Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendidik Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 3 Purwodadi
Abstract
Menciptakan kedisiplinan yang baik diawali dengan mengelola diri sendiri, khususnya bagi para pelajar. Ketidakdisiplinan siswa berdampak kepada jalannya pembelajaran yangsangat megganggu, sehingga perlu perannya guru untuk menanganinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi keterkaitan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan karakter disiplin peserta didik serta menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat yang mempebgaruhi peran Guru Pendidikan Agama Islam saat membina perilaku disiplin di SMP Negeri 3 Purwodadi. Metode Penelitian yang dipakai adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek yang terlibat yaitu Kepala Sekolah, Guru pendidikan agama Islam dan peserta didik. Adapun dalam pengumpulan data, peneliti memanfaatkan tiga metode pengumpulan data yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini mencakup, 1) guru memegang peranan penting untuk membina karakter kedisiplinan peserta didik dilaksanakan dengan memberlakukan hukuman untuk peserta didik yang terlambat saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, memberi hukuman untuk peserta didik yang tidak taat aturan, meningkatkan karakter disiplin peserta didik dengan aktivitas pengawasan ibadah siswa di sekolah. 2) Faktor yang mempengaruhi antara lain; faktor yang mendukung asalnya dari bantuan organisasi sekolah dan faktor yang menghambat yakni; lingkungan keluarga, sarana prasarana yang telah tersedia disekolah, dan kesadaran masing-masing peserta didik mengenai pendidikan karakter disiplin.
Metrics
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Anwar, S. M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Upaya Pembentukan Karakter Dispilin Dan Tanggung Jawab Anak Smp. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(1), 32–51.
Arifandi, A. S. D. (2017). Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.36835/edukais.2017.1.1.66-75
Arlia, G. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMA Negeri 2 Sungai Keruh Musi Banyuasin. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.19109/muaddib.v1i1.3040
Bunyamin, A., & Akil, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa. Journal of Gurutta Education (JGE), 2(2), 2023. http://www.pasca-umi.ac.id/index.php/jge/article/view/1401
Erlinung, N. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 417–426. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Fadhillah, Z. N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam Al Hidayah Jatiuwung Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 83–103. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.72
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Gunawan, W. B., Irhamudin, & Arifin, Z. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMAN 1 Punggur. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(4), 28–34.
Hanik, E. U., Yunita, V. D., Putri, H. C., Sirriyah, M. M., Machaasinaty, T., & Khasanah, F. N. (2022). Peran Guru dalam Menerapkan Nilai Karakter Kedisiplinan dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem. Masaliq, 2(1), 79–89. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.88
Ibrahim, R., Salim, A., Wismanto, & Abunawas. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1082–1088.
Ismail, I. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai karakter Peserta Didik. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 149–159. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.197
Maulida, A. (2018). Kompetensi Pendidik Dalam Perspektif M. Natsir. Al-Fikri:Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 39–46.
Najmuddin, Fauzi, I. (2019). Program Kedisiplinan Siswa Di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 183–206.
Nurhayati, D. (2020). The Implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian Schools: Opportunities and Challenges. Journal of Asian Education and Development Studies, 9(2), 252–264.
Oktavia, A., & Rahman, R. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 7 Payakumbuh. An-Nuha, 1(3), 220–233. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.75
Rianti, E., & Mustika, D. (2023). Peran Guru dalam Pembinaan Karakter Disiplin Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 360–373. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.325
Ridwan, A., Asmita, D., & Wulandari, N. P. (2023). Fungsi dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatkan Kedisiplinan Pelaksanakan Sholat Berjamaah Siswa. Journal on Education, 5(4), 12026–12042. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2164
Salamah, S. (2020). Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(1), 26–36. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v2i1.281
Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29752
Tsaqif Aufa, D., Darlis, A., Ali, F. W., Br Samura, W. R., & Ningsih, Y. (2023). Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 442–450. https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.3087
Zainuddin Abbas, Benny Prasetya, A. S. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo, 4(1), 447–458. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3756
Copyright (c) 2024 Tanzillal Ula Briliantara, Hakimuddin Salim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.