Pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini

  • Risky Diya Amalia Rais Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Saman Universitas Negeri Makassar
  • Herman Universitas Negeri Makassar
Keywords: Media interaktif, augmented reality, kemampuan literasi anak usia dini

Abstract

Kegiatan literasi khususnya pengenalan huruf pada anak usia dini merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan tujuan untuk 1) mengetahui gambaran kebutuhan media interaktif augmented reality berbasis smartphone yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini, 2) mengetahui rancangan pengembangan media interaktif augmented reality yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini, 3) mengetahui kevalidan dan kepraktisan media interaktif augmented reality untuk meningkatkan literasi pada anak usia dini, dan 4) mengetahui efektivitas media interaktif augmented reality untuk meningkatkan literasi pada anak usia dini. Desain penelitian ini menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 7 orang guru dan 51 peserta didik. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran kebutuhan awal pengembangan media interaktif augmented reality berbasis smartphone diperoleh hasil bahwa rendahnya kemampuan awal anak dalam mengenali huruf, dan guru membutuhkan media augmented reality sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat menarik minat anak untuk pengenalan huruf, 2) rancangan pengembangan media interaktif augmented reality didesain dengan beberapa tahapan yakni: analisis kebutuhan media, pembuatan media interaktif augmented reality, penyusunan buku panduan penggunaan media, angket respon guru, dan lembar observasi penilaian kemampuan literasi anak usia dini. 3) tingkat kevalidan diperoleh hasil sebesar 3,6 dengan kategori sangat valid, dan tingkat kepraktisan diperoleh hasil sebesar 91,98% dengan kriteria sangat praktis. 4) efektivitas media interaktif augmented reality dianalisis dengan uji t diperoleh hasil p value 0.000 < 0.05, artinya media interaktif augmented reality efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ayu, Lestari. R, Saman, Abdul, Musi. M.A, & Zainuddin, M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Boardgame Berbasis STIFIN Learning Dalam Menciptakan Pembelajaran Efektif, Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 5(2). 18-25. https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i2.4314

Direktorat Jenderal. (2009). Penyelenggaraan Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Herman, Rusmayadi, Herlina. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Taman Kanak-Kanak, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 557-559.

Kemendikbudristek. (2021). Buku Saku Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: Kemendikbudristek

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking pyramid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225-232. https://10.31004/obsesi.v3i1.178

Masmuzidin, M.Z., Aziz, N.A. (2018). The Current Trends of Augmented Reality in Early Childhood Education, journal of multimedia & its applications, 10(6), 47-58. https://doi.org/10.5121/Ijma.2018.10605

Murdy, K., & Wilyanita, N. (2023). Media Interaktif Augmented reality untuk Peningkatan Kemampuan Financial Literacy Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 211–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3795

Pan, Zilong, Lopez, M.F, Li, Chenglu & Liu, Min. (2021). Introducing augmented reality in early childhood literacy learning, Research in Learning Technology, vol 29, 1-21. https://doi.org/10.25304/rlt.v29.2539

Pratiwi, A. P., & Riyanto, J. (2022). Aplikasi Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented reality. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 4(2), 78–85. https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0402.382

Reynolds, A. J., & Candee, A. J. (2019). Dimensionality and Predictive validity of the Classroom Learning Activities Checklist in Prekindergarten. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 31(4), 381–407. https://doi.org/10.1007/s11092-019-09306-7

Rupnidah, R. & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Jurnal PAUD Agapedia 6 (1), 49-58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Kencana.

Sumaryanti, Lilis. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng, AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 3(1). 117-125 https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Suwoto, N. A. R. D. (2021). Aplikasi “Pengenalan Buah Dan Binatang” Berbasis Augmented reality Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 8–14. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.585

Wabdillah, W., & TK , I. (2018). Aplikasi Media Pembelajaran Lontara Bugis Pada Anak Usia Dini Menggunakan Augmented reality Berbasis Android. Inspiration : Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.35585/inspir.v8i2.2474

Published
02-05-2024
How to Cite
Rais, R. D. A., Abdul Saman, & Herman. (2024). Pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1595-1608. https://doi.org/10.58230/27454312.591