Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan metode Inquiry Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C di MTsN Palopo tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah keseluhan 28 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Tes yang digunakan merupakan cakupan dari seluruh kompetensi yang harus diketahui dan dimiliki seorang siswa pada setiap pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Terjadi peningkatan rentang nilai (skor perolehan) prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada siklus I 40 – 80 (rerata termasuk dalam kategori Cukup baik), menjadi 80 – 100 (kategori sangat baik) pada siklus II pada siswa kelas VII C MTsN Palopo. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry Based Learning terbukti secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di kelas VII C MTsN Palopo.
Metrics
References
Ahmad, Azhar. (1997). Strategi Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Ali, M. (2002). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesido.
Arman, S. (2003). Pendekatan Konsep. Pendekatan Prose dan Pendekatan Inquiry Based Learning dalam Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Diklat Makassar.
Depdikbud. (2002). Biro hukum dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, B.S & A. Zain. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Firman, F. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98
Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14
Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry
discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning,
Linguistics and Literature, 7(1).
Hamalik, Oemar, (2001). Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. (2000). Difaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: bumi Aksara.
Poerdarminta. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rostiyah, N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusyan, T. (1997). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Saptono, Sigit, (2002). Alat Ukur Keterampilan Proses sebagai Alternatif Pengukuran Keberhasilan Belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa SD. Fasilitator Vol. (2): 26-34.
Slameto. (1998). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Usman, MU. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Copyright (c) 2020 Ni'mah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.