Culture Shock Akademik Mahasiswa Asing di Indonesia (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta)

  • Rochman Hadi Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agnes Defiana Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Mahasiswa Asing, Culture Shock, Indonesia

Abstract

Dengan adanya globalisasi di bidang pendidikan, Indonesia menyaksikan kedatangan banyaknya mahasiswa asing yang memilih melanjutkan studi di perguruan tinggi lokal, terlibat dalam program pertukaran pelajar, atau melakukan studi banding dengan universitas dalam negeri. Meskipun demikian, banyak di antara mereka yang menemui tantangan yang cukup besar dalam beradaptasi dengan budaya Indonesia, yang seringkali berujung pada fenomena yang dikenal sebagai "culture shock” atau gegar budaya. Culture shock merupakan anggapan-anggapan yang datang terhadap situasi yang menyebabkan individu mengalami keterkejutan dan tekanan karena hadir dalam lingkungan yang berbeda dengan lingkungan asal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui culture shock akademik mahasiswa asing di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini, penulis mengambil lokasi di Kota Surakarta. Penulis berfokus pada pengambilan data di salah satu universitas swasta yaitu Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah mahasiswa asing yang menempuh jenjang pendidikan perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah Surakarta mengalami culture shock. Hal ini dapat terlihat dari problematika yang dialami oleh para mahasiswa asing yaitu terkait gaya hidup yang terbagi atas faktor geografis dan sosial sehingga berdampak pada aktivitas di kehidupan akademik mereka. Mahasiswa asing perlu beradaptasi dengan lingkungan di Indonesia agar dapat menghadapi culture shock yang dialaminya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ardila, I. (2023). ADAPTASI MAHASISWA PERTUKARAN DALAM MENGHADAPI CULTURE SHOCK (STUDI FENOMENOLOGI MAHASISWA PMM DI UNIVERSITAS MALIKUSSALEH). In Journal Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan (Vol. 5).
Budiyanto, M. (2013). Literacy and Language Teaching (Sapta Mei Budiyanto) LITERACY AND LANGUAGE TEACHING.
Cahyono, H. B. (2018). HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA THAILAND DI JEMBER. In Jurnal Ilmu Komunikasi MEDIAKOM (Vol. 01, Issue 02).
Fahmi, M., Syah, J., Huda, S., & Budi, H. S. (2021). Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar).
Febrianti Rahayu, A., Aidi, B., Mega Rizki, M., Miirayanti Mandagi, A., Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, D., & Kesehatan Masyarakat, F. (2021). Relationships on Adaptation Abilities and Residence With Depression Levels in New Students. http://cmhp.lenterakaji.org/index.php/cmhp
Hadiniyati, G., Teguh Annisa, D., Nugroho, C., Maulita, D. L., Komunikasi dan Bisnis, F., Telkom, U., Telekomunikasi No, J., Buah Batu, T., & Kolot, K. (n.d.). Gegar Budaya Mahasiswa Indonesia dalam Komunikasi Antarbudaya di Luar Negeri Culture Shock among Indonesian Students in Intercultural Communication in Overseas Countries. In Jurnal_Pekommas_Vol._8_No (Vol. 2).
Intan, T. (2019). GEGAR BUDAYA DAN PERGULATAN IDENTITAS DALAM NOVEL UNE ANNÉE CHEZ LES FRANÇAIS KARYA FOUAD LAROUI. In 163 | JURNAL ILMU BUDAYA (Vol. 7, Issue 2).
Istikomayanti, Y., & Mitasari, Z. (2017). Student’s misconception of digestive system materials in MTs eight grade of Malang city and the role of teacher’s pedadogic competency in MTs. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(2), 103–113. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4326
Manery, D. E., Saija, A. F., Angkejaya, O. W., & Bension, J. B. (2023). HUBUNGAN CULTURE SHOCK DENGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA PERANTAU SEMESTER PERTAMA TAHUN 2020 DAN 2021 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON. Molucca Medica, 16(1), 39–50. https://doi.org/10.30598/molmed.2023.v16.i1.39
Moh Fahri, L., Hery Qusyairi, L. A., & Palapa Nusantara Lombok NTB, S. (2019). INTERAKSI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1). http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1390
Mufidah, V. N., & Fadilah, N. N. (2022). Adaptasi dan Culture Shock: Studi Kasus pada Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Adaptation and Culture Shock: A Case Study on Participants of the Independent Student Exchange Program. https://doi.org/10.47776/MJPRS.003.01.05
Nadya, S., Varinia, T. A., Damaiyanti, P., Hidayah, S., Abstrak, K. K., & Huidup, G. (n.d.). Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat.
Oberg, K. (n.d.). Cultural Shock: Adjustment to New Cultural Environments 1 *.
Prihartanto, E. et al. (2021). 3.+JCI+1++PAK+IIF+Publish-1. Jurnal Cakrawala Indonesia.
Prima Prayoga, A., & Handoyo, P. (2023). Pola Adaptasi Mahasiswa Rantau Luar Surabaya Dalam Menghadapi Cuture Shock. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(2), 153–158. https://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb
Putra, F. E. (2019). 2341-6599-1-PB. ISLAM TRANSFORMATIF: Journal of Islamic Studies .
Rohma Wulandari, D. (2020). PROSES DAN PERAN KOMUNIKASI DALAM MENGATASI CULTURE SHOCK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TADULAKO).
Rusdianti, F. (2018). PENGALAMAN BERORGANISASI DALAM MEMBENTUK SOFT SKILL MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1).
Safira Maulani, dan. (2022). GEGAR BUDAYA DAN STRATEGI ADAPTASI BUDAYA MAHASISWA PERANTAUAN MINANG DI JAKARTA.
Songsirisak, P. (n.d.). Non-native English Speaking Teachers: Uncovering Thai EFL Teachers’ Instructional Practices in an International Program of Thai University. In Journal of Education, Mahasarakham University (Vol. 11).
Syarifuddin Latif, B., Gunawijaya, J., & Doktoral Pariwisata STP Trisakti, P. (2023). KEBERLANGSUNGAN TRADISI MENENUN SEBAGAI CIRI KHAS KEBUDAYAAN MATERI KAUM PEREMPUAN BADUY LUAR KAMPUNG GAJEBOH. Ilmu Dan Budaya, 44(1).
Wulandari, N., Suranto, Wijayanti, S., Untari, I., Kailani, A., & Rafidiyah, D. (2023). The Impact of the Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program in Improving Student Competence. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 146–162. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i2.133
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian (Pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bisnis : Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2014). Memahami penelitian kualitatif, Bandung :Alfabeta.
Veronita, Dina. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial dan Dukungan Sosial Terhadap Culture Shock Mahasiswa Thailand di Himpunan Mahasiswa Patani (Thailand Selatan). Kediri : IAIN Kediri.
Wulandari, D. R. (2020). Proses dan Peran Komunikasi dalam Mengatasi Culture Shock (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Tadulako). Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 187-206.
Published
02-05-2024
How to Cite
Rochman Hadi Mustofa, & Agnes Defiana. (2024). Culture Shock Akademik Mahasiswa Asing di Indonesia (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Surakarta). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1641-1654. https://doi.org/10.58230/27454312.667