Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo

  • Ni'mah Ni'mah MTs Negeri Palopo
Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Hasil Belajar, Inquiry Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan metode Inquiry Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C di MTsN Palopo tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah keseluhan 28 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar. Tes yang digunakan merupakan cakupan dari seluruh kompetensi yang harus diketahui dan dimiliki seorang siswa pada setiap pertemuan.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: Terjadi peningkatan rentang nilai (skor perolehan) prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa pada siklus I 40 – 80 (rerata termasuk dalam kategori Cukup baik), menjadi 80 – 100 (kategori sangat baik) pada siklus II pada siswa kelas VII C MTsN Palopo. Pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry Based Learning terbukti secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa  di kelas VII C MTsN Palopo.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmad, Azhar. (1997). Strategi Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ali, M. (2002). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesido.

Arman, S. (2003). Pendekatan Konsep. Pendekatan Prose dan Pendekatan Inquiry Based Learning dalam Pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Diklat Makassar.

Depdikbud. (2002). Biro hukum dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, B.S & A. Zain. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Firman, F. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98

Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14

Nurdin, K., Muh, H. S., & Muhammad, M. H. (2019). The implementation of inquiry

discovery learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning,

Linguistics and Literature, 7(1).

Hamalik, Oemar, (2001). Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S. (2000). Difaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: bumi Aksara.

Poerdarminta. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rostiyah, N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusyan, T. (1997). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Saptono, Sigit, (2002). Alat Ukur Keterampilan Proses sebagai Alternatif Pengukuran Keberhasilan Belajar Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa SD. Fasilitator Vol. (2): 26-34.

Slameto. (1998). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Usman, MU. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Published
02-11-2020
How to Cite
Ni’mah, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Pembelajaran Inquiry Based Learning di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 463-468. https://doi.org/10.58230/27454312.60