Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Sekolah Dasar

  • Indah Kusuma Wardani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Aviandri Cahya Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Darsinah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Penguatan Karakter, Peserta Didik, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Perkembangan zaman terus berlangsung hingga kini memasuki era Revolusi Industri 4,0 yang identik dengan teknologi dan informasi beredar secara cepat. Tak hanya itu tantangan di era ini dalam mencari pekerjaan juga meningkat karena beberapa pekerjaan mulai digantikan sistem Artificial Intelegence (AI) berbasis robot. Di sisi lain dalam dunia pendidikan masih dibayangi dengan degradasi moral yang mana terlihat dari adanya adanya tawuran pelajar, penggunaan NARKOBA, bullying dan lainnya. Oleh karena itu perlu adanya upaya dalam penguatan karakter peserta didik guna menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Maka dalam hal ini dilakukan penelitian terkait hal tersebut dengan lokasi penelitian di SDN Pengkok 3, Kec. Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara maupun dokumen. Data yang didapat dilakukan analisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa di SDN Pengkok 3 melakukan beberapa upaya untuk memperkuat karakter unggul yang berdasarkan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Beberapa program penguatan karakter tersebut di antaranya yaitu; 1) Adanya kegiatan literasi baca, tulis hingga digital/teknologi, 2) pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), 3) penguatan karakter melalui integrasi model pembelajaran di kelas, 4) penguatan karakter melalui pembiasaan positif sekolah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Almira, N. S., & Marheni, A. (2021). Analisis Fenomenologis Interpretatif tentang Definisi Bullying dan Harga Diri bagi Korban Bullying. 9.

Ardiansyah, R., Hastuti, D. N. A. E., & Sari, M. K. (2023). PEMBELAJARAN PJBL PADA MATERI IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(04).

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R., & Suryani, Z. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Damayanti, F. A. (2013). STUDI TENTANG PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA SMA SWASTA DI SURABAYA. Jurnal BK UNESA, 3(1).

Hasbi, M., Wardhani, B., Adiarti, W., Lestari, Ilman S, N., Mangunwibawa, A. A., & Wujiati. (2022). Membangun Jati Diri. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20221121_114632.pdf

Hendarman, I. (2019). TANTANGAN PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. STKIPKUSUMANEGARA. https://stkipkusumanegara.ac.id/wp-content/uploads/2019/10/Artikel-Ir.-Hendarman-M.Sc_.-Ph.D..pdf

Komnas Perempuan. (2023, Oktober). “Pengarusutamaan Toleran Aktif: Peran Guru Membangun Generasi Anti ekerasan dan Diskriminasi Berbasis Agama dan Gender.” https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/siaran-pers-komnas-perempuan-memperingati-hari-guru-sedunia-2023

Kompas.tv. (2021). Kemendikbudristek: Ada Tiga Dosa Besar Pendidikan di Indonesia. https://www.kompas.tv/nasional/233656/kemendikbudristek-ada-tiga-dosa-besar-pendidikan-di-indonesia

Mia. (2022). Karakteristik Perkembangan Peserta Didik. Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Keagamaan, 6(4).

Miftah, N. A., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Project Based Learning pada Tema 3 Benda di Sekitarku untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Kelas III SD Negeri 4 Cindaga. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1).

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). KURIKULUM 2013, KURIKULUM DARURAT(2020-2021), DAN KURIKULUM PROTOTIPE ATAU KURIKULUM MERDEKA (2022) MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS: SUATU KAJIAN BANDINGAN. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra, 1.

Pitoyo, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Era Digital Melalui Penguatan Kompetensi Pendidik Untuk Menyiapkan SDM Unggul. Strategi Menghadapi Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Generasi Indoneisa yang unggul dan Tangguh. SEMDIKJAR 5. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2507/1570

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58

Waluya, S. B., Asikina, M., & Astutia. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. 2019. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Wibowo, E. N. (2019). RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM KUNGFU PANDA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.2514

Published
25-05-2024
How to Cite
Indah Kusuma Wardani, Aviandri Cahya Nugroho, Darsinah, & Murfiah Dewi Wulandari. (2024). Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2399-2406. https://doi.org/10.58230/27454312.679