Optimalisasi Fokus: “Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA)”

  • Sri Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sunardi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Strategi Pembelajaran, Meningkatkan konsentrasi, Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme

Abstract

Studi ini mengulas tentang cara meningkatkan konsentrasi anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA), termasuk lingkungan yang mendukung, rutinitas yang jelas, pembelajaran visual, interaktif, bantuan audio, kolaborasi dengan spesialis, dan penguatan positif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menggunakan data sekunder seperti buku, jurnal, artikel, dan sumber lainnya yang relevan. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman tentang strategi pembelajaran yang efektif bagi anak dengan gangguan spektrum autisme untuk meningkatkan konsentrasi mereka melalui pendekatan pembelajaran yang disesuaikan. Implikasi praktis dari temuan ini dapat membantu guru, orang tua, dan praktisi pendidikan dalam merancang program pembelajaran yang lebih akomodatif dan mendukung perkembangan anak.

Metrics

Metrics Loading ...

References

_____ 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.

Adelina, F., Hanurawan, F., & Suhanti, I. Y. 2017. Hubungan Antara Prasangka Sosial Dan Intensi Melakukan Diskriminasi Mahasiswa Etnis Jawa Terhadap Mahasiswa Yang Berasal Dari Nusa Tenggara Timur. Jurnal Sains Psikologi Vol. 6 No. 1, 2.http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/949/741

American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (5th ed.). W ashington, DC: Author.

Andi Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Asra dan sumiati. 2007. Metode Pembelajaran Pendekatan Individual. Bandung: Ranca ekek Kencana.

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Jakarta

Corey, G. 2007. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. PT. Radika Aditama.

Daryanto. 2010. Belajar Dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya

Davison, G., Neale, J.M. & Kring, A.M. 2006. Psikologi Abnormal. Jakarta: PT raja Grafindo Persada

Dharmono. 2010. Buku Ajar Psikiatri. Jakarta: Badan Penerbit FKUI.

Efendi, M. 2008. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelaian. Jakarta: Bumi Angkasa.

Feldman, G. C., Joormann, J., & Johnson, S. L. 2008. Responses to Positive Affect: A self-report Measure of Rumination and dampening. Cognitive Therapy and Research, 32(4), 507–525. https://doi.org/10.1007/s10608-006-9083-0

Ginanjar, A.S. 2008. Panduan Praktis Mendidik Anak Autis: Menjadi Orangtua Istimewa. Jakarta: Dian Rakyat.

Hae, Yonathan, Year Rezeki Patricia Tantu, and Widiastuti Widiastuti. 2021. “Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (4): 1177–84.

Isnawati, Ruslia. 2020. Cara Kreatif dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gangguan Pemusatan Perhatian (ADHD). Jakarta: CV. Jakad Media Publishing

Kemendikbud. 2020. Pusat Statistik Sekolah Luar Biasa (1st ed.). Jakarta: Pusdatin Kemendikbud.

Krippendoff, Klaus. 1993. Analisis isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press

Mar'atullatifah, Yulaikha, and Nimas Ratnasari. 2023. "Penerapan Media Pembelajaran Untuk Anak Penderita Autisme Menggunakan Teknologi Augmented Reality". Jurnal Informasi dan Teknologi: 39-52.

Mardalis. 1999. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara

Marienzi, R. 2012. Meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka melalui metode multisensori bagi anak autis. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus,1(3)

Martin, G. & Pear, J. 2005. Behavior Modification: What It Is and How To Do It. New jersey: Pearson Prentice Hall

Nurfadhillah, S., Syariah, E. N., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S. 2021. Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota.BINTANG,3(3), 459-465.

Nurlina Ariani Hrp, Zulaini Masruro, Siti Zahara Saragih, Rosmidah Hasibuan, Siti Suharni Simamora, Toni. 2022. Buku Ajar dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung

Pear, J., & Martin, G. 2012. Behavior Modification, Behavior Therapy, Applied Behavior Analysis and Learning. Encyclopedia of the Sciences of Learning, January, 10–13. https://doi.org/10. 1007/978-1-4419-1428-6

Rahardja, D. Sujarwanto. 2010. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Surabaya: UD. Mapan

Sabarguna, B.S. 2005. Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI Press

Setyani, M. R., & Ismah, I. 2018. Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Prosiding Senamku, 1, 73-84.

Walinono, H .1999. Pendidikan Anak Tunagrahita Masa Sekarang dan Akan Datang. Yogyakarta: Makalah Seminar Nasional Cacat Mental, 23-25 Maret di SLB/D Pembinaan Yogyakarta.

Published
28-05-2024
How to Cite
Sri Rahmawati, & Sunardi. (2024). Optimalisasi Fokus: “Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Konsentrasi pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA)”. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2527-2534. https://doi.org/10.58230/27454312.599