Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Operator Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Jakarta Timur I

  • Fetia Nurul Hidayat Universitas Negeri Jakarta
  • Neti Karnati Universitas Negeri Jakarta
  • Madhakomala Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, Kinerja Operator Sekolah

Abstract

Tenaga operator sekolah dasar begitu besar perannya dalam satuan pendidikan. Sinergi kepemimpinan kepala sekolah yang baik dapat mempengaruhi kepuasan kinerja pada lingkungan satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kinerja terhadap kinerja operator sekolah. Penelitian ini dilakukan pada 160 operator sekolah dasar pada lima kecamatan wilayah Administrasi Jakarta Timur I. Pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling berdasarkan rumus slovin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur). Temuan pada penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja tenaga operator sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga operator sekolah dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah sebesar 18,53%. Kemudian kepuasan kerja mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja tenaga operator sebesar 27,31%. Lalu terhadap pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja sebesar 40,01%. Maka terdapat relevansi kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja merupakan faktor penting dalam menentukan efektivitas kinerja operator sekolah dasar di wilayah Administrasi Jakarta Timur I, dengan efek gabungan keduanya memainkan peran yang signifikan dalam membentuk lingkungan kerja secara keseluruhan dan hasil.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahfas, Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2018). Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Implementasi Absensi Sidik Jari. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 6(4), 192–197. http://etheses.uin-malang.ac.id/16928/1/15170044.pdf

Farwitawati, R., & Fithrie, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. 0761.

Ghaffari, S., Mad Shah, I., Burgoyne, J., Nazri, M., & Rezk Salleh, J. (2017). The Influence of Motivation on Job Performance: A Case Study at Universiti Teknologi Malaysia. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 11(4), 92–99. https://ssrn.com/abstract=2969825http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Handayani, N., Nyoto, & Panjaiatan, H. P. (2023). Prosiding Seminar Nasional Akuntansi, Bisnis dan Manajemen (SENABIMA) Volume 1, Nomor 1, Maret 2023, halaman 82-95 Pengaruh. 1(1), 82–95. https://doi.org/https://doi.org/10.35145/senabima.v1i1.3503

Haris, Amin. (2018). Kepemimpinan pendidikan : teori, studi kasus dan aplikasi . Bandung: Alfabeta.

Imron A, Bagus, D. Imron, Ali. (2019). “Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Tenaga Kependidikan”. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan. 2(1).10-16

Kalkan, Ü., Altınay Aksal, F., Altınay Gazi, Z., Atasoy, R., & Dağlı, G. (2020). The Relationship Between School Administrators’ Leadership Styles, School Culture, and Organizational Image. SAGE Open, 10(1). https://doi.org/10.1177/2158244020902081

Mathew, P., Song, J., Ferch, S. R. (2022). Global Servant-Leadership : Wisdom, Love, and Legitimate Power in the Age of Chaos. London: Rowman & Littlefield Publishing Group.

Nurjanah, P., Umkabu, T., & Pratiwi, D. (2023). Peran Operator Sekolah dalam Pengelolaan Sistem Data Pokok Pendidikan di SMA Negeri 4 Jayapura. KARIWARI SMART: Journal of Education Based on Local Wisdom, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v3i1.458

Okechukwu, W. (2017). Influence of Training and Development , Employee Performance on Job Satisfaction Among the Staff of School of Technology Management and Logistics, University Utara Malaysia (STML, UUM). Journal of Technology Management and Business, 04(01), 1–16.

Priansa, Donni Juni. (2017). Manajemen kinerja kepegawaian dalam pengelolaan SDM perusahaan. Bandung: Pustaka Setia.

Priansa, Donni Juni, Somad, Rismi. (2021). Manajemen supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah. Bandung: Alfabeta.

Pristiyanti, C. D. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(1), 173–183.

Sembiring, M., Jufrizen, & Tanjung, H. (2021). “Efek Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4, Vol. 4, No. 1, hal. 131–144.

Setyowati, R. D., Uyun, M., & Isnaini, M. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Operator Smk. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 141–149.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Asir, M., Yusuf, M., & Ardianto, R. (2022). The Impact Of Compensation, Motivation And Job Satisfaction On Employee Performance In The Company: A Review Literature Universitas PGRI Semarang 1 , Universitas Cipasung Tasikmalaya 2 , Politeknik LP3I Makassar 3 STIA Bandung 4 , Universitas Pertiwi 5 su. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 3476–3482. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah : tinjauan teoretik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widia, A., & Rusdianti, E. (2020). PENGARUH DISPLIN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN TAMBAHAN PENGHASILAN PEGAWAI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(3), 1–29.

Widodo, Hendro, Nurhayati, Etyk. (2020). Manajemen pendidikan : sekolah, madrasah, dan pesantren. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
02-05-2024
How to Cite
Fetia Nurul Hidayat, Karnati, N., & Madhakomala. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Operator Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Jakarta Timur I. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1551-1564. https://doi.org/10.58230/27454312.649