Analisis Konsep Nasionalisme dalam Pemikiran Johannes Leimena: Perspektif Sejarah dan Politik

  • Fricean Tutuarima Universitas Pattimura
  • Fatimah Sialana Universitas Pattimura
  • Rovi Muskitta Universitas Pattimura
Keywords: Nasionalisme, Johannes Leimena, Generasi Muda

Abstract

Penelitian ini menganalisis konsep nasionalisme Johannes Leimena, dengan fokus pada bagaimanan pemikirannya relavan bagi generasi muda di Maluku. Melalui studi kepustakaan pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa Nasionalisme Johannes Leimena bersumber pada keadilan yang sama diperjuangkan bangsa-bangsa. Keberagaman budaya dan agama di Indonesia bukanlah penghalang untuk mencapai persatuan nasional. Sebaliknya, ia melihat keberagaman sebagai kekayaan yang dapat memperkuat dan memperkaya bangsa. Melalui pemikiran nasionalisme Johannes Leimena mencerminkan nilai-nilai yang tak ternilai dan relevan bagi pembentukan identitas bangsa Indonesia. Keberpihakannya terhadap Indonesia telah menciptakan jejak inspiratif, memberikan kontribusi nyata terhadap semangat kebangsaan. Terlebih, generasi muda memiliki kesempatan untuk mengadopsi sikap dan nilai-nilai tersebut, menggambarkan suatu kesinambungan antar generasi dalam mewujudkan rasa cinta tanah air. Pemikiran Johannes Leimena tentang nasionalisme dapat diperkuat melalui jejaring edukatif dengan langkah memperkenalkan atau mempromosikan ide atau pemikiran, karya, dan dedikasi Johannes Leimena melalui diskusi terbuka. Diperlukan peran pemerintah khususnya di Maluku agar dapat turut serta dalam menginisiasi forum-forum diskusi publik, seminar, dan konferensi yang memfasilitasi pertukaran gagasan nasionalisme Leimena.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akmaluddin. (2019). Latihan Dasar Kepemimpinan Pada Remaja Dan Pemuda Sekota Banda Aceh Dan Sekitarnya Basic Training of Leadership in Youth and Youth Banda Aceh City and Surrounding Areas. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pendidikan) (Vol. 1, Issue 2).

C.M. Pattiruhu, S. H., Brigjen dr. Frans Pattiasina, Prof. Dr. Jacob Elfinus Sahetapy, S. H. A. , Drs. John Pattikayhatu, Pendeta dr. Mesakh Tapilatu, M. Th., Reoslan Abdoelgani, Pendeta Dr. Peter Tanamal, & Pendeta Dr. Zakaria J. Ngelow, M. Th. ,. (2017). INSPIRATOR DARI TIMUR Jejak Pemikiran dan Perjuangan Johannes Latuharhary - Johannes Leimena (Marthin. J. Maspaitela, Simon. P. Soegijono, S. Gaspersz, S. Salenussa, R. Soplanit, F. Lusikooy, & M. Manuputty, Eds.; 1st ed.). UKIM PRESS - AMBON.

Darmansyah, & Momon Abdul Rahman. (2006). Johannes Leimena : Mutiara dari Maluku: Vol. Cetakan 1. Museum Sumpah Pemuda.

Ferry Taufiq. (2018). Wasiat-Wasiat Revolusioner Bung Karno. Araska.

Hardiana Oktaviasari, S., & Rahmatika Chalimi. (n.d.). Analisis Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Nasionalisme Dalam Pembelajaran PPKn Kelas VIII SMPN 3 Simpang Hulu.

Khanh, L. Q., & Trang, N. T. H. (2023). THE CONCEPT OF NATIONALISM AND ITS DEVELOPMENT IN VIETNAM. Journal of Law and Sustainable Development, 11(5). https://doi.org/10.55908/SDGS.V11I5.484

Kustiami. (1999). Peranan Kapitan Pattimura Dalam Perjuangan Rakyat Maluku Menghadapi Kolonialisme Belanda Tahun 1817. Universitas Jember.

Nafani Anjali Elma. (2023). KONTRIBUSI MARTHA CHRISTINA TIAHAHU DALAM PERANG PATTIMURA TAHUN 1817. Univerisitas Islam Indonesia.

Nagazumi, A. (1989). Bangkitnya nasionalisme Indonesia : Budi Utomo 1908-1918 (Cetakan 1).

Renan, E. (2018). What is a nation? And other political writings. In What Is a Nation? and Other Political Writings. Columbia University Press.

Rochmat, S., Trisnawati, D., & Pd, M. (2017). PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 WATES, KULON PROGO (Vol. 13).

Sanusi, A. R., & Sofyan, F. S. (2020). Implementasi pendidikan politik Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Karawang dalam menumbuhkan pemahaman nasionalisme generasi muda Nahdatul Ulama. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 185–194. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.22016

Simatupang, A., Sirait, J. R., Pieris, J., Doloksaribu, M., Saragi, M., Lalu, N. G., Silaen, V., & Jagau, Y. (2018). DR. Johannes Leimena: Negarawan Sejati dan Politisi Berhati Nurani (Cetakan 2 (Revisi)). PT BPK Gunung Mulia.

Susanti, A. D. (2015). Pola Partisipasi Warga dalam Pengembangan Desa Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang (Vol. 15, Issue 1).

Taat, W. (2010). jurnal+istoria. Pembelajaran IPS Sebagai Media Penanaman Nasionalisme, VIII, 75–85.

Talahatu Marchian. (2020, June 15). Orang Maluku Dan Kebangkitan Nasional : Sepetak Sejarah Yang Terlupakan? 2020. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbmaluku/orang-maluku-dan-kebagkitan-nasional-sepetak-sejarah-yang-terlupakan/

Tutuarim, F., Nindatu, A., & Sialana, F. (2020). Civic Virtue in the Teaching and Learning of Islands’ Customary Law Through the Project Citizen Model to Strengthen National Identity.

Tutuarima, F., Abdulkarim, A., Suryadi, K., & Rahmat, R. (2018). When Maluku Ethnic Group Says: I am Indonesia.

Tutuarima, F., & Nindatu, A. (2023). The Civic Disposition of Maluku Ethnicity in Indonesian Nationalism as a Form of Civic Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 4271–4278. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3781

Ar Razy, M. R. O. (2021). The Sekar Rukun Association: Struggle of the Sundanese Youth National Movement Era (1919-1931). Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(2), 159–172. https://doi.org/10.17509/historia.v4i2.32045

Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Issue 33).

Published
14-04-2024
How to Cite
Tutuarima, F., Sialana, F., & Muskitta, R. (2024). Analisis Konsep Nasionalisme dalam Pemikiran Johannes Leimena: Perspektif Sejarah dan Politik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1393-1404. https://doi.org/10.58230/27454312.630