Pengaruh Mindfulness terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh latihan mindfulness terhadap peningkatan kemampuan membaca pemhaman kreatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental yang melibatkan dua kelompok yang diberikan perlakuan yang berbeda. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kota Malang dan dua kelas dipilih secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian yaitu Kelas sebagai kelas eksperimen dengan melakukan praktik mindfulness dan saatu kelas menjadi kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian membaca pemahaman berupa tes pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian: analisis deskriptif terlihat rata-rata nilai membaca pemahaman kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata kelas kontrol, demikian pula dengan sebaran data hasil membaca pemahaman kreatif. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca kreatif siswa pada kelas yang mempraktikan mindfulness dengan kemampuan membaca kreatif siswa pada kelas yang konvensional. Disamping itu juga terdapat perbedaan nilai rata-rata yaitu kelas eksperimen (82,5) dan kelas Kontrol (73,8). Praktik mindfulness memberikan pengaruh terhadap membaca pemahaman kreatif.
Metrics
References
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836
Arifin, Muh. L., Khotimah, L. H., & Mahmudin. (2023). Analisis Pemahaman Literal Siswa Perspektif Gender. Jurnal Papeda, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3305
Bakosh, L. S., Snow, R. M., Tobias, J. M., Houlihan, J. L., & Barbosa-Leiker, C. (2016). Maximizing Mindful Learning: Mindful Awareness Intervention Improves Elementary School Students’ Quarterly Grades. Mindfulness, 7(1), 59–67. https://doi.org/10.1007/s12671-015-0387-6
Basuki, I. A. (2011). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional Dan Tes Lokal. Bahasa Dan Seni, 39(2), 202–212.
Chusna, P. A., & Al-Muslihun, S. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan karakter Anak.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. PT. Raja Grafindo Persada.
Davis, D. M., & Hayes, J. A. (2011). What Are the Benefits of Mindfulness? A Practice Review of Psychotherapy-Related Research. In Psychotherapy (Vol. 48, Issue 2, pp. 198–208). https://doi.org/10.1037/a0022062
Davis, D. M., & Hayes, J. A. (2012). What are the benefits of Mindfulness? A wealth of new research has explored this age-old practice. Here’s a look its benefits for both clients and psychologists. Monitor on Psychology, 48(2), 66–70.
Khng, K. H. (2018). Mindfulness in education: the case of Singapore. Learning: Research and Practice, 4(1), 52–65. https://doi.org/10.1080/23735082.2018.1428120
Kusumandaru, A. D., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Media Sosial Aplikasi Tik Tok sebagai Media Menguatkan Literasi Sastra dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4876–4886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2972
López, A., Sanderman, R., Smink, A., Zhang, Y., Eric, V. S., Ranchor, A., & Schroevers, M. J. (2015). A reconsideration of the self-compassion scale’s total score: Self-compassion versus self-criticism. PLoS ONE, 10(7). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0132940
Lusnig, L., Hofmann, M. J., & Radach, R. (2023). Mindful Text Comprehension: Meditation Training Improves Reading Comprehension of Meditation Novices. Mindfulness. https://doi.org/10.1007/s12671-023-02079-7
Lusnig, L., Radach, · Ralph, & Hofmann, M. J. (2022). Meditation affects word recognition of meditation novices. Psychological Research, 86, 723–736. https://doi.org/10.1007/s00426-021-01522-5
Maulinda, D., & Rahayu, M. S. (2021). Pengaruh Mindfulness terhadap Stres Akademik pada Siswa SMAN X Cianjur di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Psikologi, 1(2), 100–108. https://doi.org/10.29313/jrp.v1i2.461
Meiklejohn, J., Phillips, C., Lee Freedman, M., Lee Griffin, M., Biegel, G., Roach, A., Frank, J., Burke, C., Pinger, L., Soloway, G., Isberg, R., Sibinga, E., Grossman, L., Saltzman, A., Meiklejohn, J., Phillips, C., Freedman Toronto, M. L., L Griffin, C. M., Biegel, G., … Saltzman, A. (2012). Integrating Mindfulness Training into K-12 Education: Fostering the Resilience of Teachers and Students. https://doi.org/10.1007/s12671-012-0094-5
Mrazek, M. D., Franklin, M. S., Phillips, D. T., Baird, B., & Schooler, J. W. (2013). Mindfulness Training Improves Working Memory Capacity and GRE Performance While Reducing Mind Wandering. Psychological Science, 24(5), 776–781. https://doi.org/10.1177/0956797612459659
Muis, S. F. (2013). Kemampuan membaca pemahaman literal dan interpretatif melalui pendekatan konstruktivisme. Al-MUNZIR, 6(2).
Muliawanti, S. F., Amalia, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2605
Patiung, D. (2016). MEMBACA SEBAGAI SUMBER PENGEMBANGAN INTELEKTUAL. Al Daulah: Jurnal HUkum Pidana Dan Ketatanegaran, 5(2), 352–376.
Rice, V., Enders, L., & Jeter, A. (2020). Visual Scanning and Reading Speed Following 5-Days of Mindfulness-Based Stress Reduction: A Pilot Study (I. S. N. T. Ahram & W. Karwowski, Eds.; Vol. 12111, pp. 221–227). https://doi.org/10.1007/978-3-030-50896-8_33
Roeser, R. W., Skinner, E., Beers, J., & Jennings, P. A. (2012). Mindfulness Training and Teachers’ Professional Development: An Emerging Area of Research and Practice. Child Development Perspectives, 6(2), 167–173. https://doi.org/10.1111/j.1750-8606.2012.00238.x
Romadhon, A. C. (2020). THE IMPORTANCE OF READING AND WRITING AND ITS RELATIONSHIP TO THE PROGRESS OF NATION CIVILIZATION. In Jurnal Edukasi (Vol. 1, Issue 1).
Romansyah, K. (2017). Strategi Membaca Pemahaman Yang Efektif Dan Efisien. DEIKSIS - JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v4i1.407
Rubin, D. R. (1993). A Pratical Approach to Teaching Reading (Second Edition). Allyn and Bacon.
Saputro, U. G., Susilo, H., & Ekawati, R. (2023). Analisis Penerapan Mindfulness dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1214–1219. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1630
Selvianingsih, R., & Rigianti, H. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Bibobagi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2291–2300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5818
Somadayu, S. (2011). Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Graha Ilmu.
Warnecke, E., Quinn, S., Ogden, K., Towle, N., & Nelson, M. R. (2011). A randomised controlled trial of the effects of mindfulness practice on medical student stress levels. Medical Education, 45(4), 381–388. https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.2010.03877.x
Zenner, C., Herrnleben-Kurz, S., Walach, H., De, J., Fuente, L., Green, K. E., & Adesope, O. O. (2014). Mindfulness-based interventions in schools-a systematic review and meta-analysis. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00603
Zhang, Q., Wang, Z., Wang, X., Liu, L., & Zhang, J. (2019). The Effects of Different Stages of Mindfulness Meditation Training on Emotion Regulation. Frontiers in Human Neuroscience, 13(208), 1–8. https://doi.org/10.3389/fnhum.2019.00208
Copyright (c) 2024 Uung Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.