Implementasi Metode Listening Team Berbasis Point Counter pada Materi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bila Hulu

  • Fitri Yaningsih Universitas Labuhanbatu
  • Siti Zahara Saragih Universitas Labuhanbatu
  • Panggih Nur Adi Universitas Labuhanbatu
  • Muhammad David Politeknik Pelayaran Malahayati
Keywords: Implementasi, Metode Listening Team Berbasis Point Counter, Nilai-Nilai Pancasila

Abstract

Pancasila berperan sebagai ideologi negara dan implementasi nilai-nilainya sangat penting, baik bagi peserta didik maupun masyarakat Indonesia secara umum. Penelitian ini menggunakan metode listening team berbasis point counter untuk materi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dengan harapan siswa dapat lebih memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam aktivitas mereka sehari-hari. Metode ini juga bertujuan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas X SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara yang diberikan kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode listening team berbasis point counter dalam pembelajaran nilai-nilai Pancasila memberikan hasil yang sangat memuaskan. Namun, terdapat beberapa siswa yang belum sepenuhnya memahami penggunaan metode tersebut. Oleh karena itu, diharapkan metode ini dapat ditingkatkan agar semua siswa dapat lebih mendalami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akhir, M. pembelajaran merupakan rangkaian atau gabungan dari metode atau strategi di mana model pembelajaran menggambarkan kegiatan pembelajaran dari awal sampai. (2021). Penerapan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari san sebagai pendidikan karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231.

Antari Luh Putu Swandewi, L. L. De. (2020). Implementasi nilai nilai pancasila dalam penguat karakter bangsa. 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444

Ardhani, M. Della, Utaminingsih, I., Ardana, I., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Gema Keadilan, 9(2). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16167

Astuti, K. M., Suarjana, I. M., Ayu, G., & Sukma, P. (2023). PERISA Audio Visual Media on Learning Social Diversity for Class V Elementary School Students. Journal of Education Technology, 7(3), 449–461. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JE

Azlina, N., Maharani, A., Mohammad, &, Baedowi, S., Syahrul Baedowi, M., Nusantara, U., Kediri, P., & Info, A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02), 39–52. https://journal.kurasinstitute. com/index. php/ijit/article/view/131

Irnandianis Ika Pratiwi, Bedriati Ibrahim, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Listening Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Dayun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1087–1096.

Jera, I., Ppkn, P., Sehari-hari, P. K., Assabilah, A. D., & Murni, A. W. (2023). Nusantara Educational Review Pengembangan Media Pembelajaran. 1(1), 15–22.

Latipah, Hani Wardah, A. (2018). Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik ( Studi kuasi eksperimen pada kompetensi dasar mengidentifikasikan fasilitas dan lingkungan kantor kelas x program keahlian administrasi perkantoran di SMKN 3 Bandung. JURNAL PENDIDIKANMANAJEMEN PERKANTORAN, 3(1), 127–140. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9465

Muamar, M. R. (2015). pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatif tipe listening team terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas x sma negeri 1 kutablang. Jesbio, IV(1), 1–4.

Mutia, F., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(04), 80–88. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/251%0Ahttp://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/download/251/252

Noor, H., Roshayanti, F., & Wakhyudin, H. (2023). Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Simbol dan Nilai-Nilai Pancasila di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Journal on Education, 06(01), 4120–4127. http://jonedu.org/index.php/joe

Octavian, W. A. (2019). Upaya peningkatan pemahaman nilai pancasila terhadap siswa melalui kegiatan penyuluhan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik PKn, 6(2), 199–207.

Permata, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Membangun perilaku berkeadaban bagi siswa dalam bermedia sosial sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(5), 1–8. https://journal.actual-insight.com/index.php/decive

Pratimi, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174.

Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 242–248.

Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai nilai pancasila sebagai karakter dasar para generasi muda dalam menghadapi era revolusi industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167.

Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai pancasila dalam kehidupan di era globalisasi. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(2), 165–177. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa

Sulistiyono eko, Zuhri Saifuddin, N. A. muhammad. (2023). implementasi kurikulum ekstrakurikuler dalam meningkatkan kemampuan mengajar peserta didik di madraah aliyah islamic centre bin baz yogyakarta. Jsc Journal of Comprehensive Science, 2(4), 851–864.

Ula Siti Syaripatul novia, J. milah. (2023). Meningkattkan keaktifan belajar siwa kelas V dengan menggunkan model TGT. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 194–204.

Published
08-05-2024
How to Cite
Yaningsih, F., Saragih, S. Z., Nur Adi, P., & David, M. (2024). Implementasi Metode Listening Team Berbasis Point Counter pada Materi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Bila Hulu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1955-1966. https://doi.org/10.58230/27454312.580