Kemandirian Belajar Ditinjau dari Efikasi Diri Pada Mahasiswa Fakultas Sosial Sains Program Studi Ilmu Hukum Universitas Panca Budi Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kemandirian belajar pada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panca Budi Medan. Sebanyak 257 dari 1024 mahasiswa dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar (r = 0,379, p < 0,05). Artinya, semakin tinggi efikasi diri mahasiswa, semakin tinggi pula tingkat kemandirian belajarnya. Mayoritas mahasiswa (89,15%) memiliki tingkat kemandirian belajar sedang. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang belum memiliki kemampuan untuk belajar mandiri secara optimal. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar antara lain: motivasi belajar, strategi belajar, keterampilan belajar, dukungan dosen, dan fasilitas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kemandirian belajar mahasiswa. Meningkatkan efikasi diri dapat membantu meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa.
Metrics
References
Azwar. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Elizabeth Patras, Y., Horiah, S., Saeful Zen, D., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Edum Journal, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i2.99
Fikriyah, A. A., & Saripah, I. (2023). Profil kemandirian belajar remaja dan implikasinya bagi layanan bimbingan konseling. Guidena: Jurnal Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 225–235.
Haerani, I., Khairun, D. Y., & Conia, P. D. D. (2020). Profil Kemandirian Belajar Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,”4(2), 179–199. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i2.7665
Juz Indrianti, Muh Daud, & Novita Maulidya Djalal. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Di SMKN 3 Pangkep. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 154–166. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i1.1104
Lubis, N. J. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dengan Psychological Well-Being Remaja Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washiliyah 22 Tembuh Deli Serdang.
Mulyaningsih, I. (2013). Alternatif model pembelajaran dengan. Jurnal Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 19–20.
Pusdiklat, K. (2016). Modul 01 Identifikasi Kebutuhan Belajar Pendidikan. Jakarta: Kepala Pusdiklat Pegawai.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.
Yudihartanti, Y. (2017). Analisa Korelasi Mata Kuliah Penelitian Dengan Tugas Akhir Menggunakan Model Product Moment. Jurnal Ilmiah Komputer, 13(2), 1691–1696.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Zamroni, M., & Herianto, A. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (Ips Terpadu) Pada Materi Lingkungan Hidup di Kelas VIII MTs. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian …, 6(2), 1–6. https://journal.ummat.ac.id/index.php/geography/article/view/1416%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/geography/article/viewFile/1416/1110
Copyright (c) 2024 Eltalina Tarigan, Sri Hartini, Satria Jujuan Hairumansyah, Natali Gressia Angelina Nasution, Febby Claudia, Fika Tarigan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.