Pengaruh Tajribi Sebagai Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Tabayyun Siswa

  • Ridwan M Soleh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syahidin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wawan Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran, Tajribi, Tabayyun

Abstract

Kemudahan akses informasi melalui berbagai media telah memudahkan individu untuk menemukan apa yang mereka cari. Namun, hal ini juga menyebabkan menjamurnya informasi palsu atau hoaks. Al-Qur'an memperkenalkan konsep tabayyun, yang berarti mencari kejelasan atas sesuatu, termasuk informasi. Penelitian ini menguji pengaruh model pembelajaran tajribi (Latihan atau pengamalan) terhadap kemampuan tabayyun siswa dalam konteks pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Jumlah sampel terdiri dari 27 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tajribi berpengaruh terhadap kemampuan tabayyun siswa, yang ditunjukkan dengan hasil uji independent sample t-test menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26 for Windows. Data yang diperoleh, dengan taraf signifikansi 0,05, menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), sehingga menolak H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran tajribi terhadap kemampuan tabayyun siswa, dan menerima H1 yang menyatakan sebaliknya. Namun demikian, penelitian lebih lanjut dengan waktu penelitian yang lebih lama dan berulang-ulang perlu dilakukan untuk mengembangkan tabayyun sebagai suatu kebiasaan di kalangan siswa. Selain itu, model pembelajaran tajribi dapat dikombinasikan dengan berbagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi.

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Syahidin, Universitas Pendidikan Indonesia

Guru Besar Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia

Wawan, Universitas Pendidikan Indonesia

Dosen Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (Jime), 8(3), 2476–2482. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V8i3.3800/Http

An Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam Di Sekolah Dan Masyarakat (E. Erinawati, D. Shihabuddin, & E. Abdullah, Eds.; 1st Ed., Vol. 1). Gema Insani Press.

Ansari, A. (2022). Supervision Of Education In The Qur’an Perspective. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 159–168. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.18592/Moe.V8i2.7325

Apriana, W. N., & Ridwan, A. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Sdn Cijambe. Jurnal Krakatau : Indonesian Of Multidisciplinary Journals, 1(1), 15–26. Http://Jurnal.Desantapublisher.Com/Index.Php/Krakatau/Index

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 2599–2481. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Tarbawy/Index

Biro Humas Kementerian Kominfo. (2023, April 6). Triwulan Pertama 2023, Kominfo Identifikasi 425 Isu Hoaks.

Masri, D., & Warsodirejo, P. P. (2023). The Implementation Of The Tabayyun Concept In Learning Islam To Enhance Attitudes Of Religious Moderation. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(1), 853–862. Https://Doi.Org/10.35445/Alishlah.V15i1.2592

Muqit, A. A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa: Studi Kasus Di Sd Al-Bayan Islamic School Tangerang Selatan. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 227–240. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V5i02.791

Nur, A., Fauziah, S., Halid, Y., Matuzzuhrah, N., Sukardi, A., Komunikasi, P. S., & Islam, P. (2022). Makna Tabayyun Terhadap Berita Dari Media Sosial Youtube Perspektif Q.S Al-Hujarat Ayat 6 Dalam Tafsir Al-Misbah. Gunung Djati Conference Series, 8.

Purnama, R. F. (2021). The Concept Of Tabayyūn In The Qur’ān: Efforts To Address The Spread Of Information On Social Media. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 6(1), 40–58. Https://Doi.Org/10.32505/At-Tibyan.V6i1.2372

Rafsanjani, B. (2018). Sikap Tabayyun Dalam Al-Qur’an Menurut Mufassir Dan Kontekstualisasi Pada Problematika Pemberitaan Media Sosial.

Ramadansur, R., Sutomo, E., Rizky, R., & Sembiring, A. K. (2023). Exploring The Efficacy Of Inquiry-Based Learning For The Human Respiratory System: Student Achievement In A High School Setting. Jurnal Pendidikan, 12(2), 2023. Https://Doi.Org/10.24239/Pdg.Vol11.Iss1.Xxx

Riza, M. (2021). Information Literacy As An Implementation Of Tabayun Concept In Islam. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 201. Https://Doi.Org/10.29240/Tik.V5i2.2866

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.; 3rd Ed.). Alfabeta.

Syahidin. (2019). Aplikasi Metode Pendidikan Qurani Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah (M. I. Firmansyah, Y. Mulyadi, & D. Junaedi, Eds.; 2nd Ed.). Upi Press.

Zain, G. (2017). Konsep Tabayun Dalam Islam Dan Kaitannya Dengan Informasi. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 9(1), 57–72.

Published
16-05-2024
How to Cite
Soleh, R. M., Syahidin, & Hermawan, W. (2024). Pengaruh Tajribi Sebagai Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Tabayyun Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2309-2320. https://doi.org/10.58230/27454312.614