Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta

  • Zulfikar Nur Akbar Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mohammad Zakki Azani Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Peran guru, Nilai-Nilai, Karakter, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terkait penanaman nilai karakter berdasarkan Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyyahan di sekolah Muhammadiyah. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek yang digunakan di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat. Dengan Subjek penelitian siswa kelas 11 dan Guru PAI SMA Muhammadiyyah PK Kotta Barat Surakarta. Pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi dan dokumentasi. Dari kedua Teknik tersebut untuk mengecek keabsahan data dan dan informasi penelitian. Hail Penelitian ini menyatakan bahwa peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta adalah yaitu mengetahui peran Guru PAI sebagai pembimbing, guru PAI sebagai pendidik, Guru PAI sebagai motivator, Guru PAI sebagai evaluator dan Guru PAI sebagai teladan, serta dapat mengidentifikasi faktor penghambat Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami adalah perbedaan latar belakang mereka yang juga berimplikasi pada tingkat keimanan yang beragam, kurangnya minat siswa untuk berpartisipasi dalam aktivitas keagamaan, lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi tingkat partisipasi siswa dalam aktivitas tersebut, dan yang terakhir fasilitas dan sarana sekolah yang masih kurang memadai di lingkungan sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam secara konsisten berperan dalam memberikan dorongan kepada siswa untuk menerima dan mempraktikkan nilai-nilai karakter Islami. Guru Pendidikan Agama Islam melakukan pembinaan dengan menerapkan kebiasaan seperti senyum, sapaan, salam, sikap sopan, santun, membaca doa dan Asmaul Husna sebelum dan setelah pembelajaran, serta melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, kegiatan muhadhoroh, dan sholawat Nabi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Alkhasanah, N., Darsinah, & Ernawati. (2023). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 355–365. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1271

Arham, M., & Muis, A. A. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah Parepare. Jurnal Al-Ibrah, VIII(September). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/317%0Ahttp://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/download/317/274

Astuti, H. K. (2022). Penanaman Nilai-nilai Ibadah di Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Karakter Religius. Mumtaz, 1(2), 61–70.

Azizah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Kelas X Di Sma Nu Juntinyuat Indramayu. Khulasah Islamic Studies Journal, Volume 06.(1), 32–48. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.197

Hadi, S. (2022). Peranan Guru PAI Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Pembiasaan Pada Siswa SMP Negeri 10 Mukomuko - Bengkulu. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(1), 81–96. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i1.309

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. Irsyaduana: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna%0APERAN

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7097

Hartini, Y., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah Pada Siswa MTs Nurul Huda Kedopok Kota Probolinggo. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 464–472. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2136

Hasanah, S. N. H., & Zainuddin, M. R. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa Pada Aspek Islam. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(2), 119–128. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i2.776

Inco, B., & Rofiq, M. H. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.31538

Ismail, I. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai karakter Peserta Didik. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 149–159. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.197

Jentoro, Yusro, N., Yanuarti, E., Karolina, A., & Deriwanto. (2020). Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Wasatiyah Siswa. JoeaI (Journal of Education and Instruction), Volume 3,(8). http://dx.doi.org/10.1016/j.jaad.2013.01.032

Latifah, E. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa. Jurnal Tahsinia, 4(1), 40–48. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.357

Mitra, Maya, R., & Yasyakur, M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Religius pada Siswa Kelas V SD Negeri Kotabatu 04 Desa Kotabatu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(1), 95–104.

Muh Yusuf, Rizal Awaludin, & Eko Nursalim. (2023). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. An-Nafis: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 05(04), 41–54. https://doi.org/10.62196/nfs.v1i1.26

Mulyeni, M., & Fadriati, F. (2023). Peranan Guru Pai Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Di Era Globalisasi Di Smp 3 Sawahlunto. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2878–2885.

Nirmawati, A. A., Mohtarom, A., & Ma’ruf, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Aswaja Di Madrasah Aliyah Ma’arif Sukorejo. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, Volume 21.

Parnawi, A., & Ahmed Ar Ridho, D. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167–178. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.209

Putri, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Smk Pelayaran Pancasila Kartasura Tahun Ajaran 2022/2023. Vol. 8(No. 1), 88–100. https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/download/26780/12635

Putri, N., & Satria, R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Melaksanakan Penanaman Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3832.

Rozak, A. (2023). Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas Vii Di Sekolah Mts Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: Pendekatan Metode Literature Study and Review (Lsr). El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.149

Susanti, S., Syamsudin Sulaha, A., Marhaeni Pudji Astuti, T., & Sosiologi dan Antropologi, J. (2023). Journal of Indonesian Social Studies Education Peran Guru Dalam Upaya Penanaman Nilai Karakter Religius Terhadap Siswa (Studi Kasus Kelas Xi Tahun Ajaran 2017/2018 Di Sma N 1 Subah). 45–56. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JISSE/index

Published
11-05-2024
How to Cite
Zulfikar Nur Akbar, & Mohammad Zakki Azani. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2057-2068. https://doi.org/10.58230/27454312.670