Penerapan Model Learning Start With Question pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menerapkan metode Learning Start With Question tahun ajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 32 orang siswa kelas VIII B dan dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap kekurangan yang terjadi dalam pembelajaran, diperbaiki pada perencanaan dan pelaksanaan siklus berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitan menunjukkan bahwa model learning start with a question dapat dapat meningkatkan keaktifan dan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Selanjutnya, langkah-langkah model learning start with a question dalam penelitian ini dapat juga diterapkan pada mata pelajaran lain yang menuntut keaktifan siswa dalam proses belajarnya.
Metrics
References
Akinsola, M. K. dan Olowojaiye, F. B., (2008) Teacher Instructional Methods and
Student Attitudes Towards Mathematics, International Electronic Journal of
Mathematics Education, Vol 3, No 1, Hal: 60-73.
Fatmawati, F., Hasbi, H., & K., N. (2020). Dampak Implementasi Manajemen
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru
SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383. Retrieved
from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/53
Firman, F. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.
Hadi, S. (2004). Statistik jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset, 74.
Halim, F.Z., Suroto dan Soerjono, B. 2013, Model Pembelajaran Cooperative dengan
Pendekatan Active Learning pada Materi Aljabar, Jurnal Pendidikan Matematika
STKIP PGRI Sidoarjo, Vol 1, No 1, Hal: 83-96.
Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112.
Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka
Cipta, 120-123.
Solikhah, F., Widiyanto dan Oktarina, N. (2012). Penerapan Strategi LSQ Berbantuan
Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi, Economic
Education Analysis Journal, Vol 1, No 2, Hal: 18.
Sugiyono, D. R. (2002). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.
Copyright (c) 2020 Rita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.