Pengaruh Tajribi Sebagai Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Tabayyun Siswa
Abstract
Kemudahan akses informasi melalui berbagai media telah memudahkan individu untuk menemukan apa yang mereka cari. Namun, hal ini juga menyebabkan menjamurnya informasi palsu atau hoaks. Al-Qur'an memperkenalkan konsep tabayyun, yang berarti mencari kejelasan atas sesuatu, termasuk informasi. Penelitian ini menguji pengaruh model pembelajaran tajribi (Latihan atau pengamalan) terhadap kemampuan tabayyun siswa dalam konteks pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Jumlah sampel terdiri dari 27 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tajribi berpengaruh terhadap kemampuan tabayyun siswa, yang ditunjukkan dengan hasil uji independent sample t-test menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26 for Windows. Data yang diperoleh, dengan taraf signifikansi 0,05, menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), sehingga menolak H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran tajribi terhadap kemampuan tabayyun siswa, dan menerima H1 yang menyatakan sebaliknya. Namun demikian, penelitian lebih lanjut dengan waktu penelitian yang lebih lama dan berulang-ulang perlu dilakukan untuk mengembangkan tabayyun sebagai suatu kebiasaan di kalangan siswa. Selain itu, model pembelajaran tajribi dapat dikombinasikan dengan berbagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi.
Metrics
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (Jime), 8(3), 2476–2482. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V8i3.3800/Http
An Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam Di Sekolah Dan Masyarakat (E. Erinawati, D. Shihabuddin, & E. Abdullah, Eds.; 1st Ed., Vol. 1). Gema Insani Press.
Ansari, A. (2022). Supervision Of Education In The Qur’an Perspective. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 159–168. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.18592/Moe.V8i2.7325
Apriana, W. N., & Ridwan, A. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Sdn Cijambe. Jurnal Krakatau : Indonesian Of Multidisciplinary Journals, 1(1), 15–26. Http://Jurnal.Desantapublisher.Com/Index.Php/Krakatau/Index
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 2599–2481. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Tarbawy/Index
Biro Humas Kementerian Kominfo. (2023, April 6). Triwulan Pertama 2023, Kominfo Identifikasi 425 Isu Hoaks.
Masri, D., & Warsodirejo, P. P. (2023). The Implementation Of The Tabayyun Concept In Learning Islam To Enhance Attitudes Of Religious Moderation. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 853–862. Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V15i1.2592
Muqit, A. A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa: Studi Kasus Di Sd Al-Bayan Islamic School Tangerang Selatan. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 227–240. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V5i02.791
Nur, A., Fauziah, S., Halid, Y., Matuzzuhrah, N., Sukardi, A., Komunikasi, P. S., & Islam, P. (2022). Makna Tabayyun Terhadap Berita Dari Media Sosial Youtube Perspektif Q.S Al-Hujarat Ayat 6 Dalam Tafsir Al-Misbah. Gunung Djati Conference Series, 8.
Purnama, R. F. (2021). The Concept Of Tabayyūn In The Qur’ān: Efforts To Address The Spread Of Information On Social Media. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 6(1), 40–58. Https://Doi.Org/10.32505/At-Tibyan.V6i1.2372
Rafsanjani, B. (2018). Sikap Tabayyun Dalam Al-Qur’an Menurut Mufassir Dan Kontekstualisasi Pada Problematika Pemberitaan Media Sosial.
Ramadansur, R., Sutomo, E., Rizky, R., & Sembiring, A. K. (2023). Exploring The Efficacy Of Inquiry-Based Learning For The Human Respiratory System: Student Achievement In A High School Setting. Jurnal Pendidikan, 12(2), 2023. Https://Doi.Org/10.24239/Pdg.Vol11.Iss1.Xxx
Riza, M. (2021). Information Literacy As An Implementation Of Tabayun Concept In Islam. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 201. Https://Doi.Org/10.29240/Tik.V5i2.2866
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.; 3rd Ed.). Alfabeta.
Syahidin. (2019). Aplikasi Metode Pendidikan Qurani Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah (M. I. Firmansyah, Y. Mulyadi, & D. Junaedi, Eds.; 2nd Ed.). Upi Press.
Zain, G. (2017). Konsep Tabayun Dalam Islam Dan Kaitannya Dengan Informasi. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 9(1), 57–72.
Copyright (c) 2024 Ridwan M Soleh, Syahidin, Wawan Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.