. A. (2012). What are the benefits of Mindfulness? A wealth of new research has explored this age-old practice. Here’s a look its benefits for both clients and psychologists. Monitor on Psychology, 48(2), 66–70.

Khng, K. H. (2018). Mindfulness in education: the case of Singapore. Learning: Research and Practice, 4(1), 52–65. https://doi.org/10.1080/23735082.2018.1428120

Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876–4886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2972

López, A., Sanderman, R., Smink, A., Zhang, Y., Eric, V. S., Ranchor, A., & Schroevers, M. J. (2015). A reconsideration of the self-compassion scale’s total score: Self-compassion versus self-criticism. PLoS ONE, 10(7). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0132940

Lusnig, L., Hofmann, M. J., & Radach, R. (2023). Mindful Text Comprehension: Meditation Training Improves Reading Comprehension of Meditation Novices. Mindfulness. https://doi.org/10.1007/s12671-023-02079-7

Lusnig, L., Radach, · Ralph, & Hofmann, M. J. (2022). Meditation affects word recognition of meditation novices. Psychological Research, 86, 723–736. https://doi.org/10.1007/s00426-021-01522-5

Maulinda, D., & Rahayu, M. S. (2021). Pengaruh Mindfulness terhadap Stres Akademik pada Siswa SMAN X Cianjur di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Psikologi, 1(2), 100–108. https://doi.org/10.29313/jrp.v1i2.461

Meiklejohn, J., Phillips, C., Lee Freedman, M., Lee Griffin, M., Biegel, G., Roach, A., Frank, J., Burke, C., Pinger, L., Soloway, G., Isberg, R., Sibinga, E., Grossman, L., Saltzman, A., Meiklejohn, J., Phillips, C., Freedman Toronto, M. L., L Griffin, C. M., Biegel, G., … Saltzman, A. (2012). Integrating Mindfulness Training into K-12 Education: Fostering the Resilience of Teachers and Students. https://doi.org/10.1007/s12671-012-0094-5

Mrazek, M. D., Franklin, M. S., Phillips, D. T., Baird, B., & Schooler, J. W. (2013). Mindfulness Training Improves Working Memory Capacity and GRE Performance While Reducing Mind Wandering. Psychological Science, 24(5), 776–781. https://doi.org/10.1177/0956797612459659

Muis, S. F. (2013). Kemampuan membaca pemahaman literal dan interpretatif melalui pendekatan konstruktivisme. Al-MUNZIR, 6(2).

Muliawanti, S. F., Amalia, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2605

Patiung, D. (2016). MEMBACA SEBAGAI SUMBER PENGEMBANGAN INTELEKTUAL. Al Daulah: Jurnal HUkum Pidana Dan Ketatanegaran, 5(2), 352–376.

Rice, V., Enders, L., & Jeter, A. (2020). Visual Scanning and Reading Speed Following 5-Days of Mindfulness-Based Stress Reduction: A Pilot Study (I. S. N. T. Ahram & W. Karwowski, Eds.; Vol. 12111, pp. 221–227). https://doi.org/10.1007/978-3-030-50896-8_33

Roeser, R. W., Skinner, E., Beers, J., & Jennings, P. A. (2012). Mindfulness Training and Teachers’ Professional Development: An Emerging Area of Research and Practice. Child Development Perspectives, 6(2), 167–173. https://doi.org/10.1111/j.1750-8606.2012.00238.x

Romadhon, A. C. (2020). THE IMPORTANCE OF READING AND WRITING AND ITS RELATIONSHIP TO THE PROGRESS OF NATION CIVILIZATION. In Jurnal Edukasi (Vol. 1, Issue 1).

Romansyah, K. (2017). Strategi Membaca Pemahaman Yang Efektif Dan Efisien. DEIKSIS - JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v4i1.407

Rubin, D. R. (1993). A Pratical Approach to Teaching Reading (Second Edition). Allyn and Bacon.

Saputro, U. G., Susilo, H., & Ekawati, R. (2023). Analisis Penerapan Mindfulness dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1214–1219. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1630

Selvianingsih, R., & Rigianti, H. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Bibobagi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2291–2300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5818

Somadayu, S. (2011). Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Graha Ilmu.

Warnecke, E., Quinn, S., Ogden, K., Towle, N., & Nelson, M. R. (2011). A randomised controlled trial of the effects of mindfulness practice on medical student stress levels. Medical Education, 45(4), 381–388. https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.2010.03877.x

Zenner, C., Herrnleben-Kurz, S., Walach, H., De, J., Fuente, L., Green, K. E., & Adesope, O. O. (2014). Mindfulness-based interventions in schools-a systematic review and meta-analysis. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00603

Zhang, Q., Wang, Z., Wang, X., Liu, L., & Zhang, J. (2019). The Effects of Different Stages of Mindfulness Meditation Training on Emotion Regulation. Frontiers in Human Neuroscience, 13(208), 1–8. https://doi.org/10.3389/fnhum.2019.00208

Published
08-05-2024
How to Cite
Saputro, U. G., Imam Suyitno, Imam Agus Basuki, & Shirly Rizki Kusumaningrum. (2024). Pengaruh Mindfulness terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1861-1870. https://doi.org/10.58230/27454312.696