Penerapan Model Learning Start With Question pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo

  • Rita Rita MTs Negeri Palopo
Keywords: Model, Keaktifan, Learning start with a question, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menerapkan metode Learning Start With Question tahun ajaran 2019/2020.  Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 32 orang siswa kelas VIII B dan dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap kekurangan yang terjadi dalam pembelajaran, diperbaiki pada perencanaan dan pelaksanaan siklus berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitan menunjukkan bahwa model learning start with a question  dapat dapat meningkatkan keaktifan dan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Selanjutnya, langkah-langkah model learning start with a question dalam penelitian ini dapat juga diterapkan pada mata pelajaran lain yang menuntut keaktifan siswa dalam proses belajarnya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akinsola, M. K. dan Olowojaiye, F. B., (2008) Teacher Instructional Methods and

Student Attitudes Towards Mathematics, International Electronic Journal of

Mathematics Education, Vol 3, No 1, Hal: 60-73.

Fatmawati, F., Hasbi, H., & K., N. (2020). Dampak Implementasi Manajemen

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru

SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383. Retrieved

from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/53

Firman, F. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.

Hadi, S. (2004). Statistik jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset, 74.

Halim, F.Z., Suroto dan Soerjono, B. 2013, Model Pembelajaran Cooperative dengan

Pendekatan Active Learning pada Materi Aljabar, Jurnal Pendidikan Matematika

STKIP PGRI Sidoarjo, Vol 1, No 1, Hal: 83-96.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112.

Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka

Cipta, 120-123.

Solikhah, F., Widiyanto dan Oktarina, N. (2012). Penerapan Strategi LSQ Berbantuan

Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi, Economic

Education Analysis Journal, Vol 1, No 2, Hal: 18.

Sugiyono, D. R. (2002). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Published
02-11-2020
How to Cite
Rita, R. (2020). Penerapan Model Learning Start With Question pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 451-462. https://doi.org/10.58230/27454312.59