Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Biologi SMA Se-Kartasura dalam Menyusun Modul Ajar
Abstract
Peran guru dalam pendidikan dibuktikan melalui guru yang berkualitas dan kompeten sesuai bidang ilmunya di setiap jenjang pendidikan. Hasil UKG (Uji Kompetensi Guru) oleh kemendikbud dinilai masih kurang memenuhi kriteria, sehingga kompetensi guru masih memiliki kelemahan dan perlu dievaluasi secara mendalam mengenai kemampuan guru pada pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan CK, PK, dan PCK guru biologi dilihat dari penyusunan modul ajar kurikulum merdeka. Metode penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan data. Penelitian dilaksanakan di lima sekolah menengah atas se-Kartasura. Subjek penelitian ini adalah guru biologi kelas X di SMA se-Kartasura tahun ajaran 2023/2024. Objek penelitian meliputi kemampuan PCK guru biologi dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara, kemudian data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa kemampuan CK guru biologi termasuk sangat baik (91,67%), pengetahuan pedagogi yang menunjang kelancaran proses pembelajaran termasuk baik (76,43%), dan kemampuan PCK guru termasuk sangat baik (81,67%). Dengan demikian simpulan yang dapat dikemukakan adalah bahwa kemampuan guru biologi SMA se-Kartasura dalam menyusun modul ajar termasuk sangat baik (81,67%), artinya guru telah mampu mengintegrasikan pedagogi sesuai dengan kontennya, namun kemampuan pengetahuan pedagogi masih perlu ditingkatkan.
Metrics
References
Abdurrahman, A. (2015). Guru sains sebagai inovator (merancang pembelajaran sains inovatif berbasis riset).
Adi Putra, M. J., Widodo, A., & Sopandi, W. (2017). Science Teachers’ Pedagogical Content Knowledge and Integrated Approach. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012144. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012144
Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., Pamungkas, I., & Susiati, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90–98. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.18215
Agustina, P., & Yudiantari, A. L. (2023). Analisis PCK Guru IPA Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 20(1), 80–86.
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Alberida, H., Rahmi, Y. L., Fuadiyah, S., & Fadilah, M. (2023). Assessing Science Teachers’ Pedagogical Content Knowledge (PCK) in the Context of Understanding about Instructional Strategies. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9698–9703. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.3260
Aliah, N., & Saddia, A. (2023). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Fisika SMA/MA Berdasarkan Masa Kerja di Kabupaten Majene. Science, and Technology (J-HEST, 5, 2685–1792. https://doi.org/10.36339/j-hest.v5i2.98
Andriani, S., Hidayat, S., & Indawan, I. (2021). Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 457–471. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2849
Ariyati, E. (2018). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Biologi Menyusun RPP pada Praktik Microteaching. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 82. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.839
As’adud Tabi’in, K. G. (2016). dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Jurnal Al-Thariqah Vol, 1.
Ashifa, R., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Strategi Pembangunan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. Academy of Education Journal, 12(2), 215–226. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.682
Asmal, M. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), 5413–5420.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Candra, P. N., Soepriyanto, Y., & Praherdhiono, H. (2020). Pedagogical Knowledge (PK) guru dalam pengembangan dan implementasi rencana pembelajaran. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 166–177.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Ekawati, M., & Sohriati, E. (2019). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP. Jurnal Biogenerasi, 4(2), 18–23.
Fariyani, Q., Mubarok, F. K., Masfu’ah, S., & Syukur, F. (2020). Pedagogical Content Knowledge of Pre-service Physics Teachers. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 99–107. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v9i1.3409
Hariyatmi, H., & Luthfia, A. R. (2020). Profil Soal Ulangan Biologi SMA di Kecamatan Kartasura dari Perspektif HOTs.
Hatta, M. (2017). Unsur-Unsur Dinamis Pembelajaran Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Siswa MTs. Manajemen Pendidikan, 12(1), 38–47. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2973
Hutapea, R. H., & PAK, S. (2022). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik.
Idris, I. S., Bahri, A., & Putriana, D. (2018). Pemberdayaan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran biologi melalui PBL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 647–651.
Indriyani, A. E., & Hariyatmi, H. (2023). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Sragen dalam Menyusun Modul Ajar Tahun Ajaran 2022/2023. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 831. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i1.8311
Kastutik, A. W., & Hariyatmi, H. (2017). Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo.
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178
Marvia Afrita, & Rahmawati Darussyamsu. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Mangifera Edu, 4(2), 129–142. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Mohajan, H. K. (2018). Qualitative research methodology in social sciences and related subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23–48.
Mufida, A. Al, & Widodo, A. (2021). Analisis kedalaman dan keterkaitan antar konsep pada pembelajaran IPA di masa pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.40887
Muhyidin, K., Ekawati, R., & Sofro, A. (2022). Analisis Keyakinan Tentang Matematika Dan Pengetahuan Konten Pedagogik Matematika Calon Guru Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.25139/smj.v10i1.3939
Mujiwanto, M., Murtono, M., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pati Untuk SMP/MTS. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 425–442. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5520
Muthmainnah, A., Rahma, D., Ashifa, R., Rohmah, S., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9325–9332.
Nashrullah, M., Sartika, S. B., & Efendi, N. (2022). The Analysis of Pedagogical Content Knowledge (PCK) at Natural Science Teachers in SMP Negeri 4 Sidoarjo. SEJ (Science Education Journal), 6(1), 49–59. https://doi.org/10.21070/sej.v6i1.1622
Nathasia, H., & Abadi, M. (2022). Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(3), 227–245.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Nofiani, M., & Julianto, T. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Magang Pembelajaran terhadap Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 577–582.
Nuraeni, A., Nana, N., & Surahman, E. (2022). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika dalam Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.4909
Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Obizoba, C. (2015). Instructional design models--framework for innovative teaching and learning methodologies. International Journal of Higher Education Management, 2(1).
Pratiwiningrum, F. M., Hairida, H., Sartika, R. P., Masriani, M., & Rasmawan, R. (2023). Deskripsi Kemampuan Guru dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Aktif dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 8096–8105. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3675
Priadi, M. A., Jalmo, T., Maulina, D., & Sudarto, S. (2022). Analisis Kesesuaian Buku Teks IPA SMP Dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(1), 18–29.
Purwoko, R. Y. (2017). Analisis kemampuan content knowledge mahasiswa calon guru matematika pada praktek pembelajaran mikro. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 55–65.
Rahayuningtyas, A., Rohmah, W., & Maryadi, M. (2023). Implementation of TPACK-Oriented Thematic Learning at SD Muhammadiyah 11 Mangkuyudan Surakarta. Jurnal Pendidikan Amartha, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.57235/jpa.v2i1.387
Ramli, M., Widoretno, S., Dwiastuti, S., Sugiharto, B., Prayitno, B. A., Mumpuni, K. E., Prabowo, C. A., Auliananda, S. S., Basuki, Z. A. Y., & Ciptaningrum, P. A. (2023). Peningkatan Pemahaman Penyusunan RPP dan Asesmen Berbasis Learning Progression bagi Guru Biologi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 338–349. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i2.357
Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92–102.
Ruslan, Sahid, & Pratiwi, N. I. (2022). Ability Analysis of Pedagogical Content Knowledge of Prospective Teacher Students Majoring in Mathematics. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 72–79. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline747
Samitra, D., & Hadiwinarto, H. (2022). Evaluasi Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Biologi untuk Menjadi Guru. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3041
Santosa, M. H. (2022). Integrasi Teknologi di Konteks Pembelajaran Hibrida dan Fleksibel. Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Guru-Guru Di Indonesia, 1.
Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Profil kemampuan pedagogical content knowledge (PCK) calon guru biologi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 68–74.
Suryosubroto, B. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah Jakarta: PT. In Rineka Cipta.
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technologigal, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Syudirman, S., & Saputra, A. (2020). Konsep Higher Oorder Of Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran Tematik di SD/MI. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 133–143. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.557
Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar, H. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 380–391.
Unaida, R., & Fakhrah, F. (2022). Studi Evaluasi Kemampuan Tpack (Technologycal, Pedagogical, and Content Knowledge) Guru Biologi Sma/Ma Kecamatan Dewantara. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 77–83.
Vázquez-Bernal, B., Mellado, V., & Jiménez-Pérez, R. (2022). The long road to shared PCK: A science teacher’s personal journey. Research in Science Education, 52(6), 1807–1828.
Widodo, A., Maria, R. A., & Fitriani, A. (2017). Constructivist Learning Environment During Virtual and Real Laboratory Activities. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 9(1), 11. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v9i1.7959
Wilson, S. M., Floden, R. E., & Ferrini-Mundy, J. (2002). Teacher preparation research: An insider’s view from the outside. Journal of Teacher Education, 53(3), 190–204.
Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Kondisi Psikologi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 51. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4392
Wulandari, M. R., & Iriani, A. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 177–189. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p177-189
Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Copyright (c) 2024 Anggie Iim Setyoningsih, Hariyatmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.