Tingkat Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Tersertifikasi

  • Masding Masding Universitas Pejuang Republik Indonesia
Keywords: Profesionalisme, Guru, Sertifikasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang tingkat profesionalisme guru SD yang telah tersertifikasi di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar; memperoleh informasi tentang pengembangan   profesionalisme berkelanjutan bagi guru SD tersertifikasi dalam di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar; memperoleh informasi tentang faktor-faktor yang mendukung  dan menghambat peningkatan  profesionalisme guru SD tersertifikasi di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar dan beberapa sekolah dalam wilayah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian dilaksankaan selama tiga bulan yaitu dimulai bulan November 2014 sampai bulan Januari 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD tersertifikasi di wilayah UPTD Pendidikan Kecamatan Manggala Kota Makassar yang berjumlah 223 orang, dan sampel berjumlah 69 orang guru SD tersertifikasi. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi (data primer dan data sekunder). Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan mendeskripsikan dan mencari atau menghitung persen setiap peningkatan profesionalisme guru SD tersertifikasi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ajiegoena, A. M. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pedagogia, 1 (2), 145-151.

Ali, Muhammad. (1987). Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategis. t.c; Bandung: Angkasa,

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Cet. XII; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL-QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). Retrieved from https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alqayyimah/article/view/786

B. Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Buchori, Mochtar. Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan dalam Renungan. Cet. I; Jakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1994.

Daradjat, Zakiah. (1996). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. al-Quran dan Terjemahnya. t.tc; Jakarta: tp, 1971.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2002). Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Cet. II; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Firman, F. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.

Hamalik, Oemar. (2001) Proses Belajar Mengajar. Cet. I; Jakarta: PT. Bumi Aksara

Imron, Ali. (1996) Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara.

Nurudin. (2004) Sistem Komunikasi Indonesia. Cet. I; Jakarta: PT. Remaja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Cet. II; Jakarta: Kencana

Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur [Masters, STAIN/ IAIN Palopo]. In IAIN Palopo. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/1145/

Padallingan, Y., Mufidah, A., Munawir, A. (2017). Pengimplementasian Model Pembelajaran PDOEDE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 4 (50), 526-533. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/910

Published
04-02-2019
How to Cite
Masding, M. (2019). Tingkat Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Tersertifikasi . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.62