Pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini
Abstract
Kegiatan literasi khususnya pengenalan huruf pada anak usia dini merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan tujuan untuk 1) mengetahui gambaran kebutuhan media interaktif augmented reality berbasis smartphone yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini, 2) mengetahui rancangan pengembangan media interaktif augmented reality yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini, 3) mengetahui kevalidan dan kepraktisan media interaktif augmented reality untuk meningkatkan literasi pada anak usia dini, dan 4) mengetahui efektivitas media interaktif augmented reality untuk meningkatkan literasi pada anak usia dini. Desain penelitian ini menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 7 orang guru dan 51 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran kebutuhan awal pengembangan media interaktif augmented reality berbasis smartphone diperoleh hasil bahwa rendahnya kemampuan awal anak dalam mengenali huruf, dan guru membutuhkan media augmented reality sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat menarik minat anak untuk pengenalan huruf, 2) rancangan pengembangan media interaktif augmented reality didesain dengan beberapa tahapan yakni: analisis kebutuhan media, pembuatan media interaktif augmented reality, penyusunan buku panduan penggunaan media, angket respon guru, dan lembar observasi penilaian kemampuan literasi anak usia dini. 3) tingkat kevalidan diperoleh hasil sebesar 3,6 dengan kategori sangat valid, dan tingkat kepraktisan diperoleh hasil sebesar 91,98% dengan kriteria sangat praktis. 4) efektivitas media interaktif augmented reality dianalisis dengan uji t diperoleh hasil p value 0.000 < 0.05, artinya media interaktif augmented reality efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini.
Metrics
References
Ayu, Lestari. R, Saman, Abdul, Musi. M.A, & Zainuddin, M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Boardgame Berbasis STIFIN Learning Dalam Menciptakan Pembelajaran Efektif, Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 5(2). 18-25. https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i2.4314
Direktorat Jenderal. (2009). Penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Herman, Rusmayadi, Herlina. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Taman Kanak-Kanak, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 557-559.
Kemendikbudristek. (2021). Buku Saku Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: Kemendikbudristek
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225-232. https://10.31004/obsesi.v3i1.178
Masmuzidin, M.Z., Aziz, N.A. (2018). The Current Trends of Augmented Reality in Early Childhood Education, journal of multimedia & its applications, 10(6), 47-58. https://doi.org/10.5121/Ijma.2018.10605
Murdy, K., & Wilyanita, N. (2023). Media Interaktif Augmented reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 211–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3795
Pan, Zilong, Lopez, M.F, Li, Chenglu & Liu, Min. (2021). Introducing augmented reality in early childhood literacy learning, Research in Learning Technology, vol 29, 1-21. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2539
Pratiwi, A. P., & Riyanto, J. (2022). Aplikasi Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented reality. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 4(2), 78–85. https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0402.382
Reynolds, A. J., & Candee, A. J. (2019). Dimensionality and Predictive validity of the Classroom Learning Activities Checklist in Prekindergarten. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 31(4), 381–407. https://doi.org/10.1007/s11092-019-09306-7
Rupnidah, R. & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Jurnal PAUD Agapedia 6 (1), 49-58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Kencana.
Sumaryanti, Lilis. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng, AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 3(1). 117-125 https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332
Suwoto, N. A. R. D. (2021). Aplikasi “Pengenalan Buah Dan Binatang” Berbasis Augmented reality Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.585
Wabdillah, W., & TK , I. (2018). Aplikasi Media Pembelajaran Lontara Bugis Pada Anak Usia Dini Menggunakan Augmented reality Berbasis Android. Inspiration : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.35585/inspir.v8i2.2474
Copyright (c) 2024 Risky Diya Amalia Rais, Abdul Saman, Herman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.