Kemandirian Belajar Ditinjau dari Efikasi Diri Pada Mahasiswa Fakultas Sosial Sains Program Studi Ilmu Hukum Universitas Panca Budi Medan

  • Eltalina Tarigan Universitas Prima Indonesia
  • Sri Hartini Universitas Prima Indonesia
  • Satria Jujuan Hairumansyah Universitas Prima Indonesia
  • Natali Gressia Angelina Nasution Universitas Prima Indonesia
  • Febby Claudia Universitas Prima Indonesia
  • Fika Tarigan Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia
Keywords: Efikasi diri, Kemandirian belajar, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan kemandirian belajar pada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panca Budi Medan. Sebanyak 257 dari 1024 mahasiswa dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar (r = 0,379, p < 0,05). Artinya, semakin tinggi efikasi diri mahasiswa, semakin tinggi pula tingkat kemandirian belajarnya. Mayoritas mahasiswa (89,15%) memiliki tingkat kemandirian belajar sedang. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang belum memiliki kemampuan untuk belajar mandiri secara optimal. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar antara lain: motivasi belajar, strategi belajar, keterampilan belajar, dukungan dosen, dan fasilitas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kemandirian belajar mahasiswa. Meningkatkan efikasi diri dapat membantu meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar mahasiswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Azwar. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Elizabeth Patras, Y., Horiah, S., Saeful Zen, D., & Hidayat, R. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Edum Journal, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i2.99

Fikriyah, A. A., & Saripah, I. (2023). Profil kemandirian belajar remaja dan implikasinya bagi layanan bimbingan konseling. Guidena: Jurnal Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 225–235.

Haerani, I., Khairun, D. Y., & Conia, P. D. D. (2020). Profil Kemandirian Belajar Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,”4(2), 179–199. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i2.7665

Juz Indrianti, Muh Daud, & Novita Maulidya Djalal. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Di SMKN 3 Pangkep. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 154–166. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i1.1104

Lubis, N. J. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dengan Psychological Well-Being Remaja Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washiliyah 22 Tembuh Deli Serdang.

Mulyaningsih, I. (2013). Alternatif model pembelajaran dengan. Jurnal Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 19–20.

Pusdiklat, K. (2016). Modul 01 Identifikasi Kebutuhan Belajar Pendidikan. Jakarta: Kepala Pusdiklat Pegawai.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Syamsuryadin, S., & Wahyuniati, C. F. S. (2017). Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.

Yudihartanti, Y. (2017). Analisa Korelasi Mata Kuliah Penelitian Dengan Tugas Akhir Menggunakan Model Product Moment. Jurnal Ilmiah Komputer, 13(2), 1691–1696.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zamroni, M., & Herianto, A. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (Ips Terpadu) Pada Materi Lingkungan Hidup di Kelas VIII MTs. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian …, 6(2), 1–6. https://journal.ummat.ac.id/index.php/geography/article/view/1416%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/geography/article/viewFile/1416/1110

Published
25-05-2024
How to Cite
Eltalina Tarigan, Sri Hartini, Satria Jujuan Hairumansyah, Natali Gressia Angelina Nasution, Febby Claudia, & Fika Tarigan. (2024). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Efikasi Diri Pada Mahasiswa Fakultas Sosial Sains Program Studi Ilmu Hukum Universitas Panca Budi Medan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2407-2418. https://doi.org/10.58230/27454312.611