Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Surakarta

  • Kunti Innayah Sabarniati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Istanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Al-Islam Kemuhammadiyahan

Abstract

Salah satu penerapan Kurikulum Merdeka yaitu mengadakan pembelajaran berbasis proyek, yang dimana pembelajaran tersebut bertujuan untuk menanamkan karakter pancasila kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu koordinator pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Dalam mengumpulkan data peneliti melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari yang peneliti laksanakan yaitu SMA Muhammadiyah 2 Surakarta menerapkan kurikulum merdeka, dan merupakan sekolah penggerak. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan juga evaluasi.  Semua warga sekolah yang terdiri dari peserta didik, wali murid, serta seluruh warga sekolah sangat antusias dalam mengikuti kegiatan P5. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini terdapat tiga tema yaitu “gaya hidup berkelanjutan”, “kearifan lokal”, dan “suara demokrasi”. Terdapat nilai-nilai yang dapat diambil setelah adanya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mulai dari gotong royong, kemandirian, kerjasama, serta meningkatnya partisipasi peserta didik terhadap kegiatan di sekolah. Selain itu juga dapat memberikan nilai-nilai yang positif yang sejalan dengan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga peserta peserta didik dapat menerapkan nilai kesabaran, keadilan, kejujuran, tanggung jawab dalam aktivitas kesehariannya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ab Marisyah, Firman, R. (2019). PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG PENDIDIKAN Ab. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1514–1519.

Adi Darma, A. P. (2022). Bedah Kurikulum Prototipe Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran Pasca Pandemi. CV. Dewa Publishing Redaksi.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Albaburrahim, A. (2021). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia di Pasca Pandemi pada Madrasah Aliyah An-Najah I Karduluk, Sumenep. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 130–141. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.5425

Faturrahman, F., Setiawan, F., Astuti, W. D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469

Jannah Roichatul, A. N. K. (2018). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR BUDAYA PENCAK SILAT SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH | Jannah | KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan Di Era Digital,” 1(1), 141–146. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/898

Kemendikbud. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta Selatan: PT Pantja Cemerlang, 2010).

Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.

Oktaviani, I., & Desyandri, D. (2023). E-Modul IPAS Berbasis Aplikasi Flip Pdf Corporate Untuk Mendukung Implementasi “Kurikulum Merdeka” di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(1), 13. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i1.14400

PUTRI, Z. A. F. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas X Di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. UNIVERSITAS LAMPUNG.

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA.

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Edupedia, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332

Rudiawan, R., Cahyono, H., & Puji A, A. (2022). Praktik Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri Tulakan Pacitan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 23–35. https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp23-35

Safitri, M. L. O., Fathurohman, A., & Hermawan, R. (2023). Teacher’s Perception of the Profile of Pancasila Students in Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 75–88. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.122118

Setiawan, I. (2021). Pengajaran Bahasa Inggris Dalam Kurikulum 2013: Suatu Tinjauan Dan Perspektif. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 1(02), 61–120. https://jipkis.stai-dq.org/index.php/home/article/view/12

Tricahyono, D. (2022). Upaya Menguatkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Kebhinekatunggalikaan. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(1), 13. https://doi.org/10.17977/um0330v5i1p13-23

Published
14-04-2024
How to Cite
Innayah Sabarniati, K., & Istanto. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1375-1392. https://doi.org/10.58230/27454312.584