Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh melalui Kegiatan Pendampingan di UPT SMK Negeri 8 Luwu

  • Damis Asang SMK Negeri 8 Luwu, Indonesia
Keywords: Pendampingan, Voice Note, Whatsapp, Media, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh  melalui pendampingan di UPT-SMK Negeri 8 Luwu Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 12 orang guru di UPT SMK Negeri 8 Luwu Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi awal, hasil siklus I, hasil siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal menunjukkan bahwa hasil penilaian terhadap kemampuan guru menunjukkan hasil yang kurang baik dengan skor rata-rata 44,00 dan hanya masuk dalam kualifikasi kurang. Siklus pertama menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 66,83 dan hanya masuk dalam kualifikasi C atau cukup.  Siklus kedua menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 86,33 dan hanya masuk dalam kualifikasi B atau baik.  Dapat disimpulkan bahwa pendampingan yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 12 guru di UPT SMK Negeri 8 Luwu Kecamatan Larompong Selatan Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan dinyatakan berhasil meningkatkan kemampuan guru menggunakan fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: CV. YramaWidya.

Arief Sadiman. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta

Bates, A. W. (2015). Technology, Open Learning and Distance Education. London: Routledge.

Ena, Ouda Teda. Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Penelitian. Yogyakarta. Available from: http://www.ialf.edu/kipbipa/papers/OudaTeda Ena.doc

Kusuma Pertiwi, W. (2020, Februari 20). Penetrasi internet di Indonesia capai 64 persen. Retrieved from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2020/02/20/14090017/penetrasi-internet-di-indonesia-capai-64-persen

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112.

Nurhasanah dan Didik Tuminto. (2007). Kamus Besar Bergambar Bahasa. Indonesia untuk SD dan SMP. Jakarta PT. Bina Sarana Pustaka

Poerwadarminta, W.J.S. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmawati. (2016). Seminar Hasil TIMMS 2015. Diakses pada 24 Februari 2019 dari http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Rahmawati-Seminar-Hasil-TIMSS-2015.pdf

Rowntree,Derek, (2014). Preparing Material For Open and Flexible Learning.London: Kogan Page.

Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tuminto, Didik. (2007). Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres

Uno, Hamzah. B. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

W. Mantja, (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, PT Remaja Rosdakarya Offset.

Published
02-11-2020
How to Cite
Asang, D. (2020). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Fasilitas Voice Note Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh melalui Kegiatan Pendampingan di UPT SMK Negeri 8 Luwu . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 439-450. https://doi.org/10.58230/27454312.58